Cara Menjadi Distributor Frozen Food yang Sukses

Fitri Tamara 0

Cara Menjadi Distributor Frozen Food yang Sukses – Sejak adanya era pandemi covid-19, frozen food makin diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Bisnis frozen food semakin melingkat pesat oleh karena permintaan yang juga semakin banyak. Makanan ini cukup sederhana, selain itu harganya juga tidak mahal.

Oleh karena itu bisnis frozen food merupakan peluang yang sangat bagus, terlebih di era seperti saat ini. Menjalankan bisnis ini bisa dilakukan secara offline dengan membuka sebuah toko ataupun dengan cara online melalui situs e-commerce dan media sosial.

Berbisnis dibidang frozen food tidak mengharuskan Anda memproduksi makanan itu sendiri. Anda juga bisa menggunakan cara lain yang terbilang cukup mudah, yaitu dengan menjadi distributor bagi produk frozen food. Disini yang perlu Anda lakukan yaitu hanya mencari pemasok untuk produk tersebut.

Bagaimana cara jadi distributor frozen food?

Prinsipnya hampir sama seperti menjadi reseller. Dengan menjadi seorang distributor banyak keuntungan yang didapat, salah satunya yaitu Anda tidak perlu merisaukan hal-hal semacam product development.

Selain itu juga menjadi distributor tidak mengharuskan Anda hanya menjual satu frozen food dari 1 supplier saja, melainkan juga bisa menjual produk frozen food dari pemasok lain.
Untuk menjadi seorang distributor di bidang ini Anda memerlukan modal yang berkisar antara jutaan rupiah saja. Anda perlu mematuhi SOP yang berlaku. Berikut adalah cara untuk menjadi distributor frozen food yang perlu Anda ketahui, diantaranya meliputi :

ptsmi.com

1. Mencari Supplier
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi distributor frozen food yaitu Anda perlu mencari supplier terlebih dahulu. Carilah supplier yang benar – benar amanah dan terpercaya agar kerjasama yang Anda lakukan dengan mereka bisa berjalan dengan lancar dan baik. Hubungi supplier dan pahami sistem kerja samanya.

Usahakan melakukan pertemuan secara langsung dengan pihak supplier, sehingga Anda bisa menanyakan hal-hal yang belum Anda pahami. Seperti misalnya produk knowledge, cara penyimpanan, harga grosir, training, bantuan after sales, pengiriman inventory komisi, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai distributor.
Akan lebih baik lagi jika Anda memilih pihak supplier yang memiliki produk yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

2. Marketing dan distribusi
Proses pemasaran merupakan hal yang amat penting untuk dilakukan oleh seorang distributor. Maksimalkan sistem marketing yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan promo secara offline maupun secara online.

Marketing melalui media online bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan sosial media, membuka lapak di e-commerce menggunakan iklan berbayar di mesin pencarian, menggunakan content marketing, memanfaatkan email marketing, bekerjasama dengan influencer melalui endorsment dan masih banyak lagi cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik minat calon pembeli.

Anda juga perlu mengakselerasi pertumbuhan penjualan dengan cara mendaftar di gobiz ataupun go-food. Sedangkan marketing secara offline bisa Anda lakukan dengan cara promosi langsung pada orang-orang sekitar, seperti teman, tetangga sahabat yang lain-lain.

Anda juga bisa melakukan acara pengenalan produk dengan mengundang public figure ataupun influencer yang bisa menarik banyak pengunjung. Setelah melakukan proses pemasaran ini nantinya Anda perlu juga untuk melakukan proses distribusi. Selain itu, Anda juga bisa menitipkan produk tersebut di supermarket, restoran ataupun minimarket.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang perlu Anda ketahui untuk jadi distributor Frozen Food. Demikian tentang artikel ini semoga bisa berguna dan bermanfaat, Terimakasih.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com