Daftar Material Bangunan yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Idamanmu

Fitri Tamara 0

Daftar Material Bangunan yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Idamanmu

Siapa sih yang tak ingin memiliki rumah tinggal sendiri, apalagi bagi Anda yang sudah berumah tangga? Memiliki rumah sendiri tentu saja jadi impian bagi hampir semua orang. Akan tetapi karena harga untuk membeli sebuah rumah itu tidaklah murah, dan pastinya butuh waktu tak sedikit untuk mewujudkan mimpi tersebut. Oleh sebab itu mulai dari sekarang Anda harus memperhatikan material, atau bahan – bahan bangunan yang digunakan untuk membangun sebuah rumah tinggal. Pastikan semua material bangunan yang dibutuhkan berkualitas, agar kelak rumah yang Anda bangun bisa bertahan dalam kurun waktu lama.

Daftar Material Bangunan yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Idamanmu

Batu bata

Batu bata memang jadi material bangunan pertama yang harus, alias wajib banget Anda siapkan jika Anda berencana untuk membangun sebuah hunian tinggal baru. Harganya memang terbilang cukup mahal, apalagi jika Anda memilih material bangunan batu bata merah, namun mengenai kekuatannya pasti sudah tak perlu diragukan lagi. Namun jika Anda ingin yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih material bangunan batako. Pada saat Anda membeli batu bata merah, kami sarankan agar Anda memiliki yang ukurannya sesuai dengan model atau desain rumah yang akan Anda bangun.

Semen

Material bangunan yang selanjutnya ini berguna sekali untuk merekatkan batu bata yang dipasang, sehingga bisa jadi sebuah dinding yang kuat dan kokoh. Tak hanya itu saja, semen juga bisa digunakan untuk merekatkan lantai keramik. Untuk penggunaannya, pasti Anda harus terlebih dulu mencampurkan semen dengan air dengan perbandingan yang tepat agar bisa merekat dengan baik.

Pasir

Ya, pasir pastinya juga jadi salah satu material bangunan yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja pada saat ingin membangun sebuah rumah idaman. Pasir nanti berguna untuk campuran semen. Pasir yang baik adalah pasir yang memiliki butiran tajam, sebab dianggap lebih kuat untuk dicampurkan sebagai perekat batu bata merah atau pun pondasi. Pada saat Anda memilih pasir, kami sarankan agar Anda mencoba mengepalnya. Apabila pasirnya tersebut menggumpal, itu artinya memikiki kualitas yang baik. Hindari memilih pasir yang memiliki kandungan lumpur lebih dari 5%.

Besi beton

Material satu ini berguna sebagai rangka konstruksi rumah. Ukuran besi beton yang bisa dipilih mulai dari 10 – 12 m. Jenisnya ada yang memiliki permukaan ulir, polos, dan yang berbentuk kanal. Kerangka besi beton tersebut lalu diisi dengan adonan semen dan juga pasir.

Kayu

Kayu bahkan hingga sekarang masih jadi salah satu material bangunan yang populer sebagai kerangka rumah. Pastinya ada banyak sekali jenis kayu yang bisa digunakan untuk bangunan rumah Anda, tetapi yang paling bagus biasanya berasal dari Kalimantan, seperti kayu kamper Samarinda dan kayu kamper Rasamala. Tetapi Anda juga bisa memilih jenis kayu lainnya yang memiliki kandungan air tak lebih dari 20%.

Genteng

Pastinya sebuah bangunan rumah yang kokoh tak akan lengkap apabila tidak ada material bangunan satu ini, yakni genteng. Berguna jadi pelindung dari paparan sinar matahari dan siraman air hujan, biasanya genteng dibuat dari tanah liat. Material bangunan tersebut memiliki daya tahan yang cukup kuat dan kokoh, bahkan tidak mudah lapuk, sehingga Anda pun tak perlu menggantinya hingga puluhan tahun ke depan.

Triplek

Triplek umumnya dipakai sebagai penutup bagian langit – langit, atau plafon rumah. Sehingga langit – langit di rumah Anda tampak lebih rapi, bahkan kabel – kabel yang berantakan pun jadi tidak terlihat. Triplek pada langit – langit rumah ini juga bisa didekorasi dengan ukuran yang cantik dan cat dengan warna yang menarik.

Nah, itu dia daftar material bangunan yang harus disiapkan saat membangun rumah idamanmu. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.