Mempersiapkan Pernikahan Bagi Wanita Muslimah

Mempersiapkan Pernikahan Bagi Wanita Muslimah

Bagi wanita muslimah yang memang sudah cukup umur untuk mengambil langkah berkeluarga, pastinya akan sangat merindukan hadirnya pasangan hidup. Tentu pernikahan bagi seorang wanita muslimah ini harus disiapkan dengan matang, baik fisik, mental, hingga masalah busana yang akan dikenakan. Nah, sebagai seorang wanita muslimah yang memang sudah memutuskan untuk segera menikah, hendaknya mempersiapkan diri, membekali dirinya, dan juga terus memperbaiki kualitas peribadinya. Sebab, mengabdikan diri pada pasangan hidup dan juga keluarga akan membutuhkan pengorbanan yang lebih besar, dan inilah adalah kunci dari kelanggengan sebuah pernikahan.

Inilah persiapan pernikahan bagi wanita muslimah

Kesiapan mental

Perlu Anda tahu bahwasannya seorang wanita muslimah terkadang akan membutuhkan momen yang paling tepat untuk bisa menyebut dirinya siap menjalani kehidupan pernikahan. Terkadang ia juga merasa sangatlah gelisah saat dihadapkan oleh kenyataan bahwasannya suatu saat ia harus menikah, ada yang sangat mudah untuk memutuskan menikah di usia dini akan tetapi untuk sebagian wanita ada yang terus menerus menunda keputusannya untuk segera menikah. Nah, kesiapan mental inilah ada kaitannya dengan ilmu yang telah dimiliki, baik itu ilmu agama atau pun ilmu yang berupa pengalaman di masa lalu serta lingkungan tempat ia tinggal.

Kesiapan ilmu

Dan hal yang paling penting harus Anda siapkan adalah kesiapan ilmu pengetahuan, bagi seorang wanita muslimah adalah sebagai suatu kesiapan pemahanan ilmu yang ada kaitannya dengan hukum-hukum fikih pernikahan, hak dan juga kewajiban antara suami istri. Kembali lagi pada kondisi yang mana menjadikan begitu mudahnya Anda menyerap informasi, yang terkadang malah memberikan pemahanan yang salah tentang hal dan kewajiban tersebut. Solusinya adalah belajar tentang bagaimana Islam mengatur hak dan juga kewajiban masing-masing.

Kesiapan fisik

Setiap pasangan yang akan menyelenggarakan sebuah pernikahan, telah dituntut untuk memiliki kondisi fisik yang sehat. Kesehatan fisik inilah adalah kemampuan untuk mendapatkan keturunan, sebab meneruskan garis keturunan yang merupakan salah satu tujuan dari sebuah pernikahan. Dewasa ini, dengan gaya hidup modern maka tantangan seorang wanita muslimah untuk hidup sehat tidaklah mudah. Informasi di dunia kesehatan telah memberitakan bahwasannya kemampuan untuk bisa bereproduksi di jaman modern sekarang ini jauh lebih sulit bila dibandingkan di masa-masa sebelumnya.

Itulah beberapa persiapan pernikahan bagi wanita muslimah yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com