Macam-macam Batik yang Memiliki Motif Populer

Fitri Tamara 0

Macam-macam Batik yang Memiliki Motif Populer

Macam – macam Batik pastinya memiliki berbagai motif populer yang beragam pula. Di negara kita di Indonesia, batik pastinya memiliki ciri khas motif batik. Dimulai dari motif khas hingga kita dapat mengenali dari mana batik tersebut berasal.

Batik sendiri adalah karya anak bangsa yang harus kita lestarikan, produk ini selain terkenal di berbagai penjuru Indonesia juga terkenal di penjuru dunia. Di bawah ini dapat Anda simak mengenai beragam macam batik yang memiliki motif popular, antara lain :

Apa saja macam – macam batik yang memiliki motif populer ?

 

  1. Motif Batik Tujuh Rupa
pikiran-rakyat.com

Salah satu dari macam – macam batik yang mempunyai motif populer adalah motif batik tujuh rupa. Motif yang satu ini amat kental dengan nuansa alam yang ditampilkannya. Karena pada umumnya batik dengan motif tujuh rupa ini memberi tampilan bentuk motif bergambar hewan atau tumbuhan. Motif yang unik ini diambil dari campuran kebudayaan lokal dan etnis Cina serta akulturasi budaya.

  1. Motif Batik Sogan

Motif batik yang satu ini telah hadir sejak zaman nenek moyang orang Jawa, itu terjadi berkisar antara beberapa abad yang lalu. Dominasi warna cokelat muda yang memiliki motif khas seperti aksesn titik, lengkungan garis atau bunga.

Salah satu batik yang dipakai oleh para raja di Jawa namun kini telah bebas digunakan oleh siapa saja adalah motif batik populer yaitu motif batik sogan.

  1. Motif Batik Gentongan

Berbeda dari macam – macam batik lainnya, yang mana motif batik gentongan ini merupakan motif batik model abstrak yang sederhana, baik tanaman atau kombinasi dari keduanya. Batik gentongan itu sendiri memiliki warna terang seperti kuning, hijau, ungu atau merah.

Batik ini terbilang unik karena dapat diambil sendiri dari gentong yakni gerabah yang digunakan sebagai tempat untuk mencelupkan kain batik gentongan pada warna.

  1. Motif Batik Mega Mendung

Motif batik Mega mendung adalah satu di antara macam – macam batik yang amat sederhana, namun batik yang satu ini  juga dapat memberi kesan mewah kepada pemakainya. Batik dengan motif Mega mendung ini amat cocok dipakai oleh orang tua atau anak muda, baik pemakainya berjenis kelamin perempuan atau laki – laki. Hal yang membuatnya cocok adalah motif mendung di langit yang Mega berwarna cerah.

  1. Motif Batik Kraton

Batik dengan motif keraton berasal dari kebudayaan Jawa yang amat kental dengan sistem keraton. Motif keraton di sini melambangkan kearifan, kebijaksanaan, dan kharisma raja Jawa. Pada zaman dahulu batik ini hanya diperbolehkan untuk digunakan oleh warga keraton. Setiap batik pasti memiliki ciri tertentu, ciri dari motif batik keraton yaitu bunga simetris atau motif dari satwa liar.

  1. Motif Batik Simbut

Motif batik yang menyerupai daun talas dan merupakan batik dengan motif sederhana adalah motif batik simbut. Motif ini mendapat ide dari suku pedalaman di Sunda yang kental dengan peradaban lama.

Setelah sekian lama penduduk di sana menerima kemodernan dengan cara mengembangkan batik simbut di daerah pesisir. Batik ini dikenal baik dan cocok dipakai untuk segala jenis usia.

  1. Motif Parang

Contohnya adalah macam – macam batik dengan motif parang yang telah tersebar di pulau Jawa. Yang membedakan dari batik lainnya adalah aksen dari batik motif parang tersebut.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com