Cara Membuka File XML yang Perlu Diketahui

Fitri Tamara 0

Cara Membuka File XML yang Perlu Diketahui. Bagi orang-orang yang mempelajari dunia coding, mungkin istilah “XML” sudah familier. XML ini diartikan sebagai bahasa yang fungsinya menyimpan dan mentransfer data dari server satu ke server lain supaya lebih sederhana. Hal itu sangat penting karena sistem dari tiap-tiap server itu tidak sama sehingga diperlukan XML untuk memudahkan transfer data. Namun, sering kali terjadi kegagalan saat berkas XML dibuka. Kalau kamu juga mengalaminya, di sini akan diuraikan beragam cara membuka file XML dengan mudah.

 

Beragam Cara Membuka File XML

Keberadaan XML (Extensible Markup Language) ini sangat dibutuhkan, terutama bagi orang-orang yang dekat dengan dunia pengkodean. Apalagi bagi mereka membaca bahasa XML cukup gampang dipahami, bahkan oleh komputer sekalipun. Akan tetapi, kerap kali berkas XML ini tidak dapat dibuka dan muncul tulisan yang intinya tidak ada App yang dapat membuka berkas tersebut. Nah, untuk itu mari memahami panduan membuka berkas tersebut lewat laptop dan HP.

123rf.com

Membuka via Notepad

Sebenarnya cara membuka file XML itu tidak serumit yang kamu bayangkan, lho. Bahkan, waktu yang diperlukan juga tidak begitu lama. Kalau mau membukanya lewat laptop, kamu dapat melakukannya via Notepad. Kamu cukup menekan tetikus bagian kanan sampai muncul beberapa opsi. Langsung saja mengetuk pilihan “Open with”.

Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan perangkat lunak, silakan kamu memilih “Notepad”. Cuma dengan begitu saja, berkas XML terbuka saat itu juga. Bila kamu mau lebih mudah ketika membacanya, pasang saja “Notepad++” karena berkasnya akan disajikan dengan lebih tertata.

 

Membuka via Peramban

Di laptop/komputer milikmu, pasti terpasang dengan peramban, ‘kan? Nah, rupanya peramban tersebut juga dapat dipakai untuk membuka si XML ini. Cara membuka file XML via peramban juga tidak kalah simpelnya. Yakni, dengan menekan tetikus bagian kanan. Sama seperti sebelumnya, kamu langsung mengetuk pilihan “Open with”.

Di situ, kamu akan dihadapkan dengan opsi aplikasi. Kalau kamu tidak menemukan opsi peramban, kamu dapat mencarinya terlebih dahulu. Kalau peramban yang kamu inginkan sudah ketemu, file XML sudah siap dibuka dengan cara mengetuk “Open” pada peramban tersebut.

 

Membukanya Secara Online

Alternatif lain yang dapat kamu coba ialah lewat situs tertentu. Salah satu yang cukup dikenal ialah xmlgrid.net. Cara membuka file XML lewat situs tersebut diawali dengan membuka peramban, lalu mengetikkan alamat situs tersebut. Namun, kamu harus memastikan bahwa perangkatmu sudah terkoneksi internet. Pada halaman utama, lihatlah terlebih dahulu apakah kamu sudah berada di bagian “XML Editor”.

Kalau sudah benar, maka langkah berikutnya ialah mengetuk “Open File”. Kamu dapat langsung memilih berkas yang ingin dibuka. Kemudian, berkas akan segera terbuka setelah kamu mengetuk “Submit”.

 

Membukanya di HP

Untuk membuka berkas yang ekstensinya XML ternyata tidak melulu lewat laptop/komputer. Kamu juga dapat memanfaatkan HP Android guna melakukannya. Yang kamu lakukan kali pertama ialah mengunduh aplikasi bernama “X-Plore File Manager” yang ada di Play Store. Tenang saja, aplikasinya berukuran hanya 6,2 MB, jadi seharusnya tidak ada masalah. Berikutnya, pasanglah X-Plore tadi di HP milikmu.

Kalau aplikasinya sudah dipasang, maka cara membuka file XML dapat dimulai dengan memasuki aplikasi tersebut. Selanjutnya, kamu diharuskan mencari berkas yang diinginkan. Cukup dengan mengetuk berkas tersebut, XML-nya berhasil dibuka.

 

Wah, ternyata sangat banyak cara membuka file XML yang dapat dicoba. Kamu dapat menentukan cara apa yang menurutmu paling simple.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com