Malaysia Lockdown Lagi Darurat Nasional, UU Baru Disahkan

Fitri Tamara 0

Setelah Malaysia menjadi salah satu negara yang dipuji WHO karena berhasil sukses mengatasi covid19, sekarang Malaysia kembali masuk ke pusaran covid dan lagi masuk ke status darurat nasional.

Status darurat nasional ini dikarenakan banyaknya penyebaran kasus covid19 di negeri jiran ini.

Sejak awal penyebaran hingga sekarang, telah tercatat 147,000 warga terinfeksi dan 578 orang kehilangan nyawanya akibat penyakit ini.

Lalu seputar undang- undang baru untuk seputar lockdown, berikut ini adalah penjelasannya.

Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mensahkan aturan ini karena Malaysia sepertinya mencapai batas maximal fasilitas kesehatannya.

“Bahwa dengan alasan adanya keadaan darurat yang mengancam keamanan, kehidupan ekonomi dan ketertiban umum federasi akibat wabah penyakit menular yaitu Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), telah dikeluarkan Deklarasi Darurat oleh Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) berdasarkan Pasal 150 Konstitusi Federal pada 11 Januari 2021,” tertulis di sana demikian.

“Dan meskipun Yang di-Pertuan Agong yakin bahwa tindakan segera diperlukan untuk menjamin dan menjaga keamanan, kehidupan ekonomi dan ketertiban umum, dengan ini diundangkan Ordonansi oleh Yang di-Pertuan Agong … Peraturan ini dapat disebut sebagai Undang-undang Darurat (Kekuatan Penting) 2021 dan dianggap mulai berlaku pada 11 Januari 2021.”

Si PM malaysia meminta raja untuk membuat Malaysia status darurat Nasional ini setidaknya hingga Agustus 2021.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.