Cara Cek Saldo E-Toll yang Paling Mudah dan Praktis

Fitri Tamara 0

Sulit mengecek saldo adalah salah satu kekurangan dari e-toll, walau terdapat cara mudah untuk cek saldo e-toll atau uang elektronik atau bisa disebut juga dengan e-money. Caranya adalah dengan menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC atau Near Field Communication.

Tapi sayangnya, tak semua orang memiliki smartphone dengan fitur tersebut, maka Anda harus mengetahui cara cek saldo e money tanpa NFC.

bukalapak.com

Bagaimana Cara Cek Saldo E-Toll yang Perlu Diketahui ?

 

Cara Cek Saldo E-Toll

Cek saldo e-toll atau e-money amat dipengaruhi oleh lembaga atau bank penerbit uang elektronik tersebut. Karena pada saat ini untuk hanya sekedar cek dan top up saldo Flazz yang terbit di BCA hanya dapat dilakukan di ATM atau minimarket.

Lain halnya untuk jenis uang elektronik yang telah dikeluarkan oleh pihak bank BUMN seperti e-money dan e-toll card dari Brizzi, mandiri, BRI dan lainnya.  Jika dari bank tersebut maka dapat melakukan secara online dengan fitur NFC atau dengan gerai yang lain.

Cara cek saldo di e-toll adalah cara  mudah yang dapat Anda lakukan, jika Anda benar – benar memahami berbagai macam langkah yang harus dilewati. Sebagian orang mungkin beranggapan jika mengecek saldo e-toll adalah kegiatan yang menyulitkan karena merupakan salah satu kekurangan e-toll, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai habis.

  1. Cara cek saldo e-Toll di ATM

Layanan cek saldo e-toll diberikan oleh beberapa ATM yang memiliki logo khusus, selain cek saldo Anda juga bisa melakukan top-up saldo hingga dengan update saldo. Biasanya Anda bisa update saldo setelah melakukan top-up saldo dengan fitur NFC.  Anda pun dapat langsung cek saldo tanpa harus membawa kartu ATM bank mandiri, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol yang memiliki warna hijau pada mesin ATM, lalu pilih opsi mandiri e-money.
  • Tempelkan kartu e-toll pada bagian logo khusus e-money, pastikan logo tersebut berwarna kuning. Anda dapat melanjutkan yaitu dengan memilih menu informasi saldo.
  • Kemudian ATM akan langsung menampilkan informasi saldo e-toll di layar.
  1. Mmenggunakan internet banking dan Mandiri Online

Jika anda kesulitan untuk mencari ATM yang memiliki logo e-money maka Anda dapat memanfaatkan internet banking mandiri untuk cek saldo e-toll. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu simak di bawah ini!

  • Membuka halaman ib.mandiri.co.id di smartphone atau di PC lalu masuk ke akun yang Anda miliki, masukkan juga kata sandi dan pilih menu uang elektronik.
  • Setelah itu, Anda memilih mandiri e-money dan pilih informasi saldo, masukkan 16 digit nomor yang tertera pada e-toll dan Anda dapat melihatnya di bagian depan kartu.
  • Klik kirim maka otomatis seluruh info saldo e-toll akan segera ditampilkan di ponsel.
  1. Cek saldo e-Toll di minimarket

Anda dapat mengunjungi minimarket terdekat jika ingin mengecek saldo e-toll, seperti Alfamart, atau Indomaret. Anda bisa mengunjungi petugas kasir untuk meminta bantuan cek saldo dan pihak minimarket akan mengecek saldo e-toll Anda.

Anda akan dikenakan biaya admin jika Anda melakukan top-up saldo, di minimarket Anda juga bisa melakukan top-up dengan biaya admin minimal. Selain cek saldo di e-toll minimarket, dalam hal ini Anda juga bisa mengeceknya di bank terdekat yang berada di wilayah Anda.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk cek saldo E-Toll. Semoga dapat membantu .

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com