Peluang Bisnis dengan Prospek Menjanjikan, Bisnis Importir

Fitri Tamara 0

Peluang Bisnis dengan Prospek Menjanjikan, Bisnis Importir – Dengan prospek yang menjanjikan, bisnis importir dikenla banyak orang. Orang yang mengerjakan pekerjaan berbisnis importir kerap meraup keuntungan yang fantastis. Tetapi, effort yang besar juga sangat diperlukan apabila ingin menjadi pebisnis impor. Keuntungan dari sebuah bisnis merupakan bonus dari lelahnya pekerjaan Anda.

Bisnis importir merupakan sebuah kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri, barang yang masuk ke dalam negeri meliputi bahan makanan mentah, alat elektronik, alat transportasi hingga pakaian. Bisnis importir sendiri adalah kegiatan bisnis yang memasok barang dari luar negeri agar dapat dijual kembali di dalam negeri dan mendapat untung yang besar.

1. Manfaat dan kerugian dari bisnis importir

Manfaat dari bisnis importir ialah pemenuhan barang, yaitu apabila di dalam negeri tidak dapat memasok kebutuhan masyarakat maka impor mengimpor akan sangat dibutuhkan. Produk di dalam pasar pun dapat beragam, karena barang impor mempunyai banyak pilihan.

Sedangkan kerugian dari bisnis importir adalah persaingan antara pelaku bisnis lokal dengan pebisnis produk luar negeri. Ini dapat mematikan aktivitas pebisnis lokal, perlu Anda ketahui bahwa pemerintah memiliki aturan resmi terkait impor mengimpor barang seprrti perizinan dan jumlah barang impor.

2. Berbisnis importir dari Cina

Penggemar barang made in China ini berdampak pada para pengusaha importir yang mengambil barang dari Cina untuk dijual kembali di dalam negeri dan merupakan sebuah bisnis terbuka. Barang dari Cina juga mempunyai ragam jumlah di Indonesia, digemari karena memiliki harga miring dan beragam.

 

sunchila.com

Apa saja hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengimpor barang?

1. Mencari banyak informasi tentang produk dan cara mendapatkan barang.
Anda harus menargetkan barang pokok yang memiliki peminat kebutuhan yang banyak, sehingga memiliki minat tinggi di kalangan masyarakat. Seperti barang elektronik, sepatu, tas, pakaian hingga tas import bergaya kekinian. Cara mendapatkan barang tersebut adalah Anda harus memasoknya dari produsen. Pastikan perizinannya dan pastikan kelegalan barang tersebut. Apabila produk yang Anda pesan telah sah perizinannya tentu akan masuk lebih mudah.

2. Cara pengiriman dan jasa door to door shiping
Dalam perjalanan pengiriman, tentu akan sangat rumit dalam transaksi jual beli impor. Mengapa begitu? Karena banyak yang perlu diurus seperti masalah izin ke pelabuhan hingga broker di lapangan. Anda dapat mengecek pengiriman cargo secara online, tetapi terkadang pengiriman cargo barang ini sering terlambat karena sering tertahan. Hal ini biasa di dunia impor barang.

Jasa door to door shiping adalah pemberian jasa yang memberi pelayanan berupa mengirimkan barang dari luar negeri langsung ke alamat penerima barang. Layanan ini memudahkan pebisnis importir karena dengan menggunakan jasa ini maka urusan pengiriman beres.

3. Pajak dan Marketing
Barang yang Anda bawa dari luar negeri dan dijual di dalam negeri tentu akan dikenakan pajak masuk. Barang Anda harus jelas jenis produk, deskripsi produk, berat, jumlah, harga dan tanggal pengiriman pada proses pengecekan barang oleh bea cukai.

Sedangkan dalam pemasaran Anda harus memperhatikan sasaran barang, market barang, minat masyarakat hingga promosi yang harus dipikirkan. Penjualan barang impor dalam dilakukan oleh Anda sendiri atau dengan distributor.

Menjadi importir haruslah memiliki izin yang resmi. Anda dapat mengurusnya ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan Nomor Indentitas Kepabaeanan. Lalu mengurus tanda pengenal importir agar dapat izin resmi berupa Angka Pengenal Importir.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com