Tips Desain Interior Ruang Dapur dan Mengenal Jenis Interior Dapur

Fitri Tamara 0

Tips Desain Interior Ruang Dapur dan Mengenal Jenis Interior Dapur!

Dapur memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan aktifitas memasak. Akan tetapi, pada era moderen sekarang ini,  dapur digunakan sebagai tempat yang fungsional. Sehingga tidak hanya terpaku pada aktifitas memasak. Desain dapur yang minimalis seringkali menjadi idaman setiap orang, dengan desain dapur yang minimalis, ruangan akan terlihat lebih luas dan tertata rapi. Interior ruang dapur minimalis sangat cocok diterapkan pada rumah jenis perumahan.

Tips mendesain interior ruang dapur

Dapur yang nyaman adalah dapur yang memiliki kerapian, dan kebersihannya terjaga. Bersih dan rapi memang menjadi kerelatifan kriteria dapur idaman. Selain bersih dan rapi, juga ada beberapa tips mendesain interior ruang dapur untuk mewujudkan ruang dapur idaman Anda.

  • Perhatikan tata letak.

Tata letak dapur juga mempengaruhi atmosfir untuk beraktifitas, sehingga, tata letak dapur juga harus diperhatikan. Letak dapur biasanya berdampingan dengan ruang makan. Hal ini untuk memberikan kemudahan dalam menyiapkan makanan.

  • Furnitur dapur.

Pilihlah furnitur dapur dengan bentuk yang sederhana tanpa banyak motif dan ukiran-ukiran, hal ini akan memberikan kesan yang minimalis. Furnitur juga harus multifungsi serta dapat dimodifikasi. Seperti, Almari dapur yang memiliki fungsi untuk menyimpan peralatan dapur, almari juga bisa diberikan tambahan modifikasi meja makan yang dibuka tutup layaknya jendela. Modifikasi ini bertujuan untuk memberikan kesan yang simpel dan dapur bisa lebih terlihat luas.

  • Pewarnaan ruang dapur.

Untuk aplikasi warna juga harus sesuai dengan furnitur interior ruang dapur. Berikan warna cerah untuk ilusi ruang dapur yang tampak alami dan terlihat cerah, serta akan menghilangkan ilusi suram pada ruang dapur. Tentunya Anda tidak akan menginginkan ruang dapur yang terlihat suram kan? Agar ruangan tidak terlihat suram, hindari pewarnaan dengan warna gelap. Selain memberikan kesan yang suram, juga akan memberikan kesan penataan yang berantakan.

  • Sirkulasi udara.

Sirkulasi udara yang baik juga menjadi poin penting pada ruang dapur ini, karena dalam proses memasak kebanyakan orang menggunakan gas elpiji sehingga ventilasi udara yang ada dapat mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi diruang dapur Anda. Ventilasi udara yang baik dapat terhindar dari ruang dapur lembab, sehingga memberikan hawa segar dan Anda bisa memasak dengan nyaman.

  • Perhatikan kerapian.

Peralatan-peralatan dapur yang tidak digunakan sebaiknya disimpan di dalam gudang. Untuk peralatan yang sering Anda gunakan dalam memasak, sebaiknya disimpan pada lemari dapur. Bukan hanya peralatan, tapi bahan dan bumbu pelengkap yang akan digunakan untuk memasak juga sebaiknya disimpan di dalam lemari, sehingga dapur akan terlihat lebih rapi dan bersih

Jenis interior ruang dapur.

Dalam unit rumah, memiliki berbagai jenis bentuk interior ruang dapur, bentuk bisa disesuaikan dengan model dan ukuran rumahnya. Berikut ini ada beberapa jenis interior ruang dapur yang sesuai dengan jenis ukuran ruangannya.

  • Jenis single line kitchen. Jenis ruang dapur ini sangat cocok diterapkan pada dapur yang memiliki ukuran ruangan sempit, mungil, dan memanjang. Furnitur atau peralatan dapur menempel di dinding, bak cuci biasanya berada diantara kulkas dan kompor.
  • Jenis L. Jenis dapur ini sangat cocok diterapkan pada dapur yang memiliki ukuran ruangan besar maupun kecil. Sebagai alternatif, gunakan sisi panjang sebagai area memasak dan tempat bak cuci piring. Untuk area sisi pendek, untuk penempatan rak piring dan furnitur lainnya.
  • Jenis U. Dapur jenis U merupakan dapur yang fleksibel, dalam ruangan ini memiliki ruangan dengan tiga sisi. Dalam dapur jenis ini, dapat menciptakan tempat penyimpanan peralatan dapur yang cukup banyak dan efektifm Sehingga dapur akan terkesan lebih rapi dan nyaman.

Bagaimanapun gaya dan jenis ruang dapur yang anda inginkan, jangan sampai mengabaikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas, untuk mendesain interior ruang dapur sebaiknya lakukan perencanaan dengan matang sehingga ruang dapur yang minimalis dan moderen akan berfungsi secara maksimal dan dapat menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga Anda untuk beraktifitas. Semoga ulasan di atas memberijan referensi dan menjadi manfaat bagi para pembacanya.

 

Aneka Desain Dapur

Contoh Desain Dapur Minimalis Modern Desain Dapur Kecil Sederhana
Jenis Interior Dapur Dapur Tradisional Modern Minimalis
Dapur Minimalis Batu Bata Dapur Nuansa Hitam Putih
Dapur Jadi Satu dengan Ruang Makan Menata Barang di Dapur

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.