Download File Logo Kota Surabaya & Artinya, JPG, PNG, CDR, Vector, Transparan

Fitri Tamara 0
Ini Cara Kota Surabaya Berlakukan Karantina Wilayah, 19 Pintu Masuk Dijaga Ketat - Warta Kota

Arti Lambang Kota Surabaya Yang Wajib Diketahui, File CDR, PNG, JPG

Ini Cara Kota Surabaya Berlakukan Karantina Wilayah, 19 Pintu Masuk Dijaga Ketat - Warta Kota

Selamat pagi semuanya, kembali lagi di website kesayangan kalian. Hari ini kita akan membahas salah satu logo kota di Indonesia, yakni logo Kota Surabaya.

Kota yang sangat terkenal dengan patung “sura” dan “baya” nya yang tergambar di patung ikan dan buaya.

Patung ini berada di depan kebun binatang kota Surabaya. Hal tersebut juga yang menjadi salah satu ikon dari logo Kota Surabaya, penjelasannya adalah:

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Bagian luar logo kota Surabaya

Logo kota Surabaya, mempunyai perisai berbentuk 6 sudut dengan ditambah dua garis berwarna kuning dan biru. Melambangkan tentang benteng pertahanan untuk melindungi warga kota Surabaya dari segala ancaman.

Bagian tengah logo kota Surabaya

Bagian tengah dari logo kota Surabaya, adalah gambar Tugu Pahlawan. Tugu pahlawan ini melambangkan rasa perjuangan dan semangat kemerdekaan para putra-putri Surabaya dalam menghadapi penjajah yang masuk ke Indonesia.

Lalu ada gambar ikan dan buaya yang dinamakan sebagai “sura” dan “baya. Jika digabungkan, maka akan berbunyi “Sura Ing Baya” di mana dalam bahasa Jawa maknanya adalah melambangkan sifat keberanian para putra-putri kota Surabaya dalam menghadapi berbagai bahaya, ancaman yang mengancam kota Surabaya.

Arti warna-warna dari logo Kota Surabaya.

Logo dari Kota Surabaya memang cukup simpel, serta mudah dipahami. Begitu juga dengan warna yang dimiliki dari logo Kota Surabaya.

Beberapa warna dari logo diantaranya ada warna hitam, biru, putih agak keperakan. Lalu kuning emas. Semuanya dibuat dengan warna yang sangat bersih serta bersinar. Hal ini melambangkan tentang mata air yang jernih di kota Surabaya.

Sebenarnya kota Surabaya hampir sama dengan kota-kota lain di Indonesia. Mereka pernah mengalami pergantian logo, karena atas dasar sejarah yang sudah mereka alami. Seperti salah satu logonya yakni gambar ikan dan buaya yang menjadi identik dari kota Surabaya.

Banyak yang mengatakan bahwa alasan dari gambar ikan dan buaya di logo kota Surabaya seperti bermusuhan, karena ada salah satu cerita yaitu dari Breeman pada tahun 1918, menceritakan bahwa ikan dan buaya tersebut pernah mengalami pertarungan yang sangat hebat.

Cerita itu sampai sekarang menjadi cerita legenda yang terkenal ada di kota Surabaya. Logo kota Surabaya yang sekarang dipakai, telah di sahkan pada tahun 1995 bulan Juni atas peraturan dari DPRDS Kota Surabaya.

Untuk download logo kota Surabaya, kalian bisa klik disini.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.