Kemarin banjir di Kalsel, kini Banjir bandang di Gunung mas puncak

Fitri Tamara 0

Banjir di kalimantan selatan belum selesai, kini banjir bandang di Gunung mas puncak, yang secara tiba-tiba datang. Banyak sekali musibah yang tak terduga di Indonesia ini, pada tahun 2021. Gunung mas puncak yang berada di bogor mengalami banjir bandang secara tiba-tiba.

Diduga karena adanya tanah longsor sehingga membuat banjir bandang. Longsor yang terletak di hulu sungai salah satu faktor utama penyebab banjir tersebut, kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, pada Selasa pagi tadi (19/1/2021).

Kepala Desa Tugu Selatan M Eko Windiyana mengatakan bahwa sebulan yang lalu sempat terjadi longsor di kawasan Curug Halimun, yang menjadi hulu Sungai Cisampay. Kemungkinan material longsor masih menutupi aliran sungai itu, sehingga pada saat hujan lebat terjadi, air meluap dan menyebabkan banjir bandang.

“Mungkin saja karena terjadi lagi longsor kemudian aliran sungai tersumbat dan saat hujan dari semalam membeludak,” ujar Eko.

Dapat dilihat dari jenis material yang terbawa arus sungai pada saat banjir bandang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Material yang terbawa arus berupa lumpur bercampur batu dan batang pohon.

“Aliran kali ini tidak besar, tapi karena hujan deras yang cukup lama. Kemudian aliran sungai yang tertutup longsoran meluap dan masuk ke rumah-rumah,” kata Deni Hurnaedi, Camat Cisarua.

Kabarnya dalam waktu dekat ini akan meminta ahli geologi untuk meneliti kontur tanah di sekitar lokasi kejadian. Setelah diketahui hasilnya, Pemkab Bogor akan memberi masukan kepada PTPN VIII selaku pengelola Gunung Mas Puncak.

Banyak sekali banjir di bulan ini, mungkin saja karena hujan yang terus menerus melanda Indonesia, sehingga banjir pun terjadi. Semoga saja semua musibah akan terselesaikan dengan baik.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.