Keragaman Budaya Indonesia Suatu Kekayaan yang Harus Dibanggakan

Fitri Tamara 0
Keragaman Budaya Indonesia Suatu Kekayaan yang Harus Dibanggakan

Keragaman budaya Indonesia merupakan kekayaan yang menjadi kebanggaan. Pasalnya, keberagaman kebudayaan hanya Indonesia saja yang memiliki. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dunia, memiliki banyak penduduk yang dominan beragama Islam. Selain itu, negara kepulauan ini mempunyai wilayah yang sebagian besar adalah perairan. Sehingga wajar saja apabila banyak tempat wisata pantai di Indonesia.

Selain wilayah perairan, Indonesia juga mempunyai pegunungan. Baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif. Pulau Kalimantan dan Papua saja yang tidak memiliki pegunungan. Mengingat kisah penjajahan dahulu kala. Tidak mungkin Negara Kincir Angin menjajah nusantara jika tidak mempunyai keragaman. Salah satunya adalah keragaman hayati berupa rempah-rempah.

Tak hanya itu saja, suku-suku yang mendiami nusantara juga beragam. Seperti suku Batak, Melayu, Aceh, Ogan, Minangkabau, dan masih banyak lagi. Semua suku mempunyai budaya masing-masing. Keragaman tersebut berupa bahasa, adat istiadat, dan baju adat.

Keragaman Budaya Indonesia Suatu Kekayaan yang Harus Dibanggakan
indomaritim.id

Mengapa Terdapat Keragaman Budaya Indonesia?

Perlu anda ketahui, mengapa keragaman budaya Indonesia itu tercipta dengan baik. Berikut ini beberapa alasan yang mendasar mengapa terjadi keragaman di nusantara.

Meningkatkan Sikap Menghargai Antar Sesama

Toleransi merupakan suatu sikap menghargai dan menghormati perbedaan. Keragaman budaya Indonesia dapat tercipta karena semua warga negaranya mengutamakan sifat toleran. Menghormati orang yang berbeda agama, menghormati orang yang berbeda suku, kebudayaan, dan bahasa. Hal paling penting adalah menghargai semua pendapat.

Sikap ini juga merupakan sikap mengerti, memahami, dan menerima perbedaan antar pribadi. Tidak membutuhkan paksaan untuk melakukan hal yang sama terhadap keinginan satu orang.

Sikap yang Saling Menerima

Perbedaan adalah karakteristik dalam keberagaman budaya Indonesia. Seperti halnya saudara kandung, meski terlahir dari rahim yang sama sulit untuk menciptakan watak yang sama. Maka tidak perlu adanya pemaksaan atau saling menjatuhkan meski berbeda.

Nah, dari situ kita belajar semua orang di Indonesia itu mempunyai perbedaan. Baik watak, fisik, bahasa, dan kebiasaan. Untuk mewujudkan keberagaman, tugas kita adalah menerima perbedaan itu. Selain itu, demi menciptakan lingkungan yang nyaman, tentram, dan aman.

Menjalin Kerjasama dengan Baik

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya membutuhkan sikap saling kesepahaman antar individu, tetangga, keluarga, dan teman. Kerjasama sudah seharusnya memiliki landasan ikhlas juga penuh tanggung jawab demi tercapainya tujuan bersama.

Keragaman itu tidak hanya sebagai ciri khas suatu negara saja. Salah satunya nusantara, keragaman budaya Indonesia mempunyai manfaat.

Menjadi Kekayaan

Dari Sabang sampai Merauke terdapat berbagai kebudayaan. Dengan menjadi satu kesatuan yang utuh yakni NKRI, maka kebudayaan tersebut milik bersama yang harus senantiasa dilestarikan.

Mempererat Persatuan dan Kesatuan NKRI

Dalam membangun suatu kebudayaan bahasa daerah adalah aspek yang penting. Bahasa tersebut menjadi identitas dan juga alat komunikasi untuk masyarakat. Sedangkan bahasa sendiri telah kita ketahui menjadi salah satu inti dari Sumpah Pemuda.

Jadi, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga keragaman budaya tersebut. Supaya tidak ada yang mengadopsinya.

Memperluas Sikap Toleran dan Wawasan Bagi Masyarakat

Menghargai perbedaan saat bermasyarakat itu merupakan hal yang penting. Indonesia adalah negara multikultural, tetapi bukan multikulturalis yang tidak mampu mengelola keragaman budaya Indonesia.

Menjadi Daya Tarik

Karena setiap suku mempunyai suku, adat dan budaya yang berbeda, wajar saja jika hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Bali yang mempunyai budaya Tari Kecak hingga Upacara Ngaben. Mereka yang belum pernah tahu, ingin berkunjung dan mengetahui.

Warisan Budaya

Sebagai salah satu bagian dari bangsa-bangsa seluruh dunia, Indonesia merupakan negara yang memelihara keragaman budayanya dengan baik. Salah satu keragaman budaya Indonesia yang telah diakui dunia adalah pencak silat, gamelan, keris, batik, subak, dan juga perahu pinisi.

Sudah sepatutnya, jika nusantara selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar negeri. Karena memang memiliki bermacam-macam kehidupan dan kebiasaan atau juga disebut keragaman budaya Indonesia.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com