Desain Interior Rumah Minimalis Bergaya Tradisional Jawa

Fitri Tamara 0

Desain Interior Rumah Minimalis Bergaya Tradisional Jawa!

Rumah minimalis dengan gaya tradisional Jawa terkadang dianggap kuno oleh beberapa orang, dianggap tidak sesuai dengan jaman yang sudah serba modern seperti saat sekarang ini. Padahal, jika kita mau lebih mencermati lagi, rumah minimalis dengan gaya tradisional Jawa memiliki nilai seni yang lebih dari hanya sekedar rumah sebagai tempat tinggal. Selain itu, untuk membangun rumah minimalis dengan gaya tradisional Jawa justru menghabiskan biaya yang relatif lebih murah.

Eksterior dan Interior desain rumah minimalis bergaya tradisional jawa biasanya memiliki ciri-ciri bangunan yang besar dan luas, yang di topang dengan tiang terbuat dari kayu jati besar dan juga kokoh, serta bentuk atap yang berbentuk joglo atau limasan, yang semakin mempertegas kekhasannya.

Tata ruang pada rumah khas Jawa juga berbeda dari rumah-rumah pada umumnya dan memiliki arti tersendiri. Misalnya saja pada beranda atau teras rumah. Beranda atau teras rumah yang luas memiliki arti bahwa rumah terbuka untuk siapa saja dan seberapa banyak tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Selain itu, terdapat juga ruangan-ruangan yang sifatnya pribadi, sehingga tertutup untuk orang lain atau tamu yang berkunjung. Rumah khas Jawa juga memiliki nilai-nilai lain, misalnya nilai keindahan dan kesakralan yang tercermin dari tata ruang dan tata letak barang-barang perabotan rumah tangga sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Rumah minimalis khas Jawa biasanya mengambil inspirasi dari rumah adat Jawa, rumah joglo, yang biasanya memiliki bentuk yang luas dan terbuka. Untuk mewujudkan rumah minimalis yang demikian, tentu saja membutuhkan lahan yang luas pula. Apabila Anda memang sudah mempersiapkan lahan yang luas, Anda bisa mewujudkan rumah minimalis khas Jawa Anda dengan cara menambahkan perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu jati, seperti yang biasa ada pada rumah khas Jawa. Jika tidak, Anda juga bisa menambahkan perabotan rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu.

Namun apabila Anda mengalami kendala dengan lahan yang terbatas, tenang saja, Anda tetap bisa mewujudkan rumah minimalis khas Jawa Anda, dengan cara mengambil unsur yang terdapat pada rumah joglo. Misalnya saja, Anda bisa membuat pintu rumah Anda dari kayu yang berukiran khas Jawa. Ini juga bisa Anda terapkan pada jendela dan atau perabotan rumah tangga Anda. Jadi intinya, Anda tetap bisa mengaplikasikan, sekecil apapun ciri khas rumah joglo, pada rumah minimalis khas Jawa Anda.

Demikian pembahasan mengenai interior desain rumah minimalis khas jawa. Dengan beberapa ulasan tersebut motivasikan diri Anda untuk menciptakan tren baru di lingkungan tempat tinggal Anda dengan membangun rumah minimalis khas Jawa Anda. Buat semua orang terkagum-kagum dengan eksterior dan interior desain rumah minimalis bergaya tradisional Jawa Anda. Semoga beberapa ulasan artikel di atas bisa memberikan manfaat, motivasi, serta referensi bagi pembacanya.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.