Suara Dentuman di Malang masih jadi Fenomena Misteri

Fitri Tamara 0
misteri suara dentuman di malang

Suara dentuman yang belakangan ini terjadi di beberaa daerah di Indonesia sampai sekarang tetap masih menjadi misteri, dari mana suara dentuman tersebut berasal.

Terakhir suara dentuman tersebut terdengar di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Suara dentuman seperti suara ledakan meriam terjadi dini hari tadi, dari pukul 11 malam sampai jam 1. Bahkan ada yang masih mendengar setelah jam-jam tersebut.

misteri suara dentuman di malang
foto: IG @tribunjabar

Pihak terkait seperti BPBD Malang maupun BMKG Pusat sampai sekarang masih belum bisa menjelaskan dari mana fenomerna suara dentuman di Malang tersebut berasal. Mereka hanya bisa menjelaskan bahwa dentuman-dentuman tersebut bukan berasal dari Gunung Semeru, apalagi Gunung Raung, yang belakangan juga mempunyai aktifitas tanda-tanda erupsi.

Seperti yang diketahui sebelumnya, belakangan dalam beberapa minggu ini terjadi fenomena aneh lain dari biasanya, timbul suara dentuman di beberapa daerah. Tercatat ada kejadian tersebut sebelumnya di Bali, Lampung, Cimahi, Banten, sebelum akhirnya terjadi di Malang, Jawa Timur.

Belum ada penjelasan resmi kenapa dentuman di Malang tersebut terjadi

Dengan tidak adanya penjelasan resmi dari pihak terkait khususnya badan Pemerintah, maka fenomena ini masih memjadi teka-teki tidak terpecahkan. Beberapa penjelasan coba dikemukakan, seperti adanya benda meteorit dari luar angkasa yang masuk ke bumi, namun hal tersebut masih saja belum bisa menjelaskan semua kejadian, rentetan peristiwa yang menimpa belakangan.

Hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan sampai sekarang, ada apa di Indonesia belakangan ini, banyak peristiwa maupun bencana terjadi silih berganti. Sebelum ini ada beberapa peristiwa bencana seperti bencana banjir di Kalimantan Selatan, gempa tektonik yang melanda masyarakat Majene, Sulawesi Selatan dan sekitarnya, fenomena angin tornado di Wonogiri Jawa Tengah, longsor di Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya, serta bencana-bencana lain berentetan terjadi.

Kembali ke suara dentuman yang terjadi di kota Malang dan sekirarnya, bahkan terdengar sampai ke Surabaya, hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah, melalui badan terkait untuk menjelaskan peristiwa tersebut. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi, perlu dijelaskan secara gamblang, sehingga kejadian tersebut tidak membuat resah masyarakat di Kota Malang dan sekitarnya.

update: menurut info dari Bpk Daryono BMKG, suara dentuman di Malang sudah diketahui penyebabnya, yaitu karena thunderstorm (badai petir).

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com