Tata Rias Pengantin Bugis dan Makassar yang Islami

Fitri Tamara 0

Tata Rias Pengantin Bugis dan Makassar yang Islami

Sudahkah Anda tahu, seperti apa sih tata rias pengantin Bugis dan Makassar yang Islami tersebut? Tata rias pengantin Bugis dan juga Makassar ini adalah salah satu bagian dan juga tata rias yang ada di Sulawesi selatan. Yang mana tata rias pengantin tersebut asal muasalnya dari kerjaan Luwu yang ada di bagian utara, yang bermula di kerajaan Gowa yang berada di bagian selatan. Suku Makassar sendiri yang telah mendiami daerah kabupaten Goa dan juga suku Bugis yang telah mendiami daerah kabupaten Wajo. Ciri khas dari tata rias pengantin Bugis dan juga Makassar ini ada pada hiasan hitam yang ada di dahi, yang biasanya disebut dengan dadasa. Sebuah lukisan hitam ini telah melambangkan siluet bunga teratai yang sangat indah, yang memang dipercaya sebagai bunga yang suci kaya akan manfaatnya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkap tentang tata rias pengantin Bugis dan Makassar yang Islami, silakan simak ulasan berikut ini.

Informasi lengkap tentang tata rias pengantin Bugis dan Makassar Islami

Dadasa yang dibuat untuk tata rias pengantin Bugis dan Makassar Islami ini berguna untuk membentuk wajah calon pengantinnya agar tampak lebih ideal. Jaman dahulu, orang tua telah membuat sebuah pola paes ini berdasarkan nalurinya. Garis pada pertumbuhan rambut yang tidak baik dan juga tidak simetris akan disamarkan dengan baik oleh bentuk dadasa tersebut.

Dalam prakteknya sendiri, metode tersebut mampu menimbulkan kesulitan, sebab jari para perias pengantinnya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bahkan dahi para pengantin pun juga memiliki bentuk yang sangatlah beragam. Ukuran jari perias pengantin yang kecil tidak bisa dijadikan sebagai pola ukur untuk dahi yang lebar, sedangkan untuk jari yang ukurannya lebih besar pun juga tidak bisa digunakan untuk membuat sebuah paes pada dahi seorang calon pengantin yang kecil. Nah, menyikapi hal ini, maka dibuatlah sebuah pola paes yang proporsional. Pola yang baru inilah yang nantinya akan memudahkan para perias pengantin untuk menciptakan dadasa yang apik dan sesuai dengan wajah pengantin wanitanya.

Perlu Anda tahu bahwasannya dadasa yang baik merupakan yang memiliki titik tengah yang tepat ada di bagian tengah-tengah dahinya, sehingga akan sangat serasi dan tampak proporsional dengan bentuk wajah pengantin wanita. Riasan yang seperti ini yang akan menjadikan pengantin wanita lebih percaya diri, tampak anggun, dan wajahnya juga menjadi lebih cantik.

Itulah sekilas informasi tentang tata rias pengantin Bugis dan Makassar yang Islami. Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.