Ketahui Daftar Barang Hantaran Pernikahan Dalam Islam

Ketahui Daftar Barang Hantaran Pernikahan Dalam Islam

Hantaran pernikahan itu sebenarnya hanyalah simbolisasi tanggung jawab pihak laki-laki pada pihak keluarga wanitanya. Daftar barang hantaran pernikahan dalam Islam ini sendiri haruslah ada untuk tiap adat tradisi walaupun daftar barang tersebut bisa saja berbeda-beda. Contohnya saja untuk kebiasaan adat Jawa, hantaran pernikahan biasanya diberikan pada saat malam midodareni, sedangkan untuk adat Sunda, hantaran pernikahan ini biasanya akan diberikan saat ngeuyeuk seureuh. Akan tetapi ada bayak juga yang telah menyerahkannya bersamaan dengan proses akad nikah. Nah, kira-kira apa saja sih isi hantaran pernikahan tersebut? Berikut ini adalah beberapa barang hantaran pernikahan dalam Islam yang harus Anda ketahui.

Ini daftar barang hantaran pernikahan dalam Islam

  • Sebaiknya Anda buat terlebih dahulu membuat daftar-daftar barang yang akan Anda beli. Ini sangat berguna sekali untuk mengontrol biaya dan juga sangat bagus sekali untuk memastikan kapan sebaiknya Anda mulai berburu dengan beberapa barang tersebut.
  • Bila sudah silakan Anda mulai mncicil untuk membeli barang hantaran pernikahan tersebut mulai jauh-jauh hari. Namun, buat Anda yang memang memiliki anggaran berlebih pastinya dapat langsung berbelanja semua barang yang tadinya sudah Anda rencanakan untuk dibeli, supaya cepat selesai setiap tahapannya.
  • Perlu Anda tahu bahwasannya ada sedikit perbedaan untuk kebiasaan adat Jawa, misalnya saja, hantaran pernikahan ada baiknya dalam jumlah gantik, sebesar 3, 5, 7, …. 35 … Besarnya jumlah seserahan juga terserah pihak wanita, atau Anda juga bisa membuat perjanjian berbarengan dengan pasangan.
  • Hantaran pernikahan balasan umumnya juga diberikan dari pihak mempelai wanita ke pihak mempelai laki-laki, pastinya daftar barang hantaran pernikahan balasan ini juga tidak sebanyak yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki ke wanita.
  • Belilah kotak atau pun wadah hantaran pernikahan yang sesuai selera Anda dan pasangkan. Tidak harus mahal, yang utama di sini adalah cukup layak sebagai wadah beberapa barang hantaran pernikahan yang ada. Jangan sampai Anda membeli tempat hantaran yang terlalu kecil, sehingga barang hantaran tampak padat dan pastinya hal ini juga akan menyulitkan Anda dalam menatanya.

Itulah tadi beberapa daftar barang hantaran pernikahan dalam Islam yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan juga menginspirasi Anda semuanya.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *