Daftar Lengkap Film Sniper Terbaik dan Menegangkan Beserta Linknya

Fitri Tamara 0

Daftar Lengkap Film Sniper Terbaik dan Menegangkan Beserta Linknya

Film Sniper adalah salah satu sub genre dari film action. Jika film action pada umumnya menceritakan sebuah perang atau misi peperangan secara kesluruhan, maka film sniper mengambil topik yang lebih spesifik yaitu film yang bercerita tentang seorang sniper atau penembak jitu yang menjadi bagian dalam peperangan.

Oleh karena itu tidak mengherankan apabila banyak film sniper yang mengambil latar perang baik perang dunia pertama atau kedua maupun perang di Timur Tengah. Namun terlepas dari latar belakang waktu dan lokasi, film tentang seorang penembak jitu (sniper) tetap digandrungi. Beriut penulis berikan daftar film sniper terbaik menurut penulis.

1.    American Sniper (2014)

Lain daripada film tenttang sniper yang lainnya, film ini berfokus pada seorang Chris Kyle (Bradley Cooper) daan konflik batin yang harus dihadapinya. Chris yang merupakan seorang penembak jitu ternama Amerika Serikat terpaksa meninggalkan istri dan anaknya berkali kali untuk pergi ke Iraq dan menyelesaikan misi untuk membunuh pimpinan organisasi teroris Al Qaeda. Setelah misi selesai, Chris memang mendapatkan prestasi tinggi sebagai seorang sniper kenamaan tetapi juga harus melawan depresi yang disebabkan oleh rasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan rekan rekannya.

Film ini sukses secara komersil dan kritik. Dengan hanya berbudget 59 juta USD, film ini mampu menghasilkan pendapatan kotor sebesar 547.7 juta USD. Semenara itu dari sisi kritik, film ini mendapatkan skor sebesar 7.3/10 dari imdb, 72% dari Rotten Tomatoes dan Metacritics. Selain itu pada pagelaran Academy Awards ke 87 di Dolby Theater Amerika Serikat film ini berhasil mendapatkan 1 piala Oscar dibidang Best Sound Editing dan menjadi nominasi di 5 kategori lainnya. Apabila anda tertarik untuk menonton film ini, anda bisa menyaksikannya di layanan streaming berbayar seperti Netflix, Google Plays Movie and Video. Akan tetapi jika anda enggan menggunakan layanan berayar, anda bisa mengklik laman yang tertera pada footnotes[1].

2.    Jack Reacher (2012)

Tom Cruise (Jack) diminta untuk menyelidiki sebuah kasus penembakan berantai yang melibatkan temannya yang didudga sebagai tersangka. Dengan keyakinan bahwa temannya tidak bersalah dia berusaha menyelidiki kasus ini meskipun harus menghadapi tekanan dari pihak pihak yang tamppaknya tidak ingin kasus ini terungkap. Film yang juga dibintangi oleh Rosamund Pike ini meraih kesuksesan secara komersil dengan berhasil mendapatkan pendapatan kotor sebesar 218 juta USD dengan biaya produksi film yang ‘hanya’ sebesar 60 juta USD. Menurut kritik, strata film ini mampu melebihi film film action-thriller pada umumnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika film ini mendapatkan skor 7/10 di sius imdb, 64% di Rotten Tomatoes dan 50% di laman metacritics.

Jika anda tertarik untuk menonton film ini, anda bisa berlangganan Google Play Video and Films dengan membayar sebesar Rp. 48.000.,00 atau langganan di Netflix. Selain itu anda juga bisa menyaksikan film ini dengan mengopi link dibawah dan menempelkannya di browser anda[2].

3.    Enemy at the Gates (2001)

Enemy at the Gates adalah film yang dibintangi oleh Jude Law pada tahun 2001. Law dalam film ini berperan sebagai Vasily Zaitsev seorang sniper USSR yang berhasil selamat dari gempuran tentara NAZI jerman pada pertempuran di Stalingrad tahun 1942. Karena keahlian menembaknya, ia menjadi buronan tentara Jerman termasuk Erwin Konig yang pada akhirnya harus tewas  ditangan Zaitsev.

Film ini berdasarkan buk non fiksi karangan William Craig pada tahun 1973.Meskipun didasarkan pada buku non fiksi, banyak pihak menyangsikan akurasi sejarah pada film ini bahkan negara Rusia selaku negara pecahan USSR terbesar dan negara lokasi terjadinya Battle of Stalingrad. Walaupun demikian, film ini mendapatkan sambutan yang positif baik secara komersil maupun kritik. Secara komersil, film ini mampu menghasilkan laba bersih sebesar 30 juta USD selisih dari pendapatan kotornya sebesar 90 juta USD dan biaya pembuatan filmnya sebesar 60 juta USD. Di laman imdb, film ini mendapatkan skor sebesar 7.6/10 sedangkan laman Rotten Tomatoes dan  Metacritic masing masing memberikan nilai sebesar 54% dan 53%.

Anda bisa menyaksikan film ini melalui Google Play Video dengan biaya langgana sebesar Rp. 48.000.,00 atau Netflix. Anda juga bisa menonton dan mendownloadnya melalui laman dibawah ini secara gratis[3].

4.    Battle for Sevastopol (2015)

Cerita film ini berpusat pada seorang Lyudmila Pavlichenko, seorang penembak jitu perempuan yang menjadi anggota Red Army-pasukan Uni Soviet- pada tahun 1941-1942.Lyudmila yang secara ‘tidak sengaja’ terekrut sebagai seorag sniper berhasil menjadi seorang sniper kenamaan Uni Soviet yang juga menggunakannya sebagai alat propaganda melawan Nazi. Film ini tidak hanya menyajikan adgen tembak menembak dari seorang Lyudmila, melainkan juga kisah asmaranya dengan dua orang laki laki yang keduanya meninggal di medan perang.

Dengan budget sebesar RUB 124.000.000.,00, film ini mampu menghasilkan pendapatan kotor empat kali lipat budgetnya yaitu sebesar RUB 435,468,256 . Selain sukses secara komersial, film ini juga sukses secara kritik dengan mampu mmenghasilkan skor sebesar 58% di Rotten Tomatoes, dan 7.1/10 dilaman imdb. Sayangnya anda hanya bisa menyaksikan film ini melalui link yang terdapat di footnotes saja[4].

5.    Shooter (2007)

Shooter adalah sebuah film yang bercerita tentang seorang ex-interniran angkatan laut Amerika Serikat bernama Bob Lee Swagger (Mark Wahlberg) yang dijebak seolah berusaha membunuh presiden Amerika Serikat. Swagger dibantu oleh seorang Nick Memphis (Michael Pena) dan Sarah Fenn (Kate Mara) lantas berusaha menyelidiki kejadian yang sebenarnya dan membersihkan namanya.

Film ini sukses secara komersil dengan endapatkan laba bersih kurang lebih sebesar 34 juta USD. Namun film ini terbilang gagal secara kritik sebab hanya mendapatkan skor masing masing 47% dan 53% pada laman Rotten Tomatoes dan Metacritics. Para kritikus mengatakan bahwa film ini tidak lebih dari film action-thriller biasa dengan banyak plot hole dimana mana. Namun demikian kritikus dan penonton pada laman imdb memberikan skor 72% sehingga masih worth it untuk anda tonton. Sayangnya nda hanya bisa monton film ini melalui link yang terdapat pada footnotes[5] dan Google Play audio and Movie dengan biaya berlangganan sebesar Rp. 48.000.,00.

Dan itulah dia film film tentang penembak jitu (sniper) terbaik yang dapat anda tonton selama PSBB (Pembatasan Sosial Besar Besaran) seperti saat ini. Jika anda sudah menyaksikannya jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ya! Selamat Menonton!

 

 

 

[1] http://149.56.24.226/american-sniper-2014/

[2] http://149.56.24.226/jack-reacher-2012/

[3] http://149.56.24.226/enemy-at-the-gates-2001/

[4] http://149.56.24.226/bitva-za-sevastopol-2015/

[5] http://209.97.170.87/shooter/

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.