Vivo Y12 vs Oppo A5s, Pilih Yang Mana?

Vivo Y12 vs Oppo A5s, Pilih Yang Mana?

Vivo dan Oppo adalah dua dari beberapa brand Handphone yang saat ini sedang bersaing ketat untuk merajai pasar telepon genggam di Indonesia. Pada akhir tahun 2019 Oppo berhasil menjadi market leader bisnis Handphone di Indonesia setelah menumbangkan dominasi Samsung sedangkan Vivo berhasil menggantikan Oppo sebagai market leader vendor ponsel di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020 (Kompas.com: 2020).

Pada tahun 2019 lalu kedua vendor terkemuka asal Tiongkok ini merilis seris Handphone yang memiliki pangsa pasar yang sama yaitu pangsa pasar Handphone untuk kelas menengah. Series tersebut adalah Vivo Y12 dan Oppo A5s. Dua Handphone jenis ini kurang berada dikisaran harga yang sama yaitu 1.8 juta hingga 2 jutaan.

Artikel ini akan merangkumkan untuk anda perbandingan kelebihan dan kekurangan kedua series Handphone dari merek tersebut yang disarikan dari berbagai sumber.

Perbedaan Spesifikasi

Oppo A5s hadir dengan spesifikasi layar berukuran 6.2 inci yang dilengkapi dengan resolusi sebesar 1520 x 720 pikselsementara Vivo hadir dengan layar berukuran 6.35 inci dengan resolusi yang juga sedikit lebih besar yaitu berukuran 1544 x 720 piksel. Hal ini membuat resolusi gambar pada Oppo A5s terasa lebih padat daripada Vivo Y12 karena ukurannya yang lebih kecil. Oppo A5s juga membawa SoC MediaTek Helio P35 yang lebih cepat daripada SoC MediaTek Helio P22 milik Vivo.

Apabila dilihat dari spesifikasinya, nampak cukup jelas  Vivo Y12 lebih unggul daripada Oppo A59.  Dengan ukuran layar yang lebih besar, kapasitas kamera dan baterai yang lebih baik juga tidak diragukan lagi Vivo Y12 lebih baik. Namun kecepatan Vivo Y12 masih dibawah kecepatan Oppo A15 yang mengusung MediaTek  Helio P35. Selain itu skor antutu benchmark Oppo A5s juga lebih tinggi daripada Vivo Y12. Oppo A5s memiliki skor 86.352 sedangkan Vivo Y12 memiliki skor 75.450.

Namun Vivo Y12 unggul dari beberapa aspek yaitu kamera, operation system (OS) dan baterai dibanding Oppo A5s. Vivo Y12 memiliki tiga kamera yaitu kamera utama dengan kemampuan 13 mega Piksel, kamera Ultra wide 8 Mega Piksel dan kamera depan 8 Mega Piksel sedangkan Oppo A5s ‘hanya’ mampu menghadirkan 2 kamera belakang. Dari segi operation system (OS), Vivo juga sudah menggunakan operation system (OS) Android versi terbaru (Android 9) sedangkan Oppo masih menghadirkan operation system (OS) Android 8.1. Dengan memiliki baterai berkapasitas 5000mAh, Vivo Y12 juga memiliki baterai yang lebih tahan lama daripada Oppo A5s yang memiliki baterai berukuran 4.230 mAh. Selain itu, Vivo Y12 juga dilengkapi dengan casing yang mempunyai gradasi warna sedangkan Oppo tidak sehingga dari tampilan luar, Vivo 12 terlihat lebih menarik.

Kedua merk diatas memiliki fitur keamanan yang kurang lebih sama yaitu Fingerprint atau sidik jari. Selain itu persamaan lain dari kedua merk ini adalah kapasitas memori internal dan RAM yang sama sama 3 GB dan 32 GB. Secara ringkas berikut perbedaan spesifikasi dari kedua merk tersebut:

Aspek  vivo Y12 OPPO A5s
Layar IPS 6,35 inci HD+ (1544 x 720 piksel) IPS 6,2 inci HD+ (1520 x 720 piksel), Gorilla Glass 3
SoC MediaTek Helio P22 MediaTek Helio P35
RAM 3 GB 2 GB/3 GB
Memori Internal 32 GB/64 GB 32 GB
Kamera Utama 13 MP + ultra-wide 8 MP + depth 2 MP 13 MP + depth 2 MP
Kamera Depan 8 MP 8 MP
Fitur Fingerprint, Bluetooth 5.0, Micro USB, Akselerometer Fingerprint, Bluetooth 4.2, Micro USB, Akselerometer
Baterai 5.000mAh 4.230mAh
OS Funtouch OS 9 (Android 9) ColorOS 5.2 (Android 8.1)

Tabel 1: Perbedaan spesifikasi Handphone Oppo dan Vivo (Gadgetren.com: 2020)

Dengan perbedaan spesifikasi sebagaimana yang tertera diatas, penulis menyimpulkan bahwasanya Vivo Y12 akan lebih cocok jika anda mencari Handphone yang bagus untuk selfie atau fotografi. Sebab merk ini menyediakan 3 kamera yang berkapasitas tinggi semua. Disisi lain Oppo A5s cocok untuk anda yang mencari HP gaming sebab  dengan memori 5 GB dan processor MediaTek Helio P35, anda tidak akan tersendat sendat selama memainkan game kesayangan anda.

Perbedaan Harga

Pada laman iprice.co.id, harga Vivo Y12 berkisar antara 1.69 juta rupiah hingga 2.39 juta. Sedangkan untuk harga HP bekas Handphone jenis ini berkisar antara 350 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah pertanggal  26 September 2020[1]. Untuk ponsel merk Oppo series A5s, laman tersebut mempublikasikan kisaran harga mulai dari 1.6 juta rupiah hingga 2.3 juta rupiah. Sedangkan untuk harga bekas mulai dari 1.2 juta hingga 1.4 juta rupiah per 26 September 2020. Terlihat bahwasanya harga kedua series Ponsel ini tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja variasi harga Oppo A5s cenderung lebih luas dan diatas 2 juta rupiah dibanding Vivo Y12. Disisi lain mayoritas penjual Vivo Y12 menetapkan harga yang kurang lebih sama yaitu antara 1.8 hingga 1.9 juta rupiah.

Selain faktor spesifikasi, faktor marketplace nampaknya juga mempengaruhi perbedaan harga ini. Umumnya harga yang ditawarkan oleh penjual melalui marketplace Shopee, Bukalapak dan Tokopedia relatif lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Blibli.com, LazMal atau Lazada.

Bagaimana? Apakah anda sudah menentukan ingin membeli merk HP yang mana? Selain hal hal diatas, anda juga perlu memperhatikan masa garansi Handphone baru anda dan Service Center merk merk tersebut. Salah satu kekurangan Vivo dibanding Oppo adalah saat ini Service Center masih berjumlah 88 gerai di seluruh Indonesia sedangkan Oppo sudah memiliki 117 gerai. Sehingga ketika Handphone anda mengalami masalah, anda cenderung akan lebih mudah menemukan Service Center Oppo dibandingkan Vivo. Anda juga harus memastikan bahwa anda membeli Handphone baru dari gerai yang terpercaya jadi anda tidak perlu mengalami kerugian yang seharusnya tidak terjadi.

Baik HP Oppo series A5s maupun Vivo Y12 memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Pastikan anda membeli Handphone yang sesuai dengan spesifikasi dan Budget yang anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[1] Harga bisa berubah sewaktu waktu

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com