Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Fitri Tamara 0

Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa – Apakah anda seorang mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang? Paling tidak anda memanfaatkan waktu luang dengan mencoba pekerjaan yang mampu mendapatkan pundi-pundi rupiah. Mungkin bagi para mahasiswa yang cerdik tak ingin waktu luang hanya terbuang sia-sia. Mereka akan mencari berbagai cara untuk mendapatkan uang demi menghidupi biaya semakin mahal di perantauan.

Sekarang ini banyak ditemukan jenis pekerjaan sampingan yang dapat dijalankan sambil kuliah.  Namun biasanya pekerjaan sampingan tersebut kebanyakan bersifat sesuai dengan keahlian. Cobalah anda mencari dengan sesuai keahlian anda, misal jika anda ahli mengotak-atik computer maka tak ada salahnya menjual jasa resparasi computer. Nah, inilah jenis pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa.

idntimes.com

Peluang Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1.Pemandu Wisata

Mungkin anda yang berasal dari perguruan tinggi pariwisata,maka pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata di travel agent  dapat dijadikan peluang bisnis. Apalagi jika Anda menyukai dunia travelling dan memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata. Maka tidak ada salahnya anda mencoba menjadi pemandu wisata di saat tidak sedang kuliah. Cobalah ambil waktu di akhir pekan, agar lebih mudah dan fleksibel serta terbilang bebas dan juga tidak akan menggangu jadwal perkuliahan.

  1. Guru Les Privat

Anda yang memiliki kemampuan lebih dalam mengajar, maka bisa mencoba menjadi guru les privat. Jika perlu anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni. Cobalah untuk melamar kerja di tempat kursus bahasa asing. Pasalnya kebanyakan orangtua  rela mengeluarkan uang banyak demi anak-anak untuk mendapatkan bimbingan tambahan di luar sekolah. Hal semacam ini akan bisa menjadi ladang usaha sebagai  pencari untuk mendapatkan penghasilan/

  1. Penulis

Jika anda merasa memiliki bakat dalam menulis, maka jangan sampai anda  menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Pasalnya jika anda memang merasa dapat mengekspresikan apa yang diketahui melalui penyusunan kata-kata,  cobalah untuk menjadi seorang penulis lepas dengan bayaran tertentu. Anda dapat memulai untuk mengirimkan artikel ke beberapa blog.

  1. Reporter atau Kontributor

Apakah anda kuliah di  bidang jurnalistik, paling tidak anda akan memiliki minat di dunia jurnalistik, bagi anda mahasiawa akan dirasa cocok jika menjadi seorang jurnalis, karena tidak harus bekerja full time dan tetap berada di satu kantor. Namun sebetulnya, para jurnalis sekarang mampu memberikan kontribusi untuk memberitakan berita pula. Anda dapat memnfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai jurnalis.

  1. Proofreader

Satu lagi pekerjaan mahasiswa yang layak dilakukan adalah proofreader untuk mendapatkan uang. Editing atau proofreading sebuah karya tulisan yang menarik. Banyak media dan juga para penerbit yang membutuhkan part time dan freelance untuk dipekerjakan sebagai proofreader. Adapun tugas mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, mencari pekerjaan penulisan. Biasanya  sesuai EYD, dan lainnya sehingga membutuhkan ketelitian dan kejelian yang tinggi.

Itulah Jenis Kerjaan Frelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda semua, terutama bagi kalangan mahasiswa atau para pelajar. Sekian dan terima kasih

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com