Perbandingan HP Samsung dan Xiaomi, Bagus Mana untuk Dipilih

Fitri Tamara 0
perbandingan hp samsung dan xiaomi

Perbandingan HP Samsung dan Xiaomi dilihat dari beberapa aspek secara umum seperti spesifikasi dan harga, hp mana yang lebih baik serta worth it untuk dibeli. Seperti diketahui, Samsung dan Xiaomi adalah dua merek besar, menempati handphone paling diminati di Indonesia dan di seluruh dunia.

Jadi disini akan dibahas secara rinci perbandingan antara dua HP tersebut, agar kalian bisa memilih dengan pas dan sesuai kebutuhan, HP mana yang cocok buat kamu untuk dipakai sehari-hari sesuai dengan aktifitasmu.

perbandingan hp samsung dan xiaomi
phonemore.com

Perbandingan Harga HP Samsung dan HP Xiaomi

Untuk perbandingan masalah harga, jelas HP Xiaomi lebih unggul dari HP Samsung. Xiaomi dijual dengan banderol harga jauh lebih rendah daripada Samsung. Perbedaannya bisa jadi sampai dua kali lipat.

Harga ini memang merupakan daya tarik utama dalam melakukan pembelian. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan suasana kantong kamu. Dengan harga yang sama misalnya, kamu bisa mendapatkan Xiaomi dengan spesifikasi jauh lebih tinggi daripada Samsung. Jadi disini jelaslah keunggulan Xiaomi dari Samsung dilihat dari sisi harga. Xiaomi menerapkan strategi pemasaran yang berbeda dengan Samsung, sehingga biaya-biaya, seperti promosi dapat mereka tekan, sehingga bisa menghasilkan produk dengan harga lebih murah.

Perbandingan performa antara Handphone Samsung dan Xiaomi

Meskipun lebih murah, namun untuk masalah spesifikasi, HP Xiaomi yang berkisar di harga 2 jutaan, tidak kalah dengan spesifikasi HP Samsung. Rata-rata sudah dipasang prosesor snapdragon terbaru yang sudah mendukung AI (artificial intellegence) yaitu kecerdasan buatan untuk mesin dalam hal ini prosesor. Dapur pacu ini merupakan faktor utama bagi performa, agar pengoperasian keseluruhan sesuai yang diharapkan, dan tidak terjadi ngelag, hang, ataupun masalah utama lainnya.

Sedangkan untuk kisaran harga yang sama, Samsung masih menggunakan quad core snapdragon, sedangkan untuk snapdragon terbaru seperti Snapdragon 660, hanya dimiliki oleh jenis yang lebih tinggi harganya. Masalah harga ini memang sensitif dan bisa jadi merupakan faktor utama bagi kita untuk menentukan keputusan akhir dalam suatu rencana pembelian HP.

Sebenarnya Xiaomi mempunyai koleksi Handphone premium juga misalnya seri Pocophone. Disini kamu bisa menikmati Snapdragon tercanggih dan termurah di dunia, sekelas HP premium Samsung. Jadi mengenai masalah performa, tidak ada perbedaan karena masing masing mempunyai performa mantap sesuai dengan spesifikasinya masing-masing.

Perbandingan Layar HP antara Handphone Samsung dan Xiaomi

Dari segi layar HP bila dibandingkan secara umum diantara keduanya, HP Samsung lebih unggul karena rata-rata menggunakan layar panel super Amoled. Sedangkan untuk HP Xiaomi , rata-rata masih menggunakan Layar panel IPS LCD.

Kelebihan layar super Amoled dibandingkan dengan IPS LCD

1. Amoled mempunyai rasio kontras lebih tinggi dibandingkan dengan IPS LCD.

2. FPS dan response time Amoled lebih tinggi.

3 . Konsumsi daya Amoled 10 kali lebih hemat daripada IPS LCD.

4. Kualitas pixel warna hitam Amoled lebih baik atau lebih pekat daripada IPS LCD

5. Kualitas warna putih atau cerah dinlayar Amoled terlihat lebihbjelas dibandingkan dengan IPS LCD yang kadang menjadi kebiruan.

6.Warna dan tingkat kecerahan dari layar Amoled secara umum lebih nyaman di mata.

Perbandingan Kamera antara Handphone Samsung dan Xiaomi

Mengenai masalah kamera, disini HP Samsung lebih banyak dikedepankan dengan banyaknya inovasi serta perbaikan perbaikan guna menampilkan kualitas yang lebih bagus. Resolusi kamera yang lebih tinggi didukung aperture lensa dengan bukaan yang lebih lebar, membuat lebih banyak cahaya masuk, sebagai sarana yang menghasilkan foto lebih cerah. Begitu juga bila menggunakannya dalam kondisi minim cahaya, fitur ini sangat membantu menghasilkan foto dengan kualitas lebih bagus.

Bahkan Samsung juga menggunakan teknologi seperti digunakan kamera DLSR , sehingga hasil jepretan menyerupai kamera pro. Resolusi kamera yang besar tentunya merupakan faktor utama untik dapat menghasilkab gambar lebih jernih serta lebih tajam. Berikutnya adalah inovasi teknologi dari masing-masing developer, dengan faktor keunggulannya masing-masing.

Inovasi selanjutnya dari kamera Samsung adalah penggunaan 4 kamera belakang, sehingga menghasilkan foto dengan jenis yang lebih beragam, sesuai dengan masing-masing fungsi 4 kamera tersebut, yaitu kamera ultra wide dengan angle sampai 120 derajat, kamera tele photo dengan kekuatan 2x Optical Zoom, kamera utama 24 MP , serta kamera depth sensor 5 MP guna kepentingan live focus.

Persaingan antara Handphone Samsung dan Xiaomi

Persaingan antara HP Samsung dengan HP Xiaomi pada tahun 2021 ini diprediksi akan semakin menajam, masing-masing fokus dengan keunggulannya. Seperti diketahui, perusahaan Xiaomi menggunakan strategi segmentasi masing masing pasar dengan sub brand spesifik di kelasnya, merek Redmi untuk segmen entry sampai menengah, merek Mi untuk kelas menengah ke atas, dan juga merek Blackshark khusus untuk HP Gaming.

Samsung sendiri tidak ketinggalan dengan memperbanyak jumlah varian HP, diantaranya menjangkau segmen entry dengan menggelontorkan seri M dan seri A, dengan menawarkan keunggulan kamera Amoled nya.

Untuk persaingan kelas atas, Xiaomi pun tidak ketinggalan dengan memperbaiki fitur kameranya. Sedangkan Samsung masih tidak tergoyahkan untuk masalah performanya dengan menyandang prosesor hp tercepat versi Antutu.

Kesimpulan: Bagus mana antara Handphone Samsung dan Xiaomi

Jadi dari review diatas, perbandingan secara umum HP Samsung dan HP Xiaomi, bisa diketahui, bagusan memilih mana diantara keduanya.

Bila kamu mempunyai budget terbatas, namun ingin HP berperforma canggih, maka pilihlah Handphone Xiaomi. Namun bila budget anda berlebih, jangan ragu untuk memilih Samsung. Bila kamu lagi mencari HP Gaming, maka Xiaomi merupakan pilihan lebih tepat.

Bila kamu lebih mengutamakan kenyamanan tampilan layar HP, maka Samsung bisa menjadi pilihan kamu. Sedangkan bila kamu mencari HP dengan performa kamera paling canggih, maka Samsung tentunya menjadi pilihan yang lebih akurat.

Semuanya mempunyai kelebihan dan keunggulan masing-masing. Pilih HP sesuai dengan keperluan kamu, agar kamu bisa dengan nyaman dan pas menggunakannya. Ketepatan memilih dengan referensi sumber diatas, tentunya akan berpengaruh pada penggunaannya.

Baca Juga:
Perbandingan HP Oppo dan Vivo

Note:
Selain performa, tampilan HP tentunya juga menjadi faktor penentu. Untuk hal ini tentunya kembali ke masing-masing pengguna, dimana mempunyai selera tersendiri. Secara umum tampilan handphone Xiaomi lebih elegan, sedangkan untuk Samsung lebih memiliki tampilan eksekutif.

Faktor lain adalah daya tahan baterai, dimana sekarang semua pabrikan juga sudah saling berlomba mengeluarkan HP dengan kapasitas baterai yang lebih besar di variasi produk HP keluaran terbarunya.

Masalah image juga sering menjadi pertimbangan, dimana biasanya HP buatan China seperti Xiaomi biasanya dipandang lebih pasaran, dibanding HP Samsung buatan Korea yang image eksklusifnya lebih mengena di masyarakat. Namun kembali lagiasalah image juga tergantung dari persepsi masing masing, apalagi sekarang HP Xiaomi pun juga berusaha menampilkan image eksklusif dalam koleksinya.

Jangan lupa untuk memonitor penjualan sale dari masing masing vendor tersebut. Biasanya mereka mengadakan program diskon atau Flash Sale, tentinya merupakan keuntungan tersendiri bagi kita, bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga miring.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com