Download file logo (dan Artinya) kota Makassar JPG PNG CDR VECTOR hitam putih transparan

Fitri Tamara 0
Perang Bintang' di Pilkada Kota Makassar Bakal Sengit - Kabar24 Bisnis.com

Download file logo (dan Artinya) kota Makassar JPG PNG CDR VECTOR hitam putih transparan

Perang Bintang' di Pilkada Kota Makassar Bakal Sengit - Kabar24 Bisnis.com

Sumber gambar: kabar24.bisnis.com

Hai semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga dengan diberlakukan kembali PSBB Jawa-Bali, kita masih bisa melakukan akitivitas seperti biasanya walaupun intensitasnya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Baik, kali ini kita akan membahas kembali tentang makna dari salah satu kota yang ada di Indonesia, yakni Makassar. Mari kita bahas.

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Bagian luar logo kota Makassar

Bagian logo kota Makassar, di antaranya ada perisai dengan latar belakang warna putih, melambangkan tentang kesucian dan ketaqwaan masyarakat kota Makassar kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lalu di belakang perisai ada sebuah benteng yang berdiri kokoh, melambangkan tentang masa kejayaan Kota Makassar pada zaman dahulu.

Bagian dalam logo Kota Makassar

Lalu bagian dalam dari logo Kota Makassar, ialah perahu yang mempunyai 5 layar. 5 layar tersebut terbuka lebar, melambangkan tentang kota Makassar yang pernah menjadi pusat kota pelayaran di Indonesia pada zaman dahulu.

Lalu di samping dari gambar logo kota Makassar tersebut, terdapat padi dan daun kelapa, yang melambangkan tentang kota Makassar sebagai kota yang makmur.

Di bawahnya terdapat kalimat bertuliskan “KOTA MAKASSAR” yang merupakan nama dari Kota Makassar sendiri.

Bagian bawah Logo kota Makassar

Bagian bawah logo kota Makassar, adalah slogan dari kota tersebut berbunyi “SEKALI LAYAR TERKEMBANG PANTANG BIDUK SURUT KE PANTAI” yang artinya masyarakat kota Makassar mempunyai kepribadian yang pantang mundur dalam mempertahankan kesejahteraan dan kemakmuran wilayah kota Makassar.

Arti warna logo kota Makassar

Adapun beberapa warna dari logo kota Makassar yang mempunyai makna sendiri-sendiri. Yakni warna merah, putih, dan jingga yang ada di perisai. Ketiga warna tersebut melambangkan tentang persatuan dan kesatuan dari NKRI. Serta kebesaran dari NKRI sendiri.

Untuk warna putih yang menjadi background logo kota Makassar, melambangkan tentang kesucian dan ketaatan masyarakat dalam melaksanakan perintah agama yang mereka anut.

Dari beberapa penjelasan tadi, kita dapat menarik kesimpulan bahwa dahulu, kota Makassar merupakan salah satu kota yang menjadi pusat pelayaran. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, kota Makassar menjadi pusat perdagangan dengan tingkat persaingan dagang yang luar biasa ketat.

Hal tersebut memberikan kesempatan pada VOC pada zaman penjajahan Belanda untuk mendapatkan hak monopoli perdagangan di sana. Banyak masyarakat yang mulai menolak tentang sistem tersebut.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat. Untuk bisa download logo kota Makassar, bisa langsung klik disini.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.