Cara Mengetahui Handphone Disadap

Fitri Tamara 0

Saat ini, ada banyak hacker yang berkeliaran di mana – mana. Mereka suka membajak akun media sosial kita. Bahkan, mereka juga suka menyadap handphone kita untuk mengetahui segala informasi tentang kita.

Bahkan, mantan pasangan kita juga tak ketinggalan untuk mencoba menyadap Handphone kita. Karena itulah, sebaiknya kita harus berhati – hati dalam menggunakan handphone. Kita harus menghindari aplikasi-aplikasi ilegal.

Penginstalan aplikasi ilegal bisa menjadi jalan bagi para hacker untuk menyadap handphone kita. Apabila handphone kita disadap, maka para hacker bisa memantau segala aktivitas terkait penggunaan handphone tersebut, mulai dari aktivitas menelepon, chatting, dan lain sebagainya.

Bahkan para penyadap bisa mengirim SMS melalui handphone kita. Parahnya, mereka bisa mengetahu segala password akun-akun penting kita. Tentunya, hal tersebut sangat merugikan untuk kita.

Apabila hacker bisa bertindak jauh, maka kita juga tidak boleh kalah dnegan mereka. Setidaknya, kita harus tahu tanda – tanda bahwa handphone kita sedang disadap. Dengan begitu, kita bisa segera mengatasinya. Berikut ini adalah cara mengetahui handphone disadap, antara lain :

poweradspy.com
  1. Baterai Mengalami Masalah

Apabila baterai handphone kita cepat panas dan habis, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa handphone kita sedang disadap. Kemungkinan kita sedang menginstal aplikasi yang menjadi bagian dari penyadapan.

Dalam kasus ini, kita bisa menuju ke menu kelola aplikasi untuk melihat aplikasi mana yang jarang digunakan namun paling banyak menyedot baterai. Apabila kita menemuinya maka kita harus segera meng – uninstallnya.

  1. Menerima SMS dengan Huruf – Huruf Aneh

Munculnya SMS dengan huruf – huruf yang aneh juga bisa menjadi pertanda bahwa handphone kita sedang disadap. Biasanya hp yang disadap sering muncul SMS dengan huruf – huruf yang aneh berupa campuran karakter, digit, simbol dan lain sebagainya.

Kebanyakan kita tidak sadar akan hal tersebut. Karena kita sering mengabaikan SMS padahal hal tersebut adalah tanda – tanda dari penyadapan.

  1. Kuota Internet Menjadi Cepat Habis

Selanjutnya, kita bisa mengetahui bahwa handphone kita sedang disadap dari kasus kuota yang cepat habis. Padahal, kita tidak merasa memakai kuota internet tersebut. Kasus ini juga bisa terjadi karena kita menginstal apliaksi ilegal.

Para hacker bisa mengunduh semua data dari handphone kita, kemudian mereka mengirimkan ke server mereka. Tentu saja hal tersebut membutuhkan kuota internet, imbasnya kuota internet kita menjadi habis padahal kita tidak menggunakanya secara berlebihan.

  1. Ada Banyak Iklan yang Mengganggu

Tak jarang, kita sering mengunduh aplikasi bukan dari situs resmi melainkan dari situs pihak ketiga. Sebenarnya, keamanan dari situs pihak ketiga ini masih sangat diragukan. Karena kemungkinan besar, aplikasi dari situs pihak ketiga berisi malware yang berbahaya.

Malware bisa berwujud dengan banyaknya iklan yang mengganggu. Terkadang iklan tersebut sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan ketika kita ingin menghilangkan iklan tesebut, tiba – tiba beberapa iklan yang lain bermunculan. Hal tersebut perlu kita waspadai karena mungkin saja handphone kita sedang disadap.

Itulah beberapa hal tentang cara mengetahui handphone yang disadap. Maka dari itu, kita harus lebih berhati – hati lagi. Jangan sampai data dan informasi pribadi kita diketahui oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak orang yang mengalami kerugian besar karena data dan informasinya dsadap orang lain. Semoga kita semua bisa terhindar dari penyadapan. Semoga bermanfaat dan terima Kasih.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com