Cara Unzip File di HP Android Termudah

Fitri Tamara 0

Cara Unzip File di HP Android Termudah. Pernahkah kamu mengunduh berkas dengan format ZIP, RAR, atau sejenisnya? Ketika mengunduhnya lewat laptop/PC, mungkin kamu tidak akan bingung mengekstrak berkas tersebut. Hal itu dikarenakan laptop umumnya dilengkapi dengan WinRAR untuk menuntaskan pekerjaan yang bersinggungan dengan format-format seperti itu. Halnya berbeda ketika mengunduhnya lewat HP karena harus memindahkannya ke laptop terlebih dahulu baru diekstrak. Padahal, ada lho cara unzip file di HP tanpa harus memindahkannya ke laptop/PC.

Cara Unzip File di HP Tanpa Aplikasi

Sebenarnya sekarang sudah banyak ponsel pintar yang diberi kemampuan untuk mengekstrak berkas ZIP maupun RAR. Bahkan, pekerjaan seperti itu dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik sampai menit saja bergantung ukuran berkas. Caranya tanpa aplikasi itu gampang banget, lho. Setelah kamu mengunduh sebuah file, kamu bisa langsung pergi ke “Pengelola Berkas”. Bila file tersebut sudah ketemu, kamu cukup menekannya beberapa saat.

Nanti akan dimunculkan opsi tiga titik atau “Lainnya”. Nah, kamu bisa langsung mengetuk pilihan “Ekstrak File”. Kamu akan diminta untuk mengganti nama dan memilih di mana kamu menginginkan hasil ekstraknya disimpan. Kalau sudah menyetujuinya dengan mengetuk “OK”, kamu hanya perlu menunggu prosesnya hingga selesai.

gadgettren.com

Cara Kedua: Aplikasi RAR for Android

Buat kamu yang HP-nya belum mendukung atau memiliki kemampuan seperti cara pertama, kamu tidak perlu berkecil hati. Masih ada cara unzip file di HP, yakni dengan bantuan aplikasi lain. Aplikasi yang dimaksud ialah RAR for Android yang telah dipercaya oleh seratus jutaan orang. Untuk mengunduhnya, seperti biasa kamu bisa langsung mengunjungi Play Store. HP kesayanganmu tidak akan terbebani dengan aplikasi ini, kok. Pasalnya, aplikasinya berukuran hanya 4,5 MB.

Jika sudah kamu instal, mari melanjutkan ke cara unzip file di HP yang diinginkan. Mulailah dengan membuka RAR for Android, lalu mencari berkas yang akan di-unzip. Pada bagian atas, kamu akan menemukan ikon dua batang dengan panah ke atas, langsung ketuk ikonnya. Sekarang kamu harus menentukan tempat guna menyimpan hasil unzip-nya. Kalau sudah menentukannya, kamu bisa mengetuk “OK” dan hanya dalam hitungan detik sampai menit, berkasmu sukses di-unzip.

Cara Ketiga: ES File Explorer File Manager

Selain aplikasi RAR for Android, masih ada lagi alternatif aplikasi yang dapat kamu pergunakan untuk mengekstrak berkas yang ekstensinya ZIP, RAR, dan sejenisnya. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, ES File Explorer ini lebih serba guna karena tidak cuma dapat dipergunakan sebagai pengekstrak file. Namun, aplikasi ini dapat dipergunakan untuk berbagai hal, terutama mengelola file. Tak mengherankan bahwa ES File ukurannya sedikit lebih besar, yakni 16 MB. Kamu dapat mengunduhnya lewat Play Store dan segera memasangnya.

Cara unzip file di HP dengan ES File dimulai dengan membuka aplikasinya dan menekan “Start Now”. Kamu akan disuguhkan dengan tampilan yang menyerupai pengelola berkas yang ada di HP biasanya. Tidak perlu berlama lagi, kamu dapat memilih opsi “Compressed, memilih berkas, setelah itu “Lainnya/More”. Untuk meng-unzip berkas, kamu bisa mengetuk “Extract to” untuk menentukan lokasi penyimpanan. Kalau sudah mengetuk “OK”, maka hasilnya akan segera keluar di lokasi yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Nah, jadi bagaimana? Gampang banget, ya, membuka berkas yang formatnya ZIP atau RAR. Cara unzip file di HP yang sudah dijelaskan di atas juga berhasil diterapkan untuk format berkas yang lain, seperti ISO, TAR, XZ, dan sejenisnya. Semoga berhasil.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com