Download File Logo & Arti Kota Pontianak File CDR PNG JPG transparan hitam putih

Foto: Potret Pontianak Masa Depan ala Akun Instagram @Pontianak_Maju - kumparan.com

Download Makna Logo Kota Pontianak File CDR PNG JPG transparan hitam putih

Foto: Potret Pontianak Masa Depan ala Akun Instagram @Pontianak_Maju - kumparan.com

Sumber gambar: kumparan.com

Lambang sebuah wilayah adalah hal penting dalam mendapatkan sebuah pengakuan terhadap wilayah lain. Hal tersebut akan menginterpretasikan juga tentang keunikan dari wilayah tersebut, itulah salah satu dari fungsi sebuah logo wilayah tersebut. Ada berbagai arti atau makna di dalamnya, begitu juga dengan logo kota Pontianak.

TRIBUNWIKI: Ini Arti dan Makna Lambang Kota Pontianak - Tribun Pontianak

Sumber gambar: Pontianak.tribunnews.com

Bagian sisi logo Kota Pontianak

Logo Kota Pontianak, berbentuk bulat hampir seperti segilima, namun mirip seperti kubah. Hal ini menginterpretasikan tentang sebuah harapan dari masyarakt Pontianak yang sudah terpupuk sejak lama. Bagian sisi dari Logo kota ini, terdapat gambar daun karet berjumlah 23 lembar daun di sebelah kanan, lalu daun kelapa berjumlah 10 lembar daun di sebelah kiri.

Kedua komponen tersebut melambangkan tentang produksi yang dihasilkan dari kota Pontianak sendiri, dan sampai sekarang menjadi ciri khas dari Kota Pontianak. Untuk jumlahnya, melambangkan tentang tanggal serta bulan berdirinya kota Pontianak, yakni 23 Oktober.

Bagian tengah dan bawah logo Kota Pontianak

Bagian tengah logo Kota Pontianak juga terdapat beberapa komponen gambar. Yang pertama ada beberapa garis berwarna putih dan warna biru. Untuk garis warna biru, melambangkan tentang sebuah keyakinan yang dipegang kuat prinsipnya oleh masyarakat Pontianak.

Sedangkan untuk garis putih, merupakan garis sinar yang berjumlah 5 garis. Hal tersebut melambangkan tentang Pancasila yang memiliki 5 dasar. Selanjutnya ada gambar cabang sungai yang berjumlah 3 cabang, yang melambangkan tentang kota Pontianak yang berada di perbatasan 3 sungai, yakni sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, serta besar.

Selanjutnya ada garis hitam putih mirip zebra cross, melambangkan tentang kota Pontianak yang berada tepat di garis khatulistiwa Indonesia. Setelah itu ada tulisan angka yakni 1771. Melambangkan tentang tahun berdirinya kota Pontianak, yakni tahun 1771.

Bagian bawah logo kota Pontianak, bertuliskan “KOTA PONTIANAK” yang berarti nama dari kota tersebut.

Arti warna yang ada di logo kota Pontianak.

Beberapa arti warna dari logo Kota Pontianak, di antaranya:

  1. Kuning, melambangkan tentang sebuah keagungan kepada Tuhan Pencipta Alam dan isinya
  2. Hujau daun, melambangkan tentang Kota Pontianak yang sangat subur
  3. Biru laut, melambangkan tentang keyakinan yang dipegang oleh masyarakat Pontianak, dalam hal ini adalah agama yang dianut.
  4. Merah, melambangkan keberanian para masyarakat Pontianak dalam menghadapi para penjajah yang mengancam kesejahteraan wilayah
  5. Putih, melambangkan kesucian, dalam hal ini adalah aspek agama
  6. Hitam, melambangkan tentang garis khatulistiwa yang menjadi letak kota Pontianak

Sekian untuk ulasan kali ini, untuk download logo kota Pontianak dengan berbagai format, klik disini.

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com