6 Aplikasi Hitung Kalori Mendukung Gaya Hidup Sehat

Fitri Tamara 0
aplikasi hitung kalori

Jumlah kalori yang dibutuhkan bagi setiap orang berbeda-beda karena tergantung pada kegiatan yang dilakukan. Selain itu tinggi badan dan berat badan juga memengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan.

Untuk itu perlu dilakukan penghitungan jumlah kalori pada makanan yang dikonsumsi agar dapat menjaga jumlah makanan tetap dalam katerogi cukup. Sebab jika berlebihan bisa memicu terjadinya kegemukan atau gangguan kesehatan lain.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara menghitung jumlah kalori tiap harinya, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi untuk membantu Anda dalam menghitungnya. Kini telah tersedia banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengetahui jumlah nutrisi yang dibutuhkan.

Aplikasi – aplikasi tersebut dapat secara gratis Anda unduh dari google playstore. Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk menghitung jumlah kalori yang Anda butuhkan, antara lain yaitu :

  1. FatSecret
aplikasi hitung kalori
fatsecret.co.id

Bagi Anda yang menjalankan program diet, aplikasi ini dapat membantu Anda karena tak hanya menghitung kalori saja, aplikasi ini juga dapat menghitung jumlah karbohidrat dan lemak dari makanan yang akan Anda konsumsi.

FatSecret ini menggunakan fitur barcode seperti sistem yang digunakan pada sebuah restoran. Fitur barcode yang digunakan oleh FatSecret ini telah terintegrasi dengan basis data restoran ternama di Indonesia.

  1. MyFitnessPal

Aplikasi MyFitnessPal ini telah memiliki banyak pengguna dan telah terbukti memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. Keakuratan ini dapat dihasilkan karena aplikasi ini menggunakan basis data makanan yang mencapai 300 juta lebih dan hal ini juga yang membuat proses perhitungan berjalan secara baik karena basis data yang saling bekerjasama.

  1. SparkPeople

Selanjutnya yaitu Sparkpeople, yang mana aplikasi ini adalah menyediakan informasi lain mengenai makanan serta hal – hal yang masih berkaitan dengan kalori. Jadi, aplikasi ini tidak hanya berguna untuk memperhitungkan jumlah kalori, tapi juga menyuguhkan informasi-informasi menarik lain.

Aplikasi ini juga dapat menyusun menu makanan dengan menyesuaikan kebutuhan kalori Anda sesuai dengan kesehatan atau program diet yang sedang Anda jalani. Anda juga bisa membagikan menu yang Anda buat kepada pengguna lain sehingga Anda dapat saling sharing tentang menu yang sedang dijalankan.

  1. Lose It

Aplikasi ini cukup populer digunakan. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menghitung jumlah kalori sehingga membantu Anda juga untuk mengontrol berat badan. Lose It ini juga dapat menentukan menu yang cocok berdasarkan usia.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena menggunakan user interface yang sederhana serta tidak membosankan ketika menggunkannya.

  1. Cronometer

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyusun pola diet khusus, seperti diet rendah kalori, diet rendah lemak, dan lainnya. Aplikasi ini juga dapat menghitung seberapa besar kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada makanan Anda.

Sementara untuk menampilkannya Anda perlu memasukkan nama berserta jumlah makanan yang akan Anda konsumsi, lalu aplikasi ini akan menampilkan jumlah nutrisi-nutrisi apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut dengan sangat jelas dan akurat.

  1. Lifesum

Aplikasi ini didukung dengan fitur barcode sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah kalori yang terkandung pada makanan yang akan Anda konsumsi dengan cepat dan akurat.

Lemak dan protein yang terkandung juga terhitung pada proses perhitungan. Jadi, Anda dapat mengetahui nutrisi yang sangat dibutuhkan karena dihitung dengan sangat baik. Anda juga dapat mendapat informasi tentang makanan lain yang dapat Anda konsumsi beserta dengan batas jumlah konsumsinya.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com