Indonesia Resmi Resesi, Artinya, Dampaknya, & Apa Yang Anda Perlu Lakukan

Fitri Tamara 0

Kuartal 3 Indonesia resmi masuk ke jurang resesi minus -3,49 persen , untuk pertama kalinya sejak krismon 1998 ini terjadi. Pertama kalinya juga kredit bank mengalami pertumbuhan minus sejak 98, yaitu di tahun ini.

Apa sih singkatnya penjelasan sederhana resesi Indonesia?

Singkatnya adalah perlambatan ekonomi, uang berputar di masyarakat melambat.

Dampaknya adalah penghasilan kebanyakan orang jadi tidak sebesar & secepat sebelumnya, dan terburuk bisa mengalami pemecatan PHK di berbagai sektor bisnis, semuanya disebabkan covid19.

Indonesia tidak sendirian masuk ke jurang resesi, total karena pandemi ini ada 40+ dan sepertinya terus bertambah setiap bulannya. Ini terjadi karena globalisasi satu negara bergantung kepada negara lain dalam ekonomi.

Yang Anda perlu lakukan tentu saving/ tabungan Anda perlu diperbanyak, kurangi konsumtif danp erbanyak pengeluaran produktif atau yang menghasilkan income untuk Anda.

Mulai kreatif cari sumber income tambahan bisa jadi bisnis online, trading, atau jualan online, dll. Banyak sekali yang bisa dilakukan sekarang ini, intinya yang perlu Anda lakukan adalah jangan berdiam diri tapi lakukan sesuatu yang produktif/ menghasilkan.

Bila belum punya skill yang cukup untuk usaha mandiri, bergabung di bisnis seperti bisnis online yang terbukti caranya akan membantu Anda di awal untuk lebih cepat sukses, seperti www.joinstartup.digital (klik untuk cek detailnya).

Bila terus menerus terjadi dalam 3 tahun lamanya yang mana adalah resesi parah, maka itu disebut depresi ekonomi. Di Amerika ada pernah terjadi kemerosotan ekonomi luar biasa disebut Great Depression (berlangsung 5 tahun), dan ini bisa menjadi cermin sejarah supaya tidak terulang.

Atau bila terulang, kita ambil pelajaran bagaimana memposisikan diri kita sebaik mungkin untuk selamat & bahkan sukses di masa krisis dan menjadi lebih maju setelah krisis berakhir.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.