Apakah Bisnis Dropship Itu Penipuan or Get Rich Quick Scheme?

Fitri Tamara 0

Siapa sih yang tidak ingin kaya cepat, namun get rich quick scheme ini tentu berbeda dengan dimaksud ‘kaya cepat’ secara benar- benar dengan cara positif.

Get rich quick yang dimaksud di sini adalah dengan menghalalkan segala cara dan lebih ke arah negative.

Digabungkan dengan dropship, maka hal ini telah membuat beberapa orang bingung dan bertanya- tanya apakah dropship yang bisa membuat kaya dengan cepat itu termasuk illegal, atau mungkin termasuk ‘get rich quick scheme’ atau skema cepat kaya seperti yang negative tadi kita bahas sekilas?

Atau ada pandangan lain dari ini semua?

Ok, jadi begini. Get rich quick scheme itu bermula dari awalnya money game. Intinya adalah get rich quick scheme ini akan merugikan orang yang belakangan masuk, dan orang yang di awal masuk akan menjadi sangat kaya.

Itu semua biasanya terjadi dalam waktu yang relative singkat, dalam hitungan minggu hingga bulan untuk terjadi. Itu kenapa ini sering kali disebut ‘get rich quick scheme’.

Nah perlu kita tegaskan, dropship bukanlah hal yang seperti itu.

Bisnis dropship bisa dibilang adalah real bisnis, dan bila itu bisa membuat si owner pebisnis dropshipnya kaya maka itu bukan karena ini get rich quick atau menipu orang lain, tapi itu karena si pebisnis dropship tadi menggunakan teknologi internet dengan benar, untuk promosi, marketing, selling, sehingga bisa menghasilkan omset dengan cepat di atas rata- rata pebisnis lainnya yang tidak mengerti cara itu.

Dropship sama seperti banyak bisnis lainnya, ada yang gagal dan ada yang berhasil.

Namun faktor utama yang membuat dropship bisa dipastikan bukan get rick quick scheme adalah karena tidak ada sama sekali faktor business to business (b2b)nya di sana.

Dropship adalah murni dari seller, jualan barang ke buyer, dibantu kirimannya oleh pemilik barang atas nama si seller.

Seller dalam hal ini adalah pemilik bisnis dropship yang tadi.

Jadi dengan model bisnis seperti ini, Anda tidak punya waktu untuk menipu secara business to business karena semuanya dibayar secara cash.

Misalnya, si seller ini akan membayar dulu ke pemilik barang sebelum si pemilik barang akan membantu mengirimkan barangnya kepada buyer tadi, kemudian si buyer akan cek resi sicepat untuk tahu sampai mana pengirimannya, atau bila cara cek resi jnt bila mereka gunakan pengiriman jnt.

Tidak ada sistem sub reseller lagi untuk dropshipper ini, dan tidak ada sistem rekrut apapun di dalamnya. Jadi murni seller ke buyer, tidak kurang dan tidak lebih.

Jadi apakah ini bisa dibilang dropship itu get rich quick scheme? Tentu tidak bisa, dropship adalah bisnis normal yang seperti reseller, dan murni dari seller ke buyer.

Anda tentu ingin sukses di bisnis dropship, caranya adalah tentu dengan promosi dan menemukan produk yang punya margin bagus dan permintaan bagus di pasar. Di luar ini, Anda tidak punya jalan lain untuk menjadi sukses di bisnis dropshipping.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.