tips menghemat biaya renovasi

Fitri Tamara 0

http://2.bp.blogspot.com/-0Mld_RDthlQ/U2r983u34EI/AAAAAAAAAaU/KtLckv7NQGY/s1600/eebookus.png Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

By : Ula

etika anda sedang berencana akan merenovasi sebuah rumah sudah pasti anda juga akan memikirkan tentang biaya yang harus di persiapkan. Dana atau biaya memang salah satu komponen penting untuk melaksanakan proses renovasi rumah yang lancar dan berjalan dengan semestinya tanpa terkendala apapun. Akan tetapi hal itu sulit di hindari, karena sekecil apapun renovasi rumah yang akan kita lakukan akan tetap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebeb itu sebelum anda mulai merenovasi rumah sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu dengan sebaik-baiknya tentang anggaran yang harus anda keluarkan.

Jika kebutuhan renovasi sangat mendesak dan harus segera dilakukan seperti misalnya anda memiliki anak perempuan yang sudah beranjak dewasa dan ia ingin supaya anda menyediakan kamar pribadi untuknya, tentu saja sebagai orang tua anda tidak akan membiarkan putri anda terus menerus tidur dalam satu ranjang bersama anda. Oleh karena itu anda harus mengetahui beberapa tips menghemat biaya renovasi rumah yang mungkin bisa meringankan kendala anda selama ini.

  1. Buatlah skala prioritas

Membuat skala prioritas bertujuan untuk menyesuaikan ketersediaan dana yang ada dengan kepentingan renovasi rumah yang paling besar atau yang paling penting. Misalnya saja saat musim hujan, anda harus merenovasi atap rumah yang sedikit mengalami kebocoran.

  1. Kondisi fisik bangunan

Anda harus cermat dan mengoreksi dengan teliti kondisi fisik dan struktur bangunan lama rumah anda. Agar proses renovasi rumah yang akan dikerjakan lebih efektif. Dengan cara seperti itu target anda untuk menghemat biaya renovasi rumah akan tercapai dan mengurangi biaya untuk hal yang tidak penting.

  1. Jaringan listrik dan air

Cermati dan pelajari sistem jaringan listrik, saluran air bersih, dan juga saluran air kotor di rumah anda. Dengan mengantisipasi kerusakan atau kebocoran lebih awal, anda bisa meminimalisir pengeluaran biaya yang lebih besar. Terlebih lagi jika anda sedang merencanakan renovasi yang akan anda lakukan dalam kategori yang besar dan mengharuskan anda untuk membongkar dinding, plafond, atap, jaringan listrik, dan instalasi air.

  1. Sirkulasi udara

Rumah yang nyaman dan sehat harus merancang bentuk jendela yang lebih lebar agar udara dari luar bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang baik tentu saja anda tidak lagi membutuhkan mesin pendingin seperti AC dan kipas angin untuk mendapatkan kesejukan di dalam rumah anda, sebab rumah anda sudah sejuk dan dingin dengan udara yang alami. Tentu saja hal itu akan mengurangi pengeluaran biaya anda, dengan tidak memasang AC didalam rumah, dan anda juga akan bisa lebih menghemat untuk biaya listrik.

http://2.bp.blogspot.com/-0Mld_RDthlQ/U2r983u34EI/AAAAAAAAAaU/KtLckv7NQGY/s1600/eebookus.png

  1. Gaya hidup dengan kebutuhan

Gaya hidup sangat erat kaitannya dengan biaya. Jika gaya hidup lebih tinggi maka biaya yang akan dikeluarkan juga bisa lebih besar untuk memenuhi semuanya. Oleh sebab itu anda harus merancang dan mendiskusikan rencana renovasi rumah dengan anggota keluarga lainnya dengan tujuan lebih mengutamakan renovasi yang penting dan harus dilakukan agar dapat memenuhi semua kebutuhan penghuninya daripada melakukan renovasi yang hanya bertujuan untuk mempercantik dan memperindah ruangan.

  1. Memilih jasa kontraktor

Anda juga harus lebih cermat saat memilih dan menentukan kontraktor yang akan merenovasi rumah anda. Pilihlah kontraktor yang profesional, ahli dalam bidangnya, dan jujur agar anda lebih tenang saat proses renovasi rumah dan mendapatkan hasil renovasi yang sesuai dengan yang anda inginkan. Dengan begitu anda bisa lebih hemat biaya dalam pengerjaan renovasi di rumah anda.

Biaya atau dana memang elemen yang sangat penting dalam proses renovasi rumah, oleh sebab itu anda diharuskan untuk membuat perencanaan dan persiapan yang sangat matang sebelum proses renovasi rumah dijalankan. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk mengaplikasikan beberapa tips di atas untuk membantu anda menekan pengeluaran biaya yang terlalu banyak saat akan merenovasi sebuah rumah.

Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda sehingga anda tetap dapat melakukan proses renovasi rumah dengan baik. Salam.

www.EEBOOK.us

 

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.