Macam – Macam Jenis Kayu Olahan Untuk Berbagai Keperluan

Fitri Tamara 0

Macam – Macam Jenis Kayu Olahan

Pemilihan jenis kayu yang akan digunakan sebagai material interior rumah pasti sangat membingungkan, karena banyak sekali jenis material yang dapat digunakan. Pemilihan jenis kayu ini juga merupakan hal yang krusial karena kenyamanan yang dihasilkan menjadi hal yang diutamakan.

Pilihan kayu yang banyak digunakan untuk dijadikan bahan interior adalah kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid memiliki kualitas yang tinggi, begitu juga dengan harga yang di tawarkan. Oleh karena itu banyak orang beralih menggunakan kayu olahan sebagai jalan keluarnya.

Kayu olahan merupakan salah satu jenis kayu yang dibentuk dari beberapa bahan campuran dan serbuk kayu yang dicampurkan kedalamnya. Jenis kayu olahan pun juga cukup beragam, antara lain yaitu Plywood, Mdf, Particle board, Block board, dan Fiber board. Berikut ini adalah beberapa macam – macam jenis kayu olahan yang pelu Anda ketahui, antara lain :

bisnis.com

Apa Saja Macam – macam Kayu Olahan ?

 

Macam-Macam Jenis Kayu Olahan

  1. Kayu Plywood

Kayu Plywood merupakan salah satu jenis kayu olahan yang sering digunakan untuk dekorasi rumah. Kayu ini terbuat dari lembaran kayu yang digabungkan dengan cara direkatkan dengan tekanan tinggi dan perekat khusus anti lembab.

Lembaran kayu yang direkatkan disusun secara menyilang agar menghasilkan lapisan kayu yang lebih kuat. Ketebalan yang dihasilkan pun beragam, mulai dari 3 mm, 4 mm, 9mm, hingga 18 mm yang paling tebal. Lalu untuk luasnya memiliki standar 244 x 122 cm.

Kayu yang serupa dengan Plywood ini adalah Triplex dan Multiplex yang mana Anda pasti juga sudah tahu mengenai kayu jenis ini. Triplex adalah kayu yang disusun dengan tiga lapisan, sedangkan jika disusun dengan lebih banyak lapisan disebut Multiplex.

  1. Kayu Mdf

Medium Density Fiberboard atau biasa disebut kayu MDF merupakan kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu halus yang dicampurkan dengan resin yang direkatkan. Lalu olahan kayu itu dipadatkan menggunakan mesin dengan tekanan dan suhu tinggi agar membentuk kayu yang serupa dengan kayu solid.

Mdf termasuk kayu olahan yang ramah lingkungan, bisa disebut ramah lingkungan karena kayu Mdf terbuat dari sisa-sisa kayu perkebunan, terkadang juga bambu.

  1. Particle Board

Mirip dengan Mdf yang terbuat dari sisa-sisa serbuk gergaji atau potongan kayu, Particle Board menjadi kayu yang digunakan sebagai bahan utama dalam dekorasi rumah. Sama seperti Mdf, pembuatan particle board juga dengan cara dicampur dengan resin lalu dipadatkan dengan cara direkatkan dengan mesin yang menekan dengan tekanan tinggi.

Dibandingkan dengan Mdf, particle board memiliki tekstur yang lebih kasar. Particle boaard juga paling rentan dengan air jika dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya.

  1. Block board

Pembuatan kayu block board melalui proses yang cukup lama. Hal tersebut disebabkan proses pemadatan yang dilakukan oleh mesin yang kemudian dilapisi kembali dengan venner lapis kayu pada kedua sisi sehingga menjadi lembaran – lembaran kayu layaknya papan.

Ketebalan yang tersedia juga cukup beragam, mulai dari 12 mm, 15 mm, hingga 18 mm dan dengan standar luas yang tidak jauh berbeda dengan kayu lapis. Kekurangan kayu jenis ini adalah tidak sekuat kayu lapis dan tidak begitu tahan terhadap air, berbeda dengan kayu lapis. Hal tersebut dikarenakan block board yang terbuat dari kayu lunak. Oleh karena itu juga, kayu block board dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com