Jenis Karton yang Kuat untuk Bisnis Packaging Kardus

Fitri Tamara 0

Jenis Karton yang Kuat untuk Bisnis Packaging Kardus – Kotak Karton Gelombang (KKG) atau juga dikenal sebagai kotak bergelombang adalah kotak kardus yang sering digunakan untuk kemasan. Ini karena karton bergelombang memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap tekanan, dampak atau risiko apa pun yang dapat merusak barang yang dikemas di dalamnya.

Ada berbagai Jenis Karton bergelombang, tergantung ketebalannya. Ketebalan ini dapat dilihat dari kertas kraft liner dan kertas medium yang digunakan sebagai lapisan gelombang. Ada jenis karton gelombang tipis dan ada juga jenis karton tebal yang sangat kuat. Dan ada lapisan bergelombang yang memisahkan kotak karton dari kotak karton lain. Contohnya seperti kotak papan solid dan sebagainya.

Kotak karton gelombang ini adalah jenis karton atau kotak yang paling banyak digunakan saat ini. Ini baik untuk pengemasan sebelum dikirim juga ke paket makanan. Karton ini juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti kertas duplex yang dapat dicetak dalam warna penuh sehingga lebih menarik.

Berbagai jenis kardus yang kuat

Suling adalah struktur bahan kardus yang memiliki bentuk bergelombang dan biasanya terdiri dari beberapa jenis. Jika Anda saat ini mencari jenis karton yang kuat dan tahan lama, maka Anda dapat melihat beberapa keuntungan dari kotak bergelombang berdasarkan flute/gelombang seperti berikut:

  1. A Flute

Memiliki ketinggian gelombang 4,0 hingga 4,8 mm memiliki kualitas tekanan yang kuat dan lebih banyak bantal untuk perlindungan. Kotak ini dengan flute juga memiliki kekuatan susun yang sangat baik. Flute Cardboard biasanya digunakan untuk mengemas barang-barang yang mudah pecah atau digunakan untuk kekuatan struktural.

  1. B flute

Selain flute, flute kardus tipe B yang kuat juga bisa menjadi pilihan. Flute B memiliki tinggi gelombang 2,1 hingga 3,0 mm dan lebih tinggi dari tinggi. Permukaan pencetakannya sendiri juga sangat bagus sehingga tidak mudah untuk ditembus. Karton dengan gelombang flute B biasanya digunakan sebagai bantalan untuk kemasan atau dengan kata lain digunakan sebagai partisi.

Adakah Jenis Karton Lainnya yang Bisa untuk Bisnis Packaging Kardus Ini?

  1. C flute

Flute C juga memiliki ketahanan yang baik terhadap keretakan, serta permukaan cetak dan ketahanan terhadap tekanan. Kardus yang terbuat dari flute C memiliki gelombang tinggi 3,5 hingga 4 mm yang memang jauh lebih tinggi daripada flute B. Flute ini sering digunakan di dunia dalam kotak pengiriman. Misalnya, mengemas barang-barang seperti furnitur, gelas, makanan, dan sebagainya. Selain itu digunakan untuk kekuatan struktural.

  1. E flute

Meskipun flute E hanya memiliki tinggi gelombang hingga 1 mm, ia masih termasuk jenis karton yang kuat. Sekali lagi E flute memiliki ketahanan retak yang baik plus permukaan cetak yang baik. Karena ukuran ketebalannya relatif tipis, maka dapat mengurangi ruang penyimpanan. Kemasan kardus ini biasanya digunakan untuk mengemas keramik, kosmetik, gelas dan pizza.

  1. F flute

Flute F adalah jenis karton bergelombang tertipis di antara jenis flute lainnya. Memiliki konstruksi yang cukup tipis dan digunakan untuk karton dengan serat tipis dan kaku. Permukaan cetak dan hambatan yang dibutuhkan masih bagus. Kemasan ini digunakan untuk mengemas kosmetik, sepatu, perhiasan dan perangkat lunak di Indonesia sendiri. Kemasan dengan kardus jenis ini masih hilang.

Itulah beberapa jenis kardus yang kuat berdasarkan flute. Flute yang lebih besar juga akan memiliki lebih banyak resistansi daripada tekanan. Flute yang lebih tipis atau kecil tidak cukup kuat, tetapi lebih mudah dilipat, lipat, dan tidak mudah dipegang.

Baca juga tentang : Cara Pasang Iklan Gratis untuk Bisnis Online Anda!

Lalu jenis kardus apa yang paling banyak digunakan di dunia ini? Karton C flute adalah jenis flute yang paling banyak digunakan di sebagian besar negara. Hampir 80 persen dari total kardus kotak di dunia menggunakan flute C. Meski begitu, permukaannya tidak semulus flute E. Untuk flute kardus masih belum di Indonesia.

Agar proses pencetakan menjadi lebih mudah, lembaran karton bergelombang dapat dibuat dengan ketebalan yang berbeda. Kemudian kardus menawarkan penguat tekanan yang juga bervariasi. Karena itu, jika kapan saja Anda ingin memesan atau membeli kardus khusus, Anda dapat memilih kotak kardus bergelombang dengan jenis flute apa yang ingin Anda beli.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com