5 Teknik Sepakbola Ala Cristiano Ronaldo

Hallo Football Lover, apa kabarnya? semoga sehat selalu dan jangan lupa berolahraga. Oke kali ini kita akan membahas 5 teknik sepakbola ala Cristiano Ronaldo (CR7), sebelum membahas teknik sepak bola dari sang legenda ini kalian sudah tau belum siapa itu Cristiano Ronaldo? ya pasti semua juga sudah pada tau ya siapa itu Cristiano Ronaldo. Dia adalah seorang pemain asal Portugal yang jago banget main bolanya.

Dari mulai kecepatannya,kekuatannya dan staminanya yang tidak habis-habis, makanya banyak sekali yang menyebut dia adalah seorang robot, ya karena itu kehebatannya yang tidak bisa dibandingkan dengan manusia biasa. Banyak sekali teknik-teknik sepak bola yang dapat kita pelajari dan diterapkan di lapangan bola ataupun futsal.

Nah oke tanpa berlama-lama berikut teknik-teknik sepakbola Cristiano Ronaldo yang wajib kita pelajari supaya jago di lapangan :

1.Shooting From Far Distance

Cristiano Ronaldo tidak hanya cepat namun dia juga sangat berbahaya ketika sedang menendang sebuah bola. Makanya dia sering mengambil bagian penalti hingga free kick setiap bertanding karena tendangannya yang keras yang membuat orang-orang pada percaya jika dia yang menendang maka goal akan semakin di depan mata.

Cara berlatih tendangan yang keras adalah sebenernya yang pertama-pertama yang harus dilatih itu bukan hanya menendangi bola setiap hari saja, melainkan melatih kekuatan kaki kita dengan berlatih kekuatan kaki seperti : Lunges,Squat,Jump Lunges dan Berlari menggunakan sebuah beban yang ditempelkan di bagian kaki.

Latihan tersebut berguna sekali untuk menguatkan sebuah kaki sehingga ketika kaki sudah kuat maka ketika kita berlatih menendang bola itu akan menjadi mudah dan dengan sendirinya tendangan kita akan keras sehingga bisa menjebol gawang musuh sebanyak-banyaknya.

2.Kecepatan yang tinggi dan kelincahan dalam bermain bola

CR7 menjadi sangat mematikan ketika di lapangan hijau ya karena dia itu sangat cepat. Dia itu seperti semut ketika melihat gula, yang pasti akan sangat agresif dan karena kecepatan serta kelincahan yang dimiliki Cristiano Ronaldo makanya ga salah jika dia menjadi The Best Of All Time.

Cara dia melatih kecepatannya adalah dia selalu menjaga pola makan agar tidak gendut dan dia juga selalu berlari-lari diatas treadmill sesering mungkin. Tidak lupa juga dia selalu melatih kelenturan kakinya dan keseimbangan dalam mengolah suatu bola.

Sebenernya ga harus punya treadmill jika ingin dapat menjadi lincah dan cepat seperti CR7, kita cukup melakukan pola hidup sehat seperti diet dan sering-sering melakukan aktivitas yang dapat melatih kecepatan kita seperti melakukan : Jumping jack,Lompat tali,Jogging,High Knee,Berenang dan lainnya.

3.Teknik Dribbling

Cepat,kuat dan keras tentu itu tidak cukup di dalam dunia sepak bola karena di dunia sepak bola itu kita bermain bola, jadi tentu saja kemampuan mendribbling bola dengan baik itu sangat penting sekali. Cristiano Ronaldo sangat jago dalam mendribbling sebuah bola dan biasanya selalu menyelipkan beberapa gocekan maut sehingga lawan tidak dapat menahan sebuah bola yang dikendalikan Cristiano Ronaldo.

Kemudian bagaimana caranya agar bisa Mendribbling dengan baik seperti Cristiano Ronaldo dan apa saja latihannya, Berikut adalah beberapa latihan untuk meningkatkan dribbling :

A. Melakukan Dribbling Jarak Dekat

Tempatkan 10 cones (kerucut) secara berjajar di area latihan dengan diberi jarak setengah meter, giring bola di antara cones menggunakan semua permukaan kaki detikers, gunakan sentuhan cepat untuk memandu bola di sekitar cones dalam pola berliku yang terkontrol.

B. Melakukan Dribbling Bolak-balik

Bariskan 6 hingga 10 kerucut secara terpisah dengan jarak 5 meter, giring bola di antara cones dengan berliku, pertama menggunakan bagian dalam kaki hingga selesai melewati ujung cones yang sudah dijajarkan, kemudian ganti menggunakan kaki bagian luar.

Latihan tersebut dapat melatih insting kita dalam mengendalikan si kulit bundar ini dan juga dapat melatih Ball feelings kita. Apa itu ball feelings? Ball feelings adalah sebuah teknik dimana kita sudah dapat merasakan bola tersebut dan akan selalu lengket dengan bola tersebut. Seperti kata Captain Tsubasa saja di Anime Jepang yang mengatakan “Bola Adalah Teman”.

Jadi mungkin Karena bola sudah menjadi teman sehingga Cristiano Ronaldo menjadi sangat lengket dengan bola dan sangat susah sekali bola tersebut untuk lepas bola jika sudah di telapak kakinya.

4.Heading dengan Lompatan yang tinggi

Pada laga musim lalu CR7 menghebohkan dunia ketika dia membuat goal sundulan terindah sekaligus membuat orang kaget karena lompatannya yang tinggi setinggi langit ketika melawan Sampdoria. Lompatan CR7 tersebut telah mencapai jarak 2,56 meter. Tentunya semua orang bertanya gimana ini caranya agar heading bisa setinggi itu, lumayankan kalau lagi bermain long ball bisa menciptakan goal dengan lompatan yang tinggi.

Sebenernya caranya itu simple yaitu berlatih dan berlatih. CR7 sering melakukan latihan seperti melompat-lompat hingga titik yang paling tertinggi dan juga dia selalu melakukan olahraga yang dapat membuat badannya sangat lentur seperti melakukan : Squat jump,Jump Lunges,Berenang dan meloncat-loncat sambil menyundul bola yang sedang berada diatas langit.

5.Gocekan-Gocekan Yang Bervariasi

Kalau membahas gocekan pemain asal Portugal ini adalah rajanya. Apa aja nih gocekan-gocekan yang selalu dia lakukan ketika bertanding sampai membuat lawan kewalahan ketika berhadapan dengan, Oke berikut gocekan yang selalu dipakai Cristiano Ronaldo ketika sedang bertanding sepak bola :

-Nutmeg : Bola melewati selangkangan lawan

-Rabona : menendang bola dengan menyilangkan kaki

-Flip-Flap : menyentuh bola dengan menggunakan kaki bagian luar, lalu menarik bola kembali ke depan.

 

Teknik gocekan tersebut adalah senjata mematikan cristiano ronaldo ketika sedang bermain bola. Yang bertujuan untuk melewati pemain demi pemain dan menusuk ke arah gawang serta memberikan shoot sekencang-kencangnya kedepan untuk memberikan sebuah goal.

Bagaimana agar gocekan-gocekan tersebut dapat dikuasai? jawabanya tetap sama seperti yang tadi, yaitu Berlatih sesering mungkin. Seperti melakukan gerakan-gerakan tersebut ketika sedang bermain sepak bola bersama teman dan ingat selalu bersikeras agar lawan didepan dapat di lewati dengan gocekan tersebut.

 

 

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com