Mata Uang Crypto di Indonesia Menjadi Investasi dan Aset Masa Depan

Romine Sofri 0
Mata Uang Crypto Di Indonesia Menjadi Investasi dan Aset Masa Depan

Mata uang crypto di Indonesia tentunya berbeda dengan mata uang digital yang berlaku pada negara lainnya. Kehadiran mata uang digital dan baru ini juga sudah seperti menjadi instrumen untuk investasi paling favorit.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga menjadi salah satu alat alternatif untuk pembayaran non tunai. Cryptocurrency sendiri juga sudah menggunakan teknologi canggih blockchain yang sudah terdesentralisasi, global, juga transparan.

Adanya jaringan blockchain tersebut juga akan menjadi solusi dari berbagai masalah yang kerap dihadapi pada sistem keuangan konvensional. Penyebaran mata uang digital tersebut saat ini sudah mencapai 5000 jenis pada pasar Crypto Global.

Mata Uang Crypto Di Indonesia Menjadi Investasi dan Aset Masa Depan
economy.okezone.com

Beberapa Mata Uang Crypto di Indonesia yang Berlaku

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan mata uang digital tersebut di Indonesia juga sudah berdasarkan peraturan Bappebti No. 5 Tahun 2019.

Dengan demikian, berarti adanya hukum tersebut juga bisa menjadi payung hukum yang jelas. Lalu apa saja mata uang crypto yang boleh digunakan di nusantara ini?

Rupiah Token (IDRT)

IDRT merupakan salah satu mata uang crypto di Indonesia. Rupiah Token ini juga merupakan stablecoin yang didukung oleh mata uang Rupiah.

Mata uang digital jenis crypto juga termasuk dalam aset crypto pertama di negara kita dengan mempunyai nilai yang sama dengan Rupiah yakni 1:1.

Perlu anda ketahui juga bahwa IDRT ini dibangun berada diatas Blockchain Ethereum dengan menggunakan standar protokol smart contract ERC-20.

PT Rupiah Token Indonesia juga yang sudah memproduksi uang ini. Fungsinya sebagai remitasi donasi global, menyediakan likuiditas, hanging, juga transaksi lintas negara.

Uang BTC (Bitcoin)

Kehadiran uang ini pada tahun 2009 lalu. Berawal dari sebuah klaim Satoshi Nakamoto (nama samaran), ia menyatakan bahwa sudah berhasil dalam menciptakan mata uang digital tanpa perantara dan sudah terdesentralisasi.

Untuk harga mata uang crypto di Indonesia ini juga sangat volati bahkan dapat mengalami perubahan dalam hitungan menit saja. Beberapa orang juga percaya bahwa Bitcoin ini adalah emas digital terbaru.

USDT (Tether)

Cryptocurrency seperti halnya Bitcoin yang mempunyai volatilitas tinggi. Maka dari itu, butuh sebuah aset yang mempunyai nilai dipatok oleh sebuah benda fisik dengan nilai yang stabil, seperti halnya mata uang fiat, komoditas, juga emas.

Faktanya juga ada sebuah aset yang memiliki nama Stablecoin. Stablecoin tersebut mempunyai salah satu jenis dengan nama Theter (USDT).

Nilai mata uang crypto ini juga sudah dipatok dengan nilai Dollar AS dan fiat lainnya. Kehadiran Theater juga mempunyai tujuan utama yakni menyediakan likuiditas dan hedging (lindung nilai) terhadap adanya volatilitas pasar.

Crypto Ethereum (ETH)

ETH atau Ethereum merupakan sebuah platform terdesentralisasi dapat menjalankan protokol Smart Contract. Maksudnya adalah sebuah aplikasi pemrograman yang dapat berjalan sendiri tanpa adanya downtown, penipuan gangguan pihak lain, maupun sensor.

Pengembangan mata uang crypto di Indonesia Ethereum dilakukan oleh seorang Developer Blocking ulung yang berasal dari Rusia bernama Vitalik Buterin.

Aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk menjalankan apapun asalkan dengan protokol Smart Contract. Jika anda juga ingin melakukan transfer uang elektronik dalam bentuk Eater, maka harus menggunakan Smart Contract.

Crypto XRP (Ripple)

Mata uang crypto di Indonesia ini adalah paling populer di nusantara setelah Bitcoin dan Ethereum. Ripple ini adalah sebuah protokol open source yang dirancang untuk bisa menciptakan proses transaksi lebih cepat dan murah.

XRP adalah salah satu jenis Ripple yang mempunyai fungsi sebagai exchanger untuk mata uang komoditas, cryptocurrency, dan uang fiat. Selain itu, tujuan dari menciptakan adalah sebagai alat pembayaran global yang berbasis internet protocol.

Platform ini sebagai platform (teknologi) juga cryptocurrency. Tidak ada salahnya jika anda menggunakan mata uang crypto di Indonesia ini sebagai aset masa depan anda.

Tags: