Keunikan Rumah Adat Aceh Wujud Nyata Keanekaragaman Indonesia

Romine Sofri 0
Keunikan Rumah Adat Aceh Wujud Nyata Keanekaragaman Indonesia

Keunikan rumah adat Aceh tentunya hanya dimiliki salah satu Pulau milik Indonesia ini. Tak heran jika Indonesia adalah sebagai salah satu negara yang kaya akan keunikan dan keanekaragaman. Baik hayati maupun non hayati. Bukan Indonesia yang kaya, jika pada zaman dahulu Belanda tidak datang untuk mencari rempah-rempah. Hingga akhirnya berbuat serakah dan membuat semua menjadi terpecah belah.

Rumah adat sendiri merupakan salah satu bukti dari keanekaragaman Indonesia. Selain Rumah adat juga ada bahasa, baju adat, tarian, alat gamelan, dan makanan khas. Tentunya semua pulau memiliki rumah adat yang berbeda-beda meskipun berbeda-beda.

Keunikan Rumah Adat Aceh Wujud Nyata Keanekaragaman Indonesia
ruangarsitek.id

Beberapa Keunikan Rumah Adat Aceh untuk Menambah Pengetahuan Anda

Meskipun kita sebagai generasi milenial, bukan suatu kesalahan jika kita juga mengetahui mengenai karakteristik rumah tersebut. Bahkan kita juga harus melestarikan budaya Indonesia. Agar kelak anak cucu kita juga bisa menikmati kekayaan ini.

Memiliki Bentuk Panggung

Mungkin untuk keunikan rumah adat Aceh ini tidak hanya dimiliki oleh kota Serambi Mekkah saja. Namun, pastinya terdapat beberapa yang menjadi ciri khas bentuk panggung dengan atapnya yang tinggi.

Hal tersebut tentunya juga mempunyai alasan yakni supaya penghuninya bisa terhindar dari adanya serangan binatang buas. Bahkan untuk tiangnya juga bisa mencapai 3 meter, dengan tujuan air tidak akan masuk kedalam rumah meskipun sedang dalam keadaan Banjir.

Menghadap ke Barat

Ini dia keunikan rumah adat Aceh yang paling unik. Wajar saja apabila Aceh memiliki julukan sebagai Serambi Mekkah. Karena semuanya memang harus sesuai dengan tuntunan agama. Salah satunya juga keunikan rumah adat di Aceh ini yang menghadap ke arah Barat atau kiblat.

Hal tersebut pastinya juga mempunyai alasan ataupun filosofi. Rumah tersebut menggambarkan tentang warga Masyarakat Aceh yang tidak lupa kepada Tuhannya.

Menggunakan Bahan Alam untuk Membuatnya

Perlu anda ketahui bahwa dalam pembuatan rumah adat ini tentunya berdasar pada kepercayaan yang para leluhur percayai. Pasalnya rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal, melainkan juga sebagai tempat untuk mengekspresikan keyakinan kepada Pencipta. Hal tersebut tentunya juga menjadi keunikan Rumah adat Aceh.

Dengan demikian juga, bahan-bahan yang mereka gunakan untuk membangun diambil dari alam. Bahkan juga tidak melibatkan paku untuk saling menyambungkannya. Mereka juga menggunakan pengganti paku yakni dengan rotan. Unik dan kerennya mampu bertahan hingga ratusan tahun.

Mempunyai Jumlah Tangga yang Ganjil

Bukan hanya menghadap kebarat saja yang menjadi ciri khas rumah adat milik Aceh. Akan tetapi juga memiliki jumlah tangga yang ganjil sesuai dengan jumlah kesukaan Allah. Wajar saja, jika memang hal tersebut menjadi ciri khas, pasalnya Aceh memang salah satu provinsi yang unggul dalam nilai kereligiusannya.

Terdapat Gentong Pada Bagian Rumah

Ciri khas rumah adat Aceh hanya ada satu saja di Indonesia. Tentunya penempatan tempat air (gentong) tersebut juga mempunyai tujuan tertentu. Sedangkan tujuan dari penempatan gentong tersebut adalah untuk para tamu yang sebelum memasuki rumah bisa membasuh kaki terlebih dahulu.

Dengan demikian, kaki para tamu bisa bersih dari berbagai macam kotoran saat memasuki rumah. Maksudnya adalah, tamu yang datang pastinya juga memiliki niat yang baik terhadap pemilik rumah.

Nah, keunikan rumah adat Aceh tersebut juga menjadi kekayaan budaya Indonesia yang harus kita rawat, jaga juga dilestarikan keberadaanya. Bukan hanya rumahnya saja, tetapi juga wujud keragaman bangsa Indonesia yang lainnya. Mari menjadi pewaris kekayaan budaya yang bijak.

Tags: