Cara Menggunakan Moneygram, Begini Panduan Ringkasnya

Fitri Tamara 0
moneygram

Cara Menggunakan Moneygram, Begini Panduannya. Kecanggihan teknologi telah membuat dunia yang luas menjadi makin dekat. Tidak hanya dalam berkomunikasi, ingin melakukan transfer uang dari atau ke luar negeri pun bukanlah suatu hal yang sulit. Salah satu penyedia layanan transfer antarnegara yang ada saat ini ialah Moneygram. Melalui jasa yang ditawarkan, kamu bisa mengirim atau menerima uang antarnegara dengan mudah. Cara menggunakan moneygram pun tidak sesulit yang kamu bayangkan.

moneygram
twitter.com

Bagaimana Cara Menggunakan Moneygram?

Perlu diketahui, Moneygram saat ini berpusat di Texas, Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, Moneygram juga sudah ada, lho. Bahkan, diketahui sudah ada sekitar 2500 agen yang tersebar di beberapa pulau di Indonesia pada tahun 2018. Beberapa bank di dalam negeri juga sudah terjalin kerja sama dengan Moneygram, yakni BCA, Bank Mega, Bank Mutiara, dan CIMB Niaga. Cara menggunakan Moneygram yang akan dikupas di sini adalah cara mentransfer dan menerima uang.

 

Panduan Transfer Uang Moneygram

Banyak yang bingung apakah memungkinkan untuk mentransfer uang ke luar negeri atau dari luar negeri ke Indonesia. Kondisi tersebut kerap dirasakan oleh orang yang saudara atau keluarganya baru saja pindah ke luar negeri. Kalau kamu mengalami kebingungan yang sama, jangan khawatir! Ada, kok, cara mentransfer uang dari Indonesia ke negara lain, yakni menggunakan Moneygram.

Langkah pertama cara menggunakan Moneygram untuk transfer ke luar negeri adalah dengan mencari agen Moneygram terdekat. Supaya tidak ribet, cari saja informasi agen paling dekat melalui Google Maps. Kalau kamu sudah berhasil menemukan agen Moneygram, ada beberapa berkas yang wajib kamu siapkan sebelum bertemu dengan si agen. Kamu diharuskan membawa kartu identitas, baik KTP, SIM, atau dokumen lainnya yang bisa menunjukkan identitasmu.

Siapkan berbagai informasi terkait penerima alias orang yang akan kamu transfer tadi. Mulai dari nama lengkap yang disesuaikan dengan kartu identitas, nama bank yang dipakai penerima, beserta nomor rekeningnya. Cantumkan juga alamat lengkap dari si penerima tadi dan pastikan alamat tersebut sudah benar. Jangan lupa menyertakan berapa jumlah uang yang hendak kamu transfer sekaligus siapkan biayanya.

Usai berbagai persiapan di atas terlengkapi, artinya kamu siap bertemu dengan agen Moneygram. Kamu akan diberi formulir pengiriman yang wajib diisi. Setelah mengisi formulir tersebut hingga tuntas, kamu boleh memberikannya kembali ke agen sekaligus sejumlah uang plus biaya transaksinya. Kamu akan mendapat bukti terima dan nomor referensi yang perlu kamu sampaikan kepada orang yang kamu transfer. Kurang lebih begitu cara menggunakan Moneygram untuk mentransfer uang.

 

Panduan Terima Uang Moneygram

Kalau tadi sudah dibahas cara mentransfer, kali ini akan disajikan panduan untuk menerima uang lewat Moneygram. Perlu kamu ketahui, agen Moneygram sekarang mencapai 350 ribu lebih yang tersebar di seluruh dunia. Jadi, kamu tidak perlu bingung bagaimana cara menerima uang via Moneygram. Terlebih menerima uang jauh lebih simple daripada mentransfer uang.

Cara menggunakan Moneygram untuk menerima uang diawali dengan mencari agen Moneygram terdekat. Kamu akan diberi formulir penerimaan uang, termasuk mengisi nomor referensi. Kalau sudah mengisinya, kamu bisa langsung memberikannya ke agen sekaligus kartu identitas dan foto. Setelah itu, kamu sudah bisa menerima uang yang dikirim oleh orang lain kepadamu.

 

Begitulah cara menggunakan Moneygram dalam rangka transfer dan terima uang. Prosesnya cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Yang paling penting adalah proses tersebut harus mematuhi peraturan yang diberlakukan.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com