Daftar Lengkap Film Sejarah Terbaik Dan Link 2020

Daftar Lengkap Film Sejarah Terbaik Beserta Linknya

Secara umum film sejarah dapat diartikan film yang berdasarkan peristiwa sejarah atau orang dalam sejarah. Film film ini bisa berupa film perang atau film bergenre drama romantis, daftar lengkap film sejarah terbaik.

Selain dituntut untuk menyajikan cerita yang menarik, film film ini juga dituntut untuk mampu membuat visualisasi atau penggambaran yang akurat mengenai latar tempat dan waktu terjadinya cerita dalam film tersebut.

Kali ini penulis akan memberikan kepada kalian daftar film film sejarah terbaik baik menurut selera penulis sendiri maupun berdasarkan review dari situs situs online review seperti imdb, metacritics atau Rotten Tomatoes.

1.    Dunkirk (2017)

Film ini bercerita tentang evakuasi tentara seukutu (Amerika Serikat, Inggris dll) yang dikepung oleh tentara Nazi Jerman di Dunkirk, Prancis. Fokus dari film ini berkutat pada Tommy, seorang tentara Amerika yang berhasil selamat dari penyergapan yang dilakukan oleh pasukan Nazi Jerman.

Dia yang terpaksa mundur mencari bala bantuan menemukan sekitar 400.000 tentara sekutu lainnya dikepung dari berbagai sisi oleh pasukan Nazi.

Banyak yang mengatakan bahwa film Dunkirk adalah film terbaik dari Chritopher Nolan dan salah satu film terbaik yang membahas tentang perang dunia kedua.

Tidak hanya sukses secara komersil dengan menghasilkan 526.9 juta USD, film ini juga dibilang sukses oleh para kritikus. Terbukti bahwasanya film ini meraih skor 92% dari Rotten Tomatoes, 7.9/10 dari imdb dan  87% dari pengguna Google menyukai film ini.

Untuk menonton film ini anda bisa menggunakan Google video dengan membayar sebesar Rp. 28.000.,00 atau menonton melalui link yang tertera pada footnote dibawah ini[1].

2.    1917 (2019)

Jika anda mengikuti perhelatan Academy Award pada tahun ini, pasti anda sudah tidak asing dengan film besutan Sam Mendes ini.

Meskipun pada akhirnya film ini harus kalah dari Parasite untuk mendapatkan title sebagai film terbaik, film ini memperoleh kemenangan pada tiga kategor yang lain pada perhelatan tersebut. Selain itu review yang diperoleh film ini juga sangat tinggi yaitu 7.8 di metacritics, 8.3 di imdb dan 89% di Rotten Tomatoes.

Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwasanya film 1917 ini adalah salah satu film sejarah perang terbaik.

Sayangnya anda belum bisa menyaksikan film ini di layanan streaming berbayar yang anda miliki. Namun anda bisa  menonton film terbaik Nolan ini pada link yang tercantum di catatan kaki.[2]

3.     Lincoln (2012)

Lincoln adalah film biopik yang menceritakan kisah presiden ke-13 Amerika Serikat yaitu Abraham Lincoln. Film ini tidak menceritakan kisah hidup Lincoln dari lahir sampai wafat tetapi berfokus pada satu bulan sebelum beliau ditembak.

Film asuhan dari Stephen Spielberg ini mendulang sukses baik secara komersil maupun kritik. Namun menurut penulis, alur film ini agak terasa lambat dan subtitle yang digunakan sedikit kurang pas jadi anda perlu memastikan diri anda untuk menonton film ini dalam keadaan prima.

Anda dapat menyaksikan film ini melalui Google video dengan membayar langganan sebesar Rp. 28.000.,00 atau menonton melalui website yang penulis tulis dibawah artikel ini[3].

4.    Saving Private Ryan (1998)

Sama sama hadir dari tangan dingin seorang Stephen Spielberg, film ini adalah film perang tersukses sepanjang masa sebelum era Dunkirk dan 1917.

Tidak hanya sukses secara komersial dengan menghadirkan keuntungan 6 kali lipat lebih besar daripada biaya produksi, film ini juga sukses secara kritik. Laman review Rotten Tomatoes mempublikasikan bahwa film yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Matt Damon  ini memperoleh  skor  93% sementara imdb  memberi skor 8.6/10.

Jika anda ingin menyaksikan karya besar Spielberg ini anda dapat membeli langganan di Google Video atau Netflix. Selain itu anda juga bisa menyaksikannya melalui laman di catatan kaki[4].

5.    Kingdom of Heaven (2005)

Sangat wajar apabila anda belum pernah mendengar film berjudul ini. Sebab tidak seperti film film tersebut diatas yang merupakan film film populer, film ini adalah film lama yang tampaknya tidak begitu populer.

Film ini mendapatkan hasil kritik yangbermacam macam. Audience score pada laman Rotten Tomatoes memberi film ini sskor 72% sementara kritikus memberi film ini tomat busuk.

Meskipun demikian film ini sukses secara komersil dengan mendapatkan pendapatan sebesar 218 juta USD dengan biaya sebesar 130 juta USD.

Penulis memutuskan untuk memasukkan film ini sebagau salah satu film sejarah terbaik karena meskipun diproduksi oleh Hollywood, film besutan Ridley Scott ini mampu menghadirkan cerita yang cukup berimbang antara pasukan Kristen dan pasukan Muslim pada perang Salib yang ke 3.

Anda bisa menyaksikan film ini melalui link https://www.youtube.com/watch?v=8Fne-zyFLrQ. Durasil film ini lebih dari tiga jam. Jadi pastikan anda tidak menontonnya saat mengantuk.

6.    Youth (Fang Hua) (2017)

Jika kelima film diatas adalah film yang diproduksi oleh Hollywood  dan merupakan film berlatar belakang sejarah yangcukup banyak diketahui oleh masyarakat luas, maka film ini adalah film sejarah favorit penulis.

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini berkutat pada cerita sehari hari sekelompok remaja yang tergabung dalam divisi kesenian tentara republik rakyat Tiongkok pada saat revolusi kultural di negara tersebut dan cerita dibalik perang Tiongkok-Vietnam.

Sama seperti halnya Kingdom of Heaven, film yang dibintangi oleh Miao Miao ini mendapatkan krik yang bervariasi. Laman metacritics memberi skor 69% sementara imdb 7.1/10 dan Rotten Tomatoes 81%.

Kesuksesan film ini ditandai dengan mencetak pendapatan sebesar 235.9 USD atau sebesar 1.47 miliar renminbi China. Jumlah tersebut lebih dari 10 kali lipat budget film ini yang hanya sebesar 120 juta renminbi. Anda dapat menyaksikan film ini melalui kanal youtube https://www.youtube.com/watch?v=1QTblEjsYYo. Subtitle film ini masih berupa bahasa Inggris jadi anda perlu menyiapkan kamus anda jika sewaktu waktu ada kosa kata yang perlu anda catat.

Selain itu, film ini juga film sedih sehingga anda perlu menyiapkan satu wadah tissue.

7.    A Taxi Driver (2017)

Jika anda baru mengenal Song Kang Ho melalui film Parasite, maka anda harus menonton film lain yang beliau bintangi.

Salah satunya adalah film ini. Film yang rislis pada tahun 2017 ini menceritakan seorang supir taksi bernama Kim Sa Bok (bukan nama yang sebenarnya) yang membantu seorang reporter asal Jerman bernama Jürgen “Peter” Hinzpeter untuk mempublikasikan demo besar besaran di Gwangju yang kemudian dikenal sebagai Gwangju Uprising pada tahun 1981.

Meskipun detil detil dalam film ini adalah fiksi, namun kedua tokkoh utama tersebut memang pelaku sejarah. Hanya saja memang Peter Hinzpeter tidak mengetahui nama asli dari supir taksi yang membantunya.

Laman imdb memberi skor 7.9 untuk film ini sementara laman Rotten Tomatoes memberi skor 96%.

Untuk menonton film ini anda dapat menontonnya di viu dengan berlangganan premium. Namun jika anda enggan berlangganan anda dapat menyaksikan film ini melalui link yang tertera dibawah[5].

 

8.     1987 When The Day Comes (2017)

Meskipun film ini bukan sekuel dari film A Taxi Driver diatas, namun cerita dalam film ini menyambung cerita Gwangju Uprising.

Film ini dimulai dengan pembunuhan salah satu aktivis mahasiswa Universitas Seoul pada tahun 1987. Kematian mahasiswa ini menyulut amukan masa terhadap pemerintahan Presiden Chun Doo Hwan yang lebih luas.

Meskipun beberapa detail film ini ditulis secara fiksi, namun film ini secara keseluruhan mengikuti tanggal tanggal penting dalam sejarah Korea Selatan pada saat itu. Termasuk diantaranya beberapa kejadian yang menutup film.

Penulis meletakkan film ini sebagai salah satu film sejarah terbaik yang harus anda tonton sebab kejadian kejadian dalam film ini banyak memiliki relevansi dengan demo penurunan Presiden Soeharto di Indonesia pada 11 tahun kemudian.

Sehingga film ini sedikit banyak bisa memberikan gambaran kepada anda mengenai hal hal yang terjadi pada saat itu.

Dari laman imdb film ini mendapatkan skor 7.7/10 sementara dari laman Rotten Tomatoes film ini mendapat skor 80% dan 95%.  Sama seperti film A Taxi Driver diatas, anda harus memiliki akun viu premium untuk menyaksikan film ini.  Namun anda juga dapat menyaksikan film ini melalui website berikut[6]

Nah, film film diatas adalah film film sejarah terbaik menurut penulis. Apakah anda sudah menonton semuanya? Bagaimana pendapat anda?

 

[1] http://149.56.24.226/dunkirk-2017/

[2] http://cinemaday.org/1917-2019/play/?ep=2&sv=1

[3] http://149.56.24.226/lincoln-2012/

[4] http://149.56.24.226/saving-private-ryan-1998/

[5] http://103.194.171.18/a-taxi-driver

[6] http://149.56.24.226/1987-day-comes-2017/

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.