Inilah Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Memilih Strategi Bisnis

Fitri Tamara 0

Inilah Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Memilih Strategi Bisnis – Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya seorang pelaku bisnis akan menghadapi berbagai masalah dan juga tantangan. Oleh karena hal inilah maka seorang pelaku bisnis harus memiliki mental baja dan motivasi yang kuat agar mereka tidak menyerah di tengah jalan karena tidak kuat menghadapi masalah dan tantangan yang terjadi dalam menjalankan sebuah bisnis, namun ternyata tidak cukup hanya bermental baja dan motivasi saja untuk bisa bertahan di dunia bisnis.

Dunia bisnis yang ada sekarang ini memang memiliki persaingan yang sangat ketat, apalagi pada beberapa jenis bisnis yang strategis sehingga Anda akan memiliki banyak kompetitor dalam bisnis Anda. Untuk bisa tetap bertahan di dalam menjalankan bisnis dan juga memenangkan persaingan dengn kompetitor, tentunya seorang pelaku bisnis harus memiliki sebuah strategi bisnis yang baik. Namun sayangnya ada banyak pelaku bisnis yang salah dalam menyusun strategi bisnisnya, berikut ini akan kami ulas beberapa kesalahan yang sering terjadi.

bisnis.com

Apa Saja Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Memilih Strategi Bisnis?

  1. Kurang Melakukan Riset Pasar

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam memilih strategi bisnis adalah karena kurang melakukan riset terhadap pasar sehingga Anda akan kurang mengetahui mengenai berbagai macam informasi yang terdapat di pasar. Padahal berbagai macam informasi mengenai pasar tersebut akan sangat bermanfaat dalam menyusun strategi jangka pendek dan jangka panjang yang akan Anda buat.

  1. Rasa Optimis Berlebihan

Kesalahan kedua yang juga sering terjadi dalam memilih strategi bisnis yakni karena rasa optimis yang terlalu berlebihan, rasa optimis memang sangat diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis namun jika terlalu berlebihan maka akan membuat Anda terlalu percaya diri dan akan bisa membuat Anda salah dalam mengambil keputusan sehingga Anda harus bisa menyeimbangkan rasa optimis tersebut.

  1. Tidak Berpandangan ke Depan

Kesalahan berikutnya yang juga sering terjadi dalam memilih strategi bisnis yaitu tidak berpandangan ke depan, di dalam menjalankan sebuah bisnis sebaiknya Anda memiliki pandangan ke depan atau pandangan jangka panjang seperti misalnya akan seperti apa bisnis tersebut dalam kurun waktu 5 tahun ke depan sehingga Anda bisa melakukan perencanaan dengan baik dan juga terhindar dari berbagai kesalahan.

 

  1. Tidak Mengetahui Kompetitor

Kesalahan keempat yang juga sering terjadi dalam strategi bisnis adalah karena tidak mengetahui kompetitor yang mana hal ini biasanya disebabkan karena Anda terlalu fokus pada produk yang Anda miliki sehingga Anda tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh competitor. Padahal para kompetitor yang ada di luar sana juga sedang menyusun rencana untuk bisa bersaing dengan Anda.

  1. Kurang Wawasan

Kesalahan kelima yang juga sering terjadi dalam memilih strategi bisnis adalah karena kurangnya wawasan, padahal sebagai seorang pelaku bisnis Anda dituntut untuk memiliki wawasan yang luas sehingga bisa menentukan berbagai keputusan yang memiliki hubungan dengan kelangsungan bisnis yang Anda jalankan, Anda sebaiknya mencari sebanyak mungkin pengetahuan tentang dunia bisnis.

Apabila Anda merasa bisnis yang Anda jalankan tidak berkembang maka mungkin Anda telah melakukan beberapa kesalahan dalam memilih strategi bisnis seperti ulasan di atas. Semoga bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com