Bangkitnya Pam Swakarsa Menandakan Indonesia Akan Resesi

 

Baru-baru ada sebuah kabar yang mana akan membangkitkan kembali Pam Swakarsa dan ini mungkin bisa saja menjadi sebuah tanda bahwa indonesia akan kembali menghadapi krisis seperti di tahun 1998. Banyak juga yang menyebut bahwa resesi adalah bahasa halus dari Krisis tahun 1998.

Untuk itu mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Pam Swakarsa dan kaitannya dengan pertanda Indonesia akan resesi atau krisis seperti tahun 1998.

Berikut penjelasan mengenai Pam Swakarsa.

Pam Swakarsa atau Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa adalah sebutan untuk kelompok sipil bersenjata tajam yang dibentuk oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia) untuk membendung aksi mahasiswa sekaligus mendukung Sidang Istimewa MPR (SI MPR) tahun 1998, yang berakhir dengan Tragedi Semanggi.

Pam Swakarsa tak hanya mengamankan Gedung DPR/MPR di Senayan, tetapi juga dikirimkan dengan truk-truk ke lokasi yang berpotensial menjadi daerah demonstrasi dan orasi mahasiswa pada saat itu, seperti Tugu Proklamasi atau Taman Ismail Marzuki.

Haris azhar pun seorang aktivis HAM mengatakan ini berpotensi menimbulkan  Abuse of power (penyalahgunaan wewenang) dan dapat membuat masyarakat tidak senang.

Resesi terjadi ketika ekonomi suatu negara mengalami produk domestik bruto (PDB) negatif, meningkatnya tingkat pengangguran, penurunan penjualan ritel, dan kontraksi ukuran pendapatan dan manufaktur dalam periode waktu yang panjang.

Indonesia untuk mengalami resesi semakin memungkinkan terbukti dengan banyaknya karyawan yang di PHK (pemberhentian hak kerja) dan jumlah pengganguran yang tinggi di tahun 2020, terlebih ada pandemi yang mana membatasi seluruh kegiatan perekonomian di indonesia.

Secara teknis, resesi itu sendiri artinya situasi dimana perekonomian mengalami pertumbuhan negatif selama lebih dari tiga bulan atau dua kuartal berturut-turut.

Indonesia sendiri pernah mengalami resesi ekonomi di tahun 1998 ( resesi ekonomi Indonesia) dan disana di tahun tersebut ada Pam Swakarsa yang mengamankan kondisi Indonesia saat itu. Ini menandakan akan ada krisis kembali seperti 22 tahun yang lalu dengan bangkitnya Pam Swakarsa.

Belum lagi kita lihat banyak perusahaan yang bangkrut akibat pandemi ini yang mana itu semua dapat merugikan negara dan bisa sangat memungkinkan untuk Indonesia mengalami resesi.

Maka disini munculah polemik yang bisa dikaitkan Pam Swakarsa yang akan segera bangkit kembali dengan Pam Swakarsa yang ada di tahun 1998. Seperti akan ada kemiripan dengan kasus di tahun 98 dulu, Disini munculah ke khawatiran jika kejadian di tahun 1998 ini bisa saja kembali terulang dengan adanya kekerasan,penjarahan,kerusuhan dan lainnya.

Sampai saat ini semua belum ada yang tau apa maksud dan tujuan dari membangkitkan kembali Pam Swakarsa, apakah tujuannya ingin bersiap-bersiap menghadapi resesi atau krisis yang seperti 1998 atau mungkin ada hal yang lain? semua masih menjadi pertanyaan.

Semoga saja krisis 98 akan menjadi krisis yang terakhir di Indonesia dan semoga Indonesia akan terhindar dari yang namanya resesi sehingga masyarakat tetap hidup sejahtera.

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.