Download Logo Kota Pekalongan (dan Artinya) File CDR, PNG, JPG, Vector, hitam putih, transparan

Fitri Tamara 0
Logo Kota Pekalongan Vector | Free Logo Vector Download | Kota, Pola, Website

Makna Logo Kota Pekalongan File CDR, PNG, JPG

6 Fakta Menarik Kota Batik Pekalongan yang Belum Banyak Diketahui - Lifestyle Liputan6.com

Sumber gambar: liputan6.com

Halo semuanya, kembali lagi dengan artikel di website kalian yang semoga selalu menjadi website yang menambah wawasan kalian tentang berbagai kota dilihat dari sudut manapun, salah satunya adalah dari logo kota yang dimiliki.

Nah, bicara masalah logo, kali ini kita akan membahas mengenai logo kota Pekalongan. Kota yang terkenal dengan batiknya yang bagus, dan sebagainya. Jadi, apa saja penjelasannya?

Logo Kota Pekalongan Vector | Free Logo Vector Download | Kota, Pola, Website

Sumber gambar: id.pinterest.com

Bagian atas logo kota Pekalongan

Bagian atas logo kota Pekalongan, adalah benteng yang terlihat sangat kokoh. Melambangkan tentang kota Pekalongan yang dulunya adalah Kota Mataram. Kota yang mempunyai banyak kekayaan alam.

Bagian bawah logo kota Pekalongan

Bagian bawah logo kota Pekalongan setelah benteng, ialah canting yang biasanya dipakai untuk membuat batik. Hal tersebut juga melambangkan kota Pekalongan yang sangat terkenal dengan ciri khas batiknya.

Lalu ada gambar batik, yang melambangkan tentang batik khas asli dari kota Pekalongan yang terkenal sampai dengan sekarang.

Selanjutnya ada gambar ikan yang terjaring dengan jumlah 3 ekor. Melambangkan tentang Kota Pekalongan yang mempunyai kekayaan laut yang luar biasa. Hal ini dikarenakan dulunya, kota Pekalongan merupakan kota nelayan.

Aspek keuangan bisa tumbuh dengan cepat. Gambar ikan yang berjumlah 3 ekor, melambangkan tentang trias politica.

Bagian luar logo kota Pekalongan

Bagian luar logo kota Pekalongan, ialah perisai berbentuk segi lima. Melambangkan tentang bentuk tameng atau ketahanan dari Pulau Jawa asli yang di pakai untuk melawan penjajah pada zamannya.

Perisai ini juga mempunyai 5 menara, yang melambangkan tentang Pancasila, sebagai pedoman hidup rukun masyarakat kota Pekalongan.

Arti warna-warna di logo Kota Pekalongan

Seperti beberapa logo di kota-kota yang lainnya, logo Kota Pekalongan juga mempunyai arti yang mempresentasikan tentang kota Pekalongan. Beberapa warna tersebut di antaranya:

  1. Warna hitam, melambangkan tentang kekuatan dari masyarakat Pekalongan untuk melawan penjajah yang akan mengancam kesejahteraan kota Pekalongan
  2. Warna perak, melambangkan tentang hasil yang bisa bermanfaat untuk orang lain, dan ikut mensejahterakan mereka.
  3. Warna biru, melambangkan tentang samudera yang memberikan kemakmuran bagi masyarakatnya
  4. Warna merah pada canting, melambangkan tentang perdagangan batik yang sampai sekarang masih berjalan, bahkan lebih maju
  5. Warna kuning, melambangkan kesejahteraan yang selalu terjaga di kota pekalongan
  6. Motif yang ada di tangkai canting, yakni batik Jlamprang berwarna hijau. Melambangkan tentang kota Pekalongan yang terus tumbuh dan berkembang menajdi kota yang makmur, sejahtera, dan rukun.

Untuk download logo kota Pekalongan sebagai kebutuhan tertentu kalian, bisa klik disini. Sekian ulasan kali ini.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.