5 Jenis Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pelajar

Fitri Tamara 0
belajar bahasa inggris

Bahasa Inggris bisa disebut sebagai salah satu skill yang wajib untuk dimiliki. Karena pada era global ini, Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar. Selain sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris juga dapat Anda temui di berbagai platform yang sering Anda gunakan.

Mulai dari istilah – istilah teknis hingga dialog pada game kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris. Terkadang pasti Anda menemukan beberapa kosakata yang belum Anda ketahui sebelumnya.

belajar bahasa inggris
pcmag.com

Hal tersebut menandakan bahwa Anda perlu meningkatkan lagi kemampuan berbahasa Inggris Anda. Sementara untuk membantu Anda dalam belajar Bahasa Inggris. Berikut ini adalah 5 rekomendasi aplikasi – aplikasi belajar Bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan, antara lain :

Apa Saja 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Pelajar ?

  1. Duolingo

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini atau bahkan Anda pernah menggunakannya, aplikasi ini bernama Duolingo. Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa yang populer yang banyak digunakan untuk belajar berbagai bahasa asing.

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai fitur yang tersedia dan dapat lebih memudahkan Anda dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan menggunakan Duolingo ini, Anda tidak hanya belajar Bahasa Inggris secara tertulis saja karena Duolingo memiliki kemampuan untuk mengoreksi pengucapan (Pronunciation) Anda.

Selain mengasah keterampilan Anda dalam berbicara, aplikasi ini juga dapat mengasah kemampuan listening/mendengar sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris dan yang paling penting yaitu dapat menambah jumlah kosakata yang Anda ketahui.

Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman dan perkembangan Anda dalam belajar Bahasa Inggris, Anda mengerjakan kuis yang tersedia.

  1. Cake

Aplikasi ini memberikan materi pembelajaran Bahasa Inggris berupa video Youtube disertai dengan subtitle Bahasa Indonesia. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini mirip dengan fitur yang dimiliki aplikasi sebelumnya, yakni memiliki kemampuan untuk mengoreksi pengucapan pengguna dengan fitur AI Speech Recognition.

Sehingga hal ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan berbicara (speaking). Terdapat juga kuis dengan soal-soal yang dapat mengukur seberapa jauh pemahaman Anda terhadap materi yang telah diberikan.

  1. Grammarly

Sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Grammarly ini digunakan untuk membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan menulis (writing) dalam Bahasa Inggris. Jadi, aplikasi ini dapat mengoreksi susunan kalimat Bahasa Inggris yang Anda ketik di ponsel atau PC Anda.

Tidak hanya tatanan bahasa formal yang biasa dipelajari yang dapat dikoreksi oleh aplikasi ini. Ejaan bahasa informal/santai juga dapat dideteksi olehnya sehingga Anda dapat belajar Bahasa Inggris secara formal maupun santai.

  1. HelloTalk

Dengan konsep yang menarik dan berbeda dengan aplikasi lain, HelloTalk ini memiliki fitur chat untuk membantu pengguna dalam menerapkan Bahasa Inggris dalam sebuah percakapan.

Dengan fitur chat tersebut memungkinkan para pengguna aplikasi HelloTalk untuk saling berinteraksi. Nah, ketika pengguna mengetikkan sebuah kalimat, kalimat-kalimat tersebut dapat dideteksi oleh sistem dari HelloTalk.

  1. Beelinguapp

Aplikasi yang satu ini juga memiliki konsep yang unik, yaitu konsep pembelajaran melalui sebuah cerita. Pengguna Beelinguapp nantinya dapat membaca cerita dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia secara bersamaan.

Selain membaca, Anda juga dapat menggunakan fitur audio sehingga Anda dapat mendengar cara pelafalan sebuah kalimat dengan Bahasa Inggris yang benar. Jadi, Anda dapat mengasah skill reading serta listening dengan aplikasi ini. Terdapat juga kuis untuk mengukur seberapa jauh kemampuan Anda.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com