Hal – Hal yang Harus Anda Tahu Saat Buat Sketsa Bangunan, Apa Saja Itu

Hal – Hal yang Harus Anda Tahu Saat Buat Sketsa Bangunan, Apa Saja Itu?

Anda pastinya juga sangat setuju sekali, bahwa untuk bisa mewujudkan sebuah rumah impian, itu artinya Anda butuh yang namanya mengkomunikasikan ide – ide maupun gagasanmu lewat sketsa bangunan kepada sang arsitek, atau desainer. Tak hanya itu saja, kadang kalanya Anda juga perlu membaca sketsa bangunan yang dibuat orang lain, tujuannya adalah untuk memahami lebih jauh konsep dari rumah impian Anda tersebut.

Tapi, kenyataannya tentang sketsa bangunan rumah sangat dibutuhkan apapun profesi Anda apabila Anda benar – benar ingin wujudkan rumah impian. Nah, di bawah ini akan ada beberapa hal yang sudah seharusnya Anda perhatikan pada saat membuat sketsa bangunan. Apa saja itu?

Inilah Hal – Hal yang Harus Anda Tahu Saat Buat Sketsa Bangunan

Proporsi dan skala

Kedua hal ini pada dasarnya jadi salah satu hal yang sering sekali dilupakan pada saat seseorang akan menggambar, maupun membaca sebuah gambar sketsa bangunan. Kesalahan skala bisa saja menjadikan dimensi ruangan kacau balau, sementara itu proporsi yang salah pun bisa membuat ruangan dalam sebuah bangunan yang terealisasi jadi kurang nyaman untuk ditempati. Agar bisa mengakali skala serta proporsi pada saat membaca maupun membuat sketsa, tak hanya harus melakukan pengukuran secara tepat, Anda juga harus menggunakan standar – standar wajib yang bisa ditemukan lewat buku data prinsip arsitektur maupun sumber – sumber diinternet.

Legenda atau notasi

Harus Anda tahu, bahwa dalam sebuah sketsa bangunan, baik itu untuk bangunan sebuah rumah impian atau gedung – gedung pada dasarnya memiliki garis yang bisa memiliki arti tertentu. Contohnya saja arsiran gelap yang berarti material beton. Nah, pastinya dengan memahami legenda dan notasi yang terdapat pada sketsa bangunan tersebut, maka bisa sangat membantu Anda untuk memastikan bahwasannya tiap komponen bangunan yang sudah tergambar sesuai dengan standar material bangunan.

Memperhatikan dimensi ketinggian

Ketika membuat sebuah sketsa bangunan, terutama untuk bagian denah pastinya sudah sangat mudah sekali dalam menentukan panjang maupun lebarnya sebuah ruangan. Tetapi, bagaimana untuk urusan ketinggian dari ruangan, maupun bila ada perbedaan level dari lantai yang ada, ditambahkan lagi dengan void rumah? Makanya, sangat penting sekali agar Anda tidak hanya mengandalkan denah saja, sebagai satu – satunya sketsa dalam mengkomunikasikan gagasan desain sebuah rumah impian. Dalam hal ini Anda harus juga menggambar sketsa bangunan yang berupa tampak depan serta potongan dari ruangan, tujuannya adalah untuk membuat segala dimensi dari ruangan tampak lebih jelas, panjang, lebar, dan ketinggian dari tiap ruangan.

Imajinasikan dan realisasikan detail desainnya

Ukiran atau pun pola pada sebuah fasad rumah pastinya juga tidak boleh dilewatkan dan hanya disimpan dalam imajinasi saja. Detail desain tersebut harus direalisasikan untuk maksimalkan sketsa bangunan, serta meminimalisir kesalahan pada saat realisasi desain. Makanya, dibutuhkan pula gambar detail pada sketsa bangunan untuk perjelas bagian – bagian detail dari rancangan rumah tersebut dengan skala yang lebih besar lagi dan proporsi yang tentunya lebih jelas pula.

Nah, itu dia hal – hal yang harus Anda tahu saat buat sketsa bangunan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.