Cara Cek BI Checking Via Hp dengan Mudah

Fitri Tamara 0

Cara Cek BI Checking Via Hp dengan Mudah – Proses pengajuan kredit tentunya tidak akan pernah jauh dari istilah BI checking.

Karena memang hal tersebut merupakan salah satu penentu kelayakan bagi tiap – tiap calon debitur. Dengan begitu akan diketahui mengenai riwayat kredit apakah cukup bersih atau aman dari segala tunggakan.

Oleh karena itulah di sini ketika Anda hendak mengajukan sebuah pinjaman maka perlu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada BI checking yang Anda miliki agar nantinya proses peminjaman ataupun pengajuan kredit yang berupa KPR, KKB ataupun KTA dapat berjalan dengan lancar.

Proses pengecekan BI checking ini terbilang cukup lama serta hasil akhir yang didapat belum tentu dapat dipastikan lolos.

Sementara untuk mengatasi hal demikian setidaknya di sini Anda perlu mengetahui mengenai cara cek BI checking menggunakan HP Anda secara online.

Mengenai bagaimana caranya akan diulas secara lengkap dalam artikel ini sehingga lebih memudahkan Anda saat ingin melakukan pengecekan. Namun sebelum Anda melakukan cek BI checking secara online.

Terlebih dahulu Anda perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan BI checking secara online agar nantinya bisa lolos pengajuan untuk pengambilan kredit.

monitor.co.id

Bagaimana Cara yang Bisa Dilakukan untuk Cek Bi Checking Via Hp?

Berikut adalah cara bagaimana Anda dapat membersihkan riwayat kredit agar nantinya skor BI checking yang dimiliki layak untuk disetujui dan diterima oleh pihak bank, antara lain :

1. Langkah pertama yaitu Anda akses informasi debitur. Pada tahapan ini Anda perlu mengunjungi kantor OJK untuk mendapatkan informasi debitur.

2. Jika terdapat tunggakan serta skor kredit yang Anda miliki berada di angka 2, maka disini Anda perlu segera melakukan pelunasan tunggakan tersebut.

Sementara jika skor Anda berada di angka 3 ke atas, maka itu artinya Anda perlu melunasi pinjaman yang sebelumnya telah Anda lakukan.

Segala bentuk pelunasan untuk pinjaman di dalam rentang waktu 3 bulan nantinya dengan perlahan akan memperbaiki skor yang akan Anda miliki.

Melakukan pengecekan BI checking menggunakan HP selain lebih mudah namun juga memiliki kelebihan lain, yaitu dapat digunakan tidak sebatas sesama bank saja, melainkan juga pada lembaga keuangan non bank seperti contohnya pengadilan.

Selain itu data yang nantinya akan masuk pada SLIK juga lebih terperinci dan riil dalam mencatat data utilitas. Sedangkan untuk memudahkan hal tersebut, berikut akan diulas mengenai langkah – langkah melakukan cek BI checking secara online melalui SLIK OJK di perangkat HP Anda, antara lain :

1. Langkah pertama yaitu Anda menuju ke web browser yang terdapat di ponsel lalu kunjungi situs resmi OJK.

2. Anda pilih bagian perbankan lalu ke pilihan permintaan idi historis.

3. Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman baru yang berisi mengenai permintaan idi historis.

4. Scroll ke bawah serta temukan pilihan mengisi formulir yang disediakan. Jika Anda sudah melakukannya, maka pilih formulir.

5. Langkah berikutnya yaitu Anda akan menuju ke halaman baru yang di sana berisi mengenai form judul biro informasi kredit.

6. Isilah seluruh form yang telah Anda sediakan menggunakan data yang dimiliki, jika Anda sudah mengisi langsung saja Anda pilih menu kirim form.

7. Tunggulah hingga hasil dikirim ke email Anda.

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat kami jelaskan mengenai cek BI checking via hp. Semoga bermanfaat 

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com