Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya

Fitri Tamara 0

Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya – Distro masih menjadi pertimbangan banyak anak muda untuk berbisnis hingga saat ini, padahal konsep distro sudah lahir dari era 90-an di Bandung. Bisa dibilang, bisnis membuka distro dapat menuangkan kreativitas mereka dalam mendesain pakaian-pakaian untuk dijual. Seperti yang kamu tau, distro-distro lokal sangat merebak di kota-kota besar, terlebih lagi di Kota Bandung dan Jakarta. Bahkan pakaian-pakaian yang dijual memiliki desain yang keren, sehingga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Kalau kamu memiliki ide-ide desain kreatif untuk diaplikasikan pada pakaian, kamu harus mencoba bisnis distro ini, karena kamu bisa menghasilkan uang dari kreativitas kamu. Nah mungkin kamu harus mengetahui beberapa faktor untuk memulai bisnis distro, karena berbisnis juga memerlukan banyak persiapan. Kamu juga perlu mengetahui cara-cara untuk mengembangkan produk kamu, supaya produk kamu selalu disukai dan dibeli oleh orang. Makanya, yuk langsung simak cara bisnis kaos distro dan trik membangun usahanya di bawah ini!

Persiapan Awal Sebelum Memulai Bisnis Kaos Distro

1. Menyusun Rencana Bisnis

Kamu perlu merencanakan dengan matang bisnis yang ingin kamu jalankan. Tentukan dimana kamu akan berjualan. Jika kamu hanya ingin berjualan secara online, maka kamu tidak memerlukan toko untuk berjualan. Namun jika kamu ingin berjualan secara offline juga, kamu harus menentukan lokasi toko yang tepat untuk kamu berjualan. Kemudian tentukan target pasar kamu, apakah kamu ingin menyasar masyarakat menengah ke atas atau menengah ke bawah. Penentuan target pasar akan mempengaruhi harga jual, lokasi, desain yang akan kamu buat.

2. Membuat dan Merancang Keuangannya

Tentukan modal yang ingin kamu keluarkan, karena modal akan menentukan sebesar apa bisnis yang ingin kamu jalankan. Hitung berapa modal awal yang kamu punya dan uang yang perlu kamu keluarkan untuk memulai bisnis. Siapkan dana tak terduga untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran di luar rencana.

3. Cari Pemasok Kaos yang Terbaik Tetapi Murah

Tentu kamu harus menjual kaos dengan kualitas terbaik kepada calon pelanggan kamu, untuk itu kamu perlu mencari pemasok kaos yang terbaik. Namun jangan lupa, biasanya yang terbaik akan memberikan harga yang tinggi. Untuk itu carilah yang memiliki harga cukup terjangkau. Nah di sini, kamu harus menghitungnya sesuai dengan modal usaha kamu. Jika modal kamu tidak terlalu besar, kamu bisa menurunkan sedikit kualitas dari kaos yang kamu jual. Sehingga kamu juga bisa menurunkan harga jualnya. Begitupun sebaliknya.

4. Cari Jasa Sablon yang Bagus

Sudah banyak sekali jasa sablon yang tersebar di berbagai daerah, sehingga kamu tinggal cari jasa sablon yang menurut kamu bagus. Kamu perlu mencoba desain kamu untuk disablon pada jasa sablon yang kamu pilih, supaya kamu bisa mengetahui hasilnya. Usahakan bandingkan lebih dari lima jasa sablon, supaya kamu bisa menemukan yang terbaik.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan Gratis untuk Bisnis Online Anda!

5. Market dan Design Analisis

Buatlah analisis SWOT dari bisnis yang kamu jalankan. SWOT adalah (Strength) Kekuatan, (Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan itu kamu mengetahui masing-masing SWOT yang kamu miliki, sehingga kamu bisa membandingkannya dengan distro-distro kaos kompetitor kamu. Karena akan banyak sekali kompetitor yang siap melawan kamu, sehingga kamu harus siap memperbaiki kekurangan dari bisnis kamu.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com