Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Smartphone Android

Fitri Tamara 0

Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Smartphone Android – Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai aplikasi benchmark, terutama bagi pengguna PC ataupun laptop, aplikasi benchmark sendiri memiliki fungsi untuk melakukan pengujian terhadap performa komputasi hardware yang ada di dalam sebuah PC ataupun laptop. Aplikasi benchmark sendiri bisa Anda gunakan untuk menguji semua sistem hardware secara keseluruhan maupun salah satunya saja sehingga Anda bisa membandingkannya dengan perangkat yang lainnya.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone yang beredar sekarang ini pada dasarnya sangat menyerupai sebuah PC di mana tersusun dari berbagai macam perangkat keras atau sering disebut sebagai hardware. Saat ini Anda juga telah bisa menemukan beberapa aplikasi benchmark yang tersedia di Google Play Store, aplikasi- aplikasi benchmark tersebut akan memungkinkan Anda untuk bisa mengetahui performa dari smartphone yang Anda miliki, jika Anda penasaran maka berikut ini akan kami ulas beberapa aplikasi benchmark terbaik untuk Android.

Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Smartphone Android

  1. AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone Android, aplikasi yang satu ini akan membuat Anda bisa mengetahui dan juga mengukur performa hardware yang ada di dalam smartphone Android. Output yang dihasilkan oleh aplikasi AnTuTu Benchmark ini berupa nilai skor atau angka yang bisa Anda bandingkan secara langsung dengan smartphone lainnya.

  1. GeekBench

Aplikasi benchmark kedua yang bisa Anda gunakan pada smartphone Android adalah aplikasi yang bernama GeekBench yang juga sangat populer di kalangan pengguna Android. Aplikasi GeekBench ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengetahui performa dan juga detail perangkat keras yang ada di dalam sebuah smartphone, aplikasi ini juga bisa menguji kestabilan kinerja smartphone.

  1. PCMark for Android

PCMark for Android menjadi aplikasi ketiga yang juga bisa Anda gunakan pada smartphone bersistem operasi android, aplikasi yang satu ini tidak jauh berbeda dari beberapa aplikasi benchmark lainnya. Anda bisa mengetahui detail dan juga performa dari hardware yang ada di dalam sebuah smartphone, selain itu aplikasi benchmark yang satu ini menyediakan pengujian ketahanan baterai.

 

  1. 3DMark for Android

Aplikasi benchmark keempat yang juga bisa Anda unduh dari Google Play Store adalah 3DMark for Android yang mana dikembangkan oleh Futuremark. Aplikasi 3DMark for Android ini akan bisa Anda gunakan untuk mengetahui performa yang dihasilkan oleh GPU atah kartu pengolah grafis yang ada di dalam sebuah smartphone, aplikasi yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar 235 MB.

  1. GFX Bench

GFX Bench menjadi aplikasi benchmark kelima yang juga bisa Anda gunakan pada platform Android, aplikasi yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan 3DMark for Android yakni bisa Anda gunakan untuk mengetahui detail dan juga performa dari kartu grafis yang ada di dalam smartphone, aplikasi benchmark yang satu ini akan menguji kartu grafis dengan resolusi yang berbeda – beda.

Apabila Anda ingin mengetahui performa hardware dari smartphone Android, maka Anda bisa menggunakan aplikasi benchmark di atas. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com