Doa Untuk Anak Baru Lahir beserta Tata Cara Berdoanya

Fitri Tamara 0
doa untuk anak baru lahir

Doa Untuk Anak Baru Lahir. Memiliki bayi merupakan anugerah terindah bagi pasangan yang menikah. Buah hati dari cinta kasih menyatu setelah menanti dengan penuh pengharapan. Setelah menunggu sembilan bulan sepuluh hari, maka akhirnya hadirlah di tengah kebahagiaan bapak-ibu baru, buah hati tercinta tersayang penuh kasih.

Kelahiran seorang bayi tidak saja menjadi sebuah kebahagiaan bagi ayah ibunya saja, namun juga menjadi anugrah bagi keluarga besar, termasuk kakek serta neneknya. Oleh karena itu tidak jarang banyak pegharapan besar tersemat dari kelahiran anak baru di keluarga.

Anak yang baru lahir patutlah disyukuri karena itu merupakan nikmat yang diberikan oleh sang Pencipta dan juga merupakan titipan Nya untuk dipelihara serta dijaga oleh orang tua dengan sebaik baiknya. Kita sebagai orang tua harus bisa menjaga amanah tersebut dengan baik semenjak dari awal, membesarkannya sampai nanti dia sudah beranjak remaja serta dewasa, kita harus mampu mengantarkannya dengan baik.

Dengan merawatnya dengan benar maka kita bisa menjalankan serta mampu menyelesaikan tugas serta amanah yang diberikan oleh Nya dengan baik, anak tumbuh berkembang dengan baik, mempunyai bekal yang cukup di dunia dan di akherat serta menjadi anak yang soleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Semua pengharapan dan cita-cita tersebut tentunya juga harus dimulai dengan awal yang baik termasuk juga kita harus menerapkan doa yang baik buat anak kita. Itu Termasuk juga Doa Untuk Anak Baru Lahir, dimana kita mendoakan yang terbaik agar anak kita bisa menjadi anak yang soleh, serta meminta perlindungan kepada Yang Diatas untuk keselamatan dan perlindungan terhadap anak kita yang baru lahir.

Ada tatacara dalam Islam mengenai kelahiran anak, dari tata cara adzan untuk bayi, iqamah, termasuk doa-doa yang dibacakan untuk anak kita.

doa untuk anak baru lahir
foto: tirto.id

Apa saja doa untuk anak yang baru lahir beserta tatacaranya?

 

Berikut ini beberapa doa serta petunjuk tata cara maupun adab yang bisa dilakukan dalam rangka doa untuk anak yang baru lahir:

1. Membacakan doa adzan tepat pada telinga bayi bagian kanan

2. Membacakan iqamah (qomat) pad telinga bayi bagian kiri

3. Setelah itu embacakan doa pada telinga bayi sebelah kanan :

Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan

Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.

4. Membacakan surah Al-Ikhlas pada telinga bayi bagian kanan

5. Membacakan surat Al-Qadr pada telinga bayi bagian kanan

6. Membaca ayat Q.S. Ali Imran (3: 36) di telinga bayi bagian kanan

Wa innî u’îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm

“Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

7. Membacakan doa pada telinga bayi sebelah kanan:

A’ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

Demikianlah penjelasan mengenai doa untuk anak yang baru lahir. Semoga dengan awal yang baik, maka anak kita bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pula, menjadi anak soleh, taat beragama, menjalankan perintah Nya serta menjauhi larangan-Nya, serta menjadi anak yang berbakti dan selalu mendoakan orang tuanya.

sumbet: merdeka.com

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com