Download Logo File Kota Jambi File CDR PNG JPG transparan vector

Baru Diresmikan, Ikon Baru Kota Jambi Malah Jadi Bahan Lelucon - Regional Liputan6.com

Makna Logo Kota Jambi File CDR PNG JPG

Baru Diresmikan, Ikon Baru Kota Jambi Malah Jadi Bahan Lelucon - Regional Liputan6.com

Sumber gambar: liputan6.com

Halo semuanya, kembali lagi dengan artikel kesayangan kalian. Kali ini kita akan membahas berbagai hal mengenai logo kota Jambi. Kota Jambi merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai banyak sejarah tentang kerajaan Melayu yang pernah besar di sana.

Logo Kota Jambi (Ibu Kota Provinsi Jambi) Original - Psikolif

Sumber gambar: image.psikolif.com

Bagian atas logo kota Jambi

Bagian atas dari logo kota Jambi, terdiri dari beberapa gambar, yakni gambar senapan, lalu gong, serta angsa. Ketiga gambar tersebut menginterpretasikan tentang sejarah Jambi yang pada zaman dahulu ada seorang orang Kayo Hitam menikah dengan Putri Temanggung Merah Mato bernama MAyang Mangurai.

Oleh orang tua Mayang Mangurai mereka diberikan sepasang angsa kerajaan daan Perahu Kajang Lako sebagai kendaraan mereka. Lalu mereka disuruh untuk mencari hidup sendiri oleh orang tua dari Mayang Mangurai.

Setelah beberapa hari perjalanan, mereka berdua akhirnya menemukan tempat untuk mereka huni dan membangun kerajaan. Tanah tersebut dinamakan sebagai “Tanah Pilih” yang sekarang menjadi pusat pemerintahan Kota Jambi.

Gong dan senapan tersebut ditemukan oleh Orang Kayo Hitam saat menebas pohon agar membuat disekelilingnya mendapatkan cahaya. Dari hal tersebut, kedua benda itu dijadikan sebagai pusaka kerajaan Jambi, serta di Museumkan di Negeri Jambi.

Bagian tengah logo kota Jambi

Di bagian tengah logo Kota Jambi, terdapat gambar keris yang melambangkan tentang “Keris Siginjai”. Keris Siginjai tersebut merupakan keris yang mempunyai arti sebagai salah satu sikap pahlawan Raja Jambi dan Sultan Jambi.

Mengingat jika ada orang yang memiliki keris tersebut, maka orang tersebut berhak untuk memerintah kerajaan Jambi, dan memiliki kekuasaan yang mutlak.

Lalu ada dua garis yang mempunyai jumlah yang berbeda-beda.

Yang pertama ada garis biru, mempunyai 9 buah garis. 9 buah garis tersebut menginterpretasikan tentang sungai Jambi yang mempunyai anak sungai, di antaranya ada Batang Asai, Merangin, Masurai, Tabir, Senamat, Jujuhan, Bugo, Tebo, serta yang terakhir Batang Tembesi.

Sungai tersebut bernama Sungai Batanghari, dan anak sungai tersebut termasuk ke dalam wilayah territorial kerajaan Jambi terdahulu. Lalu yang kedua ada garis Hijau berjumlah 6 garis. 6 garis ini melambangkan tentang wilayah administrasi dari kerajaan Jambi terdahulu.

Di antaranya ada kecamatan Pasar Jambi, Jambi Timur, Jambi Selatan, Telanaipura Danau Teluk, serta yang terakhir adalah Kecamatan Pelayangan.

Namun seiring berjalannya waktu dan bergantinya sistem pemerintahan, di tahun 2002, pemerintah membuat kota Jambi mempunyai 8 kecamatan serta 62 kelurahan untuk wilayah administrasinya.

Bagian bawah dan luar logo kota Jambi

Bagian bawah logo kota Jambi, terdapat motto “Tanah Pilih Pesako Betuah”. Motto tersebut memiliki dua arti, yang pertama: melambangkan tentang Kota Jambi yang dulunya berasal dari “Tanah Pilih” yang dipilih oleh Raja Jambi terdahulu.

Lalu “tanah pilih” tersebut dijadikan sebagai tempat pemerintahan kerajaan Melayu Jambi, lalu diwariskan nilai-nilai sejarahnya kepada generasi selanjutnya hingga ke anak cucu mereka.

Lalu yang kedua adalah melambangkan tentang masyarakat Kota Jambi yang hidup rukun, makmur, damai, aman, serta sejahtera baik dari aspek lahir maupun batin.

Untuk download logo Jambi lengkap semua format silahkan klik di sini.

Bagian luarnya sendiri merupakan bentuk dari logo kota Jambi yakni perisai bersudut dan mempunyai 3 garis warna. Sekian.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com