Inilah 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Jokowi-Maaruf

Fitri Tamara 0

Presiden Indonesia, Joko widodo, telah mengumumkan bahwa akan ada reshuffle menteri-menteri nantinya. Terbukti hari ini , hal itu benar-benar terjadi reshuffle kabinet indonesia maju. Beberapa nama baru datang dan beberapa nama lama hilang dari kabinet indonesia maju.

“Sore ini saya dan Bapak Wapres ingin mengumumkan anggota baru Kabinet Indonesia Maju,” ujar Jokowi dipantau dari tayangan langsung Kompas TV, Selasa.
Secara berturut-turut, Jokowi lantas mengenalkan keenamnya.
Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang saat kini menjadi tersangka kasus korupsi dana bansos oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Kemudian, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio dan ketiga, Jokowi mengenalkan juga Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan yang baru. Budi akan menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.
Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi. Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama yang baru.

Jokowi juga mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) dan terakhir

M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi akan menggantikan posisi Agus Suparmanto.
Usai mengenalkan keenam menteri barunya, Jokowi juga menginformasikan jadwal pelantikan mereka yang digelar pada Rabu (23/12/2020).
“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi,” tambah Jokowi.

Memang akhir-akhir ini banyak dari menteri-menteri sebelumnya dinilai tidak melakukan tugasnya dengan benar. Apalagi Menteri kesehatan yang dulu, sempat ingin di tanyai seputar penangganan Covid yang dinilai buruk oleh Jurnalis ternama, Najwa shihab. Namun sayangnya tidak mendapat respon apapun dari Terawan agus putranto pada saat itu.
Beberapa menteri sebelumnya juga terjerat kasus korupsi dana bansos seperti Mensos yang dulu, juliari batubara dan juga menteri keluatan perikanan yang dulu, edhy prabowo terkena kasus dugaan suap ekspor benur atau benih lobster.
Banyak yang mengatakan juga bahwa tindakan jokowi adalah salah satu tindakan yang mana membuktikan bahwa ia memberi ruang untuk oposisi. Seperti diangkatnya Sandiaga uno yang baru saja mendapat mandat menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif yang baru, menggantikan Wishnutama Kusubandio.
Dibuktikan juga dengan adanya Prabowo subianto di dalam kabinet indonesia maju, yang menjabat sebagai Menteri pertahanan.
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.