Cara Menjadikan HP Sebagai Webcam Laptop Termudah

Fitri Tamara 0

Cara Menjadikan HP Sebagai Webcam Laptop Termudah. Salah satu dampak adanya pandemi yang terus berlangsung ialah memaksa orang-orang untuk lebih banyak di rumah. Aktivitas pekerjaan sampai pendidikan mau tidak mau harus lebih banyak dilaksanakan dari rumah demi keamanan bersama. Beruntungnya sudah banyak aplikasi video konferensi yang bisa menunjang berbagai kegiatan.

Namun, ada banyak yang mengeluhkan masalah kamera laptop dengan resolusi rendah yang akhirnya berdampak pada kualitas video di Zoom ataupun Google Meet. Jika kamu termasuk di antaranya, cobalah ikuti cara menjadikan HP sebagai Webcam laptop yang diulas di sini.

Cara Menjadikan HP Sebagai Webcam dengan Aplikasi

Sebenarnya masalah kamera laptop yang buruk tidak hanya disebabkan oleh rendahnya resolusi. Ada kemungkinan kamera laptop yang kamu pakai sudah kotor sehingga perlu dibersihkan. Akan tetapi, jika memang Web camera laptop atau komputer milikmu resolusinya rendah, kamu bisa menjadikan HP sebagai Webcam laptop.

Kebanyakan HP saat ini dibekali kamera yang resolusinya cukup tinggi. Tak heran kalau kamu melakukan meeting di Zoom lewat HP akan menampilkan video yang cukup baik. Namun, fitur Zoom versi HP memang tidak selengkap yang ada di laptop. Untuk mengatasinya, kini kamu dapat mencoba cara menjadikan HP sebagai Webcam di laptop dengan bantuan aplikasi tertentu. Harapannya kamu dapat meeting di Zoom lewat laptop dengan kualitas video yang lebih baik.

Aplikasi Pembantu yang Dibutuhkan

Untuk melakukan caranya memang tidak dapat dilakukan tanpa adanya bantuan aplikasi lain. Ada beberapa opsi aplikasi yang dapat kamu pertimbangkan.

1.      Droidcam-Webcam for PC

nesabamedia.com

Aplikasi pertama yang dapat kamu pertimbangkan bernama Droidcam. Aplikasi ini sudah ada sejak lama, tetapi masih sangat relevan untuk digunakan. Droidcam tidak cuma bisa menghubungkan video dari HP ke laptop, tetapi juga audio dengan cukup baik. Mekanisme yang dilakukan ialah menyambungkan HP dengan laptop, baik lewat jaringan WiFi maupun USB.

2.     iVCam Webcam

Berikutnya ada aplikasi yang diberi nama iVCam yang juga dikembangkan untuk Cara Menjadikan HP Sebagai Webcam. Kualitas video yang dihasilkan melalui aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Apalagi iVCam juga memiliki keunggulan yakni, memungkinkan kamu untuk melakukan record video ke laptop secara langsung.

3.     IP Webcam

Ada lagi aplikasi yang fungsinya untuk menghubungkan HP dengan Webcam. Dengan IP Webcam hampir sama dengan cara kerja Droidcam. Terlebih tampilan aplikasi ini cukup sederhana sehingga tidak menyulitkan kamu saat mengoperasikannya.

Tutorial Gampang Cara Menjadikan HP Sebagai Webcam Menggunakan Droidcam

Dari ketiga aplikasi di atas, kali ini akan ditunjukkan cara menjadikan HP sebagai Webcam dengan bantuan Droidcam. Yang harus kamu lakukan kali pertama ialah memasang Droidcam di HP dan laptop. Kamu juga disarankan untuk mengunduh dan memasang USB Driver di laptop yang sesuai dengan merek HP kamu. Sebagai contoh, kalau mereknya Samsung, maka tuliskan Samsung USB Driver di mesin pencari.

Jika kamu sudah mempersiapkan kedua aplikasi tersebut, sekarang buka Droidcam di HP dan laptop. Kalau kedua perangkatmu terhubung dengan WiFi yang sama, kamu bisa memilih menu dengan ikon WiFi. Setelah itu, kamu bisa mengisi Device IP di laptop dengan menyamakan IP yang tertera di Droidcam HP. Kemudian, kamu bisa mencentang “Video” untuk menghubungkan kamera dan “Audio” untuk menghubungkan mikrofon.

Jika koneksi WiFi kamu kurang stabil kamu bisa menghubungkan kedua perangkat dengan USB Driver. Caranya adalah dengan memilih menu dengan ikon USB dan mencolokkan kabel USB HP ke laptop. Kalau nama perangkatmu sudah muncul, kamu bisa langsung mencetang “Video” dan atau “Audio”.

Begitulah cara menjadikan HP sebagai Webcam yang ternya sangat gampang. Dengan bantuan aplikasi di atas, kamu sudah bisa melakukan meeting dengan kualitas video yang lebih baik.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com