Gambar Desain Rumah Minimalis Sederhana Modern 2021

Fitri Tamara 0

Gambar Desain Rumah Minimalis Sederhana Modern 2021 – Keinginan untuk memiliki rumah tetap sama, yang membedakan adalah desain rumahnya. Memasuki tahun 2021, perubahan tren rumah juga mengalami perubahan. Saat memilih desain rumah, ada baiknya menentukan jenis rumah yang akan dibangun. Misalnya membangun rumah dari awal atau sekedar merenovasi rumah.

Desain rumah minimalis yang baik adalah yang memiliki udara untuk masuk dan keluar. Pertimbangkan ukurannya, seperti ruang keluarga, kamar tidur dll. Kemudian buatlah rencana untuk menentukan bagian-bagian ruangan tersebut. Kemudian mulailah memikirkan furnitur apa yang akan ada di rumah.

Menurut desain arsitektur 2021 mengatakan, bahwa desain akan lebih global, ekologis, dan inklusif jika bahan yang digunakan untuk membuat rumah adalah bahan alami, garis sederhana, dan dekorasi yang menenangkan. Buat kamu yang bercita-cita ingin memiliki rumah sendiri, yuk simak tren model rumah minimalis tahun 2021, di antaranya:

Apa Saja Jenis Model Rumah Minimalis Tahun 2021?

 

1. Desain Rumah Minimalis Jendela Besar Bagian Depan

Dengan penggunaan jendela yang lebar dapat menambah kesan luas pada rumah. Selain itu, membuat lebih banyak udara masuk sehingga rumah menjadi lebih segar dengan sirkulasi udara yang baik. Untuk urusan dekorasi serta estetika, dengan jendela besar, maka akan memberikan kesan lebih menarik dan unik, menjadi lebih modern dengan desain masa kini.

Penggunaan jendela besar pas dengan dekorasi rumah minimals, tanpa perlu ditambah dengan banyak asesoris, sehingga terkesan lapang. Bahan pun perlu diperhatikan, lebih baik menggunakan bahan kayu atau baja ringan, agar serasi dengan dekorasi secara keseluruhan.

Desain courtyard mewah karya Studio Air Putih (www.arsitag.com)

2. Desain Rumah Minimalis dengan Ruang Terbuka

Desain ini menciptakan ruang terbuka dan membuat rumah lebih luas dan udara mengalir di dalam ruangan. Bisa dibilang desain ini akan ramah lingkungan dan hemat energi. Selain bisa dijadikan tempat aktifitas, rumah bisa mendapatkan pencahayaan yang memadai.

Ruang terbuka itu sendiri tidak hanya berada di depan atau belakang rumah, namun bisa ditempatkan di tengah-tengah bangunan, sehingga memberikan kesan unik, serta indah dipandang mata. Ruangan terbuka atau courtyard itu bisa berupa taman sederhana, ruang penghubung, ruang terbuka sekaligus tempat berkumpul yang menyenangkan.

rumah123.com

3. Desain Rumah Minimalis dengan Dapur Terbuka

Saat ini, desain dapur terbuka sudah mulai diterapkan. Antara dapur dan ruang keluarga akan dipisahkan oleh meja bar tanpa ada sekat. Lalu, fokuskan pada dapur dengan cahaya terang. Sekarang di Indonesia, sudah mulai banyak menggunakan ruang terbuka sebagai dapur dengan desain minimalis namun terkesan cozy. Desain ruang semi outdoor, cahaya bisa masuk dengan mudah sehingga ruangan di dalam rumah mempunyai sirkulasi yang baik.

Beberapa model inspirasi bisa diaplikasikan, seperti dapur yang menyatu dengan ruang bagian belakang, sehingga tampak juga pemandangan belakang rumah seperti taman ataupun halaman belakang. Bisa juga menyiasati model dapur dengan menggunakan tambahan kaca geser, atau menambahkan tirai sehingga penampilan keseluruhan menjadi cantik.

4. Desain Rumah Minimalis dengan Balkon Atas atau Dalam

Rumah yang di buat dengan desain balkon atas atau dalam berfungsi sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Untuk view balkon yang lebih luas gunakan jendela besar agar sirkulasi udara dari balkon bisa masuk ke dalam rumah dan membuat rumah menjadi sejuk. Meskipun dengan luas terbatas, namun apabila mengaturnya dengan baik, maka balkon rumah minimalis tetap menjadi tempat yang nyaman bersantai sendiri atau bersama keluarga.

Anda bisa berkreasi sesuai minat serta kesenangan, misalnya menaruh tanaman hias cantik, atau pernak pernik lain. Namun tentunya juga perlu diperhatikan fungsi utama dari balkon sendiri sebagai tempat bersantai, sehingga memerlukan tempat duduk yang memadai. Tema menjadi penting pada desain balkon anda, sehingga bisa didekorasi sesuai keinginan tanpa terlalu penuh atau banyak barang disitu, sehingga suasana nyaman bisa tetap terjaga.

designrumah.co.id

5. Desain Rumah Minimalis Full Kaca Modern

Tidak sedikit rumah yang dibatasi dengan tembok. Namun seiring dengan perkembangan zaman, dinding diganti dengan jendela kaca transparan yang besar. Semua kamar terbuka lebar kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Dengan konsep rumah minimalis full kaca ini, rumah lebih luas dan bergerak lebih leluasa. Selain itu rumah juga menjadi terkesan rapi serta elegan.

Kaca-kaca lebar pada jendela, pintu juga memaksimalkan cahaya masuk serta sirkulasi udara. Selain itu kesan minimalis modern sangat terasa dengan menonjolkan banyaknya kaca, menjadikannya terkesan futuristis. Dengan konsep serta desain yang jelas, serta perencanaan rapi, maka penampilan rumah minimalis full kaca bisa dipresentasikan secara optimal.

ig @rumah_purnama

6. Model Desain Rumah Minimalis Rooftop Keren

Desain rumah yang menggunakan rooftop cocok untuk luas rumah yang terbatas dengan tujuan agar Anda tetap memiliki ruang terbuka di rumah. Ini sebuah model rumah minimalis keren dan mengesankan, karena meskipun ruangan serta luas terbatas, kita tetap bisa mempunyai rooftop sebagai ruangan serba guna, mempunyai banyak fungsi serta memperbanyak area yang ada di rumah kita.

Memanfaatkan space yang ada di atas rumah merupakan solusi tepat khususnya bagi desain rumah minimalis, karena bisa memanfaatkan ruangan secara optimal keatas. Karena luas ruangan terbatas, maka perlu diperhatikan elemen dekorasi maupun furniture nya, agar ruangan tetap terkesan luas serta nyaman. Tak perlu menyewa jasa desain interior ataupun eksterior rumah, asal bisa tepat memilih disesuaikan dengan selera, maka rooftop minimalis pun menjadi tempat menyenangkan.

Baca Juga:
Inilah Model Tiang Teras Rumah Minimalis Bentuk Bulat Terbaru
Gambar Rumah Idaman Minimalis Yang Elegan 2021

thewowdecor.com

7. Desain Rumah Minimalis Kayu Modern, Mungil, Unik dan Cantik

Didominasi warna coklat, baik interior maupun eksterior. Untuk desain rumah, rustic lebih tradisional namun tetap dengan pemilihan model dan motif furniture yang modern. Jadi meskipun berbahan kayu, namun rumah minimalis bisa tampil secara modern, dimana tren rumah kayu sekarang juga sudah mulai bermunculan kembali, dengan desain masa kini, tanpa menghilangkan kesan kayu yang memang selalu eksotis.

Rumah bernuansa kayu tentunya mempunyai kesan dan karakter tersendiri, bernuansa kembali ke alam. Dengan sentuhan modern, maka desain menjadi lebih segar dan up to date. Kesan hangat tetap terasa, didukung dengan pencahayaan tepat, kemudian dipadukan dengan bahan-bahan lain pada elemen tertentu, seperti jendela kaca, atau pintu kaca, akan memberikan aksen modern pada tampilan secara keseluruhan.

8. Desain Rumah Minimalis Atap Pelana Segitiga

Warna gelap atap pelana pada tahun 2021 masih dominan berpadu dengan bangunan yang didominasi jendela besar. Selain itu, penggunaan atap pelana dapat memberikan sirkulasi udara yang baik dan membuat rumah menjadi sejuk. Atap pelana sendiri seperti namanya berbentuk seperti pelana kuda, atap miring yang banyak digunakan untuk bangunan rumah minimalis satu lantai, serta banyak dipakai pada perumahan-perumahan di Indonesia.

Keuntungan menggunakan atap pelana adalah mempunyai ruang segitiga di bawah atap yang berguna sebagai ruang untuk isolasi panas. Ditinjau dari biaya yang dikeluarkan juga lebih ekonomis dan menghemat budget, sehingga cocok untuk rumah minimalis dengan biaya terukur. Aliran air di atap juga lebih mudah dibandingkan dengan atap rumah datar, karena tingkat kemiringan atap pelana mendukung aliran air tersebut lebih mudah.

kylaraycreative.com

9. Desain Rumah Minimalis Industrial di lahan sempit

Penggunaan desain rumah industri dapat menghemat biaya karena penggunaan bahan daur ulang dengan tampilan apa adanya. Desain jenis ini seringkali dibuat tanpa finishing untuk menunjukkan warna asli bangunan. Sehingga desain ini bisa dibuat seperti konsep industri. Rumah minimalis pun juga bisa mengimplementasikan gaya serta konsep industrial dalam desainnya.

Ekspos gaya rumah dengan konsep belum selesai, menampilkan aksen tersendiri pada konsep secara keseluruhan. Elemen tembok tanpa finishing, dipadu elemen kayu memberikan pesona tersendiri yang keren, stylish dan tetap menjaga kehangatan. Bahan-bahan lain pun bisa diimplementasikan disini seperti material besi, baja atau bata ekspos.

10. Desain Rumah Pintar pada Rumah Minimalis

Desain rumah terakhir adalah desain rumah pintar. Desain jenis ini sudah mulai banyak diimplementasikan, sehingga menjadi tren di tahun 2021. Semua pengendalian di dalam rumah bisa dilakukan dari satu perangkat melalui sistem otomasi rumah. Sehingga membangun rumah dengan menggunakan desain rumah pintar sebenarnya dapat membantu dalam menghemat energy. Karena Anda dapat mengatur listrik, air di rumah Anda dari mana saja.

Baca Juga:
Daftar Material Bangunan yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Idamanmu
Menghitung Kebutuhan Semen Ketika Memasang Desain Keramik Lantai

Hal tersebut tentunya memerlukan pengaturan yang cerdas, sehingga kecanggihan teknologi dapat dinikmati tanpa mengorbankan gaya arsitektur rumah. Penempatan saklar maupun remote control, audio system dan piranti modern lainnya tentu perlu dipikirkan secara matang, sehingga nilai estetika pada rumah minimalis tetap bisa dikedepankan, selain pemanfaatan teknologi.

Desain Bagian Ruangan Lain dari Rumah Minimalis:

Ruang Tamu Minimalis Kamar Tidur Minimalis
Taman Minimalis Modern Dapur Minimalis Modern
Kamar Mandi Minimalis Modern Café Minimalis di Rumah
Pagar Rumah Minimalis Teras Rumah Minimalis
Halaman Belakang Rumah Minimalis Warung Kecil Depan Rumah
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com