Peluang Usaha Budidaya Tanaman dan Perkebunan Yang Menjanjikan

Fitri Tamara 0

Peluang Usaha Budidaya Tanaman dan Perkebunan Yang Menjanjikan – Mencoba berbisnis di sektor pertanian juga merupakan ide menarik untuk dicoba. Sektor pertanian dan agrobisnis merupakan ceruk pasar yang menggiurkan. Terlebih lahan dan sumber air di Indonesia masih sangat memadai. Bahkan untuk menjalankan usaha tanaman dan perkebunan saat ini juga tidak memerlukan lahan luas. Dengan teknik tertentu seperti hidroponik, tumpang sari, dsb, anda bisa tetap berkebun meski kondisi lahan luasnya sangat terbatas. Permintaan pasar pun terbilang stabil.

Secara garis besar, usaha tanaman dan perkebunan ini dibedakan menjadi dua macam. Yaitu usaha tanaman pangan dan non pangan. Bagi anda yang senang dengan dunia pertanian dan memiliki kondisi lahan yang memungkinkan, jangan ragu untuk mencoba bisnis di bidang satu ini. Pemasaran yang tepat dan teknik pengelolaan yang baik akan membuat usaha anda mudah berkembang. Berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai peluang usaha budidaya tanaman dan perkebunan.

Berbagai Peluang Usaha Budidaya Tanaman dan Perkebunan

  1. Budidaya tanaman hias
kompas.com

Tanaman hias memiliki banyak jenis yang menarik. Biasanya pecinta tanaman hias tidak akan memperhitungkan harga sebuah tanaman karena sudah termasuk ke dalam hobi mereka. Bahkan untuk kisaran harga jutaan rupiah pun asalkan sedang trend, banyak peminat yang menginginkan tanaman hias tersebut. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun bisnis tanaman hias. Budidayakan tanaman hias dan ikutilah trend yang sedang berjalan saat ini.

  1. Budidaya cabai

Cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dicari saat ini. Hampir semua jenis masakan Indonesia menggunakan cabai dan juga hampir semua orang Indonesia menyukai makanan pedas. Oleh sebab itu budidaya cabai sangat rekomended untuk dicoba. Selain prospektif dan harganya cukup baik, cabai juga bisa ditanam di lahan sempit serta modal awal untuk menanam tidak terlalu besar.

  1. Budidaya tanaman sayuran organik

Tanaman pangan seperti sayuran juga masih sangat menjanjikan. terlebih sayuran yang ditanam dengan sistem organik. Jenis sayuran tersebut memiliki teknik tanam tanpa menggunakan pestisida dan pupuk buatan. Hal ini menjadikannya lebih unggul dan harga jualnya lebih tinggi. Selain itu trend hidup sehat juga semakin berkembang sehingga sayuran organik kian diminati. Anda bisa mengembangkan tanaman sayuran di lahan sempit bahkan dengan sistem hidroponik.

  1. Budidaya tanaman souvernir

Tanaman souvernir umumnya memiliki bentuk yang kecil. Seperti misalnya kaktus, tanaman bunga dengan ukuran kecil, dsb. Biasanya jenis tanaman ini digunakan sebagai oleh-oleh di acara tertentu. Anda bisa mengembangkannya dan menjualnya secara partai besar. Keunggulan budidaya jenis tanaman ini selain dari segi perawatan yang mudah, keuntungannya pun lebih besar karena pembelian dilakukan dalam jumlah banyak.

Itu dia berbagai jenis peluang usaha tanaman dan perkebunan paling menjanjikan yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com